Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Kebakaran 45 Kapal di Cilacap, Diduga Akibat Kegiatan ABK

- Apahabar.com     Rabu, 4 Mei 2022 - 19:14 WITA

Kebakaran 45 Kapal di Cilacap, Diduga Akibat Kegiatan ABK

Sejumlah kapal masih mengeluarkan asap, sesuai terbakar di Pelabuhan Wijayapura Cilacap. Foto: PRFM

apahabar.com, JAKARTA – Diduga akibat ulah Anak Buah Kapal (ABK), 45 kapal di Pelabuhan Wijayapura, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, hangus terbakar, Selasa (3/5).

Peristiwa kebakaran ini bermula dari ledakan di salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Batere sekitar pukul 17.10 WIB.

Selanjutnya api merambat ke kapal-kapal lain yang berdekatan. Api semakin tak terkendali, hinggga meluas ke Dermaga Wijayapura yang merupakan tempat penyeberangan khusus menuju Lapas Nusakambangan.

Polisi masih mendalami dugaan penyebab kebakaran. Namun kuat diduga kuat pemicu kejadian itu adakah kegiatan salah seorang ABK di atas kapal.

“Untuk sementara kami mendapatkan informasi soal percikan api yang dilakukan seorang ABK di salah satu kapal,” papar Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Lutfhi, seperti dilansir CNN, Rabu (4/5).

“Semua informasi itu akan diperdalam. Ini semua untuk membuat terang perkara terkait kebakaran tersebut,” imbuhnya.

Polda Jateng sendiri sudah menurunkan Laboratorium Forensik (Labfor) untuk segera bergerak menyelidiki peristiwa kebakaran tersebut.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kebakaran terjadi di empat titik berbeda, “Begitu api mulai berkobar, sejumlah kapal tercerai-berai karena ombak,” jelas Lutfhi.

“Sedangkan kerugian akibat kebakaran hampir mencapai Rp130 miliar dengan jumlah 44 kapal nelayan dan 1 tug boat,” tandasnya.

Belum dipastikan korban jiwa dari kebakaran itu. Namun seorang ABK bernama Yatiman (44) mengalami luka bakar sekitar 25 persen.

Sementara sekitar 40 keluarga yang tinggal di sekitar lokasi titik api, juga harus diungsikan. Proses evakuasi ini melibatkan Basarnas, Satpol PP, Polres, Satlakar, Relawan Pokdar dan warga.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Esports

News

Forda Esports Kalsel 2022 Digelar Besok 

News

Demo di Balikpapan, Massa Gagal Bertemu Anggota Dewan
Ramadan

News

Sambut Ramadan, Pengelola Masjid Agung Al Mukarram Kapuas Bersih-bersih

News

BBRI dan TLKM Diborong Asing, IHSG Dibuka Menguat!
pencuri sparepart united tractor

News

Tak Berkutik, Pencuri Sparepart United Tractor Angsana Tanbu Ditangkap Polisi
Dua Kakak Beradik di Samarinda Tewas Tenggelam

News

Kakak Beradik Tewas Tenggelam di Rest Area Balikpapan-Samarinda

News

Kebakaran Simpang Empat, Dandim Tanah Bumbu Guyur Bantuan

News

Harga Emas Antam Hari Ini, Melesat Hingga Rp978 Ribu per Gram
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com