Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Keseruan Lomba Jukung Tradisional Banjar; Sejumlah Peserta Karam Hingga Terbalik

- Apahabar.com     Minggu, 15 Mei 2022 - 16:23 WITA

Keseruan Lomba Jukung Tradisional Banjar; Sejumlah Peserta Karam Hingga Terbalik

Peserta Lomba Jukung Tradisional Banjar Gubernur Kalsel Cup 2022 usai mengalami karam dan terbalik, Minggu (15/5). Foto-apahabar.com/hendralianor.

apahabar.com, MARTAPURA – Sejumlah peserta jukungnya karam hingga terbalik dalam Lomba Jukung Tradisional Banjar Gubernur Kalsel Cup 2022, Minggu (15/5).

Lomba yang digelar Pemprov Kalsel di Wisata Khatulistiwa Sungai Martapura Desa Sungai Rangas Tengah, Martapura Barat, Kabupaten Banjar itu dipadati ribuan warga.

Peserta berjumlah 64, tiap start ada dua peserta yang berlomba dengan sistem gugur. Tampak semangat peserta mengayuh jukung demi mencapai nomor satu sampai finish yang jaraknya 500 meter.

Saking semangatnya, beberapa kali ada peserta yang jukungnya karam dan berakhir terbalik.

Peristiwa itu pun menjadi bumbu perlombaan dan menambah seru bagi penonton yang menyaksikan.

Pambakal Sungai Rangas Tengah sekaligus panitia pelaksana, M Noor mengatakan dalam lomba jukung memang sering peserta mengalami karam bahkan hingga terbalik.

Menurutnya, di situ lah seninya lomba jukung dimana tiap peserta dalam satu jukung diisi 6 pendayung harus tetap mempertahankan keseimbangan dalam memacu jukung.

Tiap satu jukung, tiga pendayung di sisi kanan dan tiga si sisi kiri mesti mengayuh secara seimbang agar jukung tidak oleng.

“Faktornya karamnya jukung karena air masuk dari samping jukung akibat terlalu oleh ke satu sisi. Akhirnya sedikit demi sedikit air masuk hingga karam. Jadi bukan karena ” ujar M Noor.

Faktor lainnya, lanjut M Noor, jukung yang digunakan relatif kecil atau bisa juga beban peserta yang berat, sehingga antara sisi jukung dengan muka air sangat dekat.

“Akibat sangat dekat maka air sangat mudah masuk ketika dipacu cepat,” tuturnya.

Kendati sering ada jukung yang karam hingga terbalik, ia memastikan sangat minim terjadi peserta tenggelam.

Sebab, peserta adalah orang-orang yang sudah terlatih dalam berenang ditambah ratusan personil keamanan yang sigap melakukan penyelamatan.

“Ada ratusan personil gabungan yang siap siaga penyelamatan, baik dari kepolisian, TNI, BPBD, relawan Damkar, juga petugas kesehatan,” ungkap M Noor.

Sebelumnya, kegiatan Lomba Jukung Tradisional Banjar Gubernur Kalsel Cup 2022 dibuka oleh Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mewakili Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Hermansyah bilang, kegiatan ini untuk membangkitkan lagi gairah olahraga walaupun pandemi belum berakhir.

Kegiatan juga bertujuan mengangkat pariwisata daerah dan sebagai upaya melestarikan budaya tradisional jukung, yang menjadi moda transportasi utama zaman dulu.

“Lomba ni sangat menarik, yang tentunya berdampak mendorong masyarakat dalam memelihara budaya sungai. Bukan hanya olahraga dan hiburan yang kita saksikan, tapi juga nilai-nilai kearifan lokal yang kita pertahankan sekaligus meningkatkan kepedulian keberhasilan dan kelestarian sungai,” ujar Hermansyah saat sambutan.

Ribuan Warga Antusias Padati Lomba Jukung Tradisional Banjar Gubernur Cup

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Joseph Paul Zhang

Tak Berkategori

Resmi, YouTuber Jozeph Paul Zhang yang Ngaku Nabi ke-26 Jadi Tersangka
apahabar.com

Tak Berkategori

13 Taruna Akpol Terlibat Penganiayaan Junior Dikeluarkan
Alvin Faiz

Tak Berkategori

Dalam Proses Cerai, Alvin Faiz Minta Maaf ke Mendiang Ustaz Arifin Ilham
Ilustrasi. Foto-Net.

Tak Berkategori

Dokter R di Banjarbaru Dituntut Jaksa 7 Tahun Penjara Atas Kasus Pencabulan Anak di Bawah Umur
Dolar AS Menguat di Sesi Asia

Tak Berkategori

Fokus Investor Beralih ke Data Pekerjaan, Dolar AS Menguat di Sesi Asia

Tak Berkategori

VIDEO: Upacara Adat Balian pada Perkawinan Suku Dayak Ma’anyan
apahabar.com

Tak Berkategori

Rizky Febian Sebut Lagu di Album Jejak adalah ‘Mukjizat’
apahabar.com

Tak Berkategori

Dibuka Lebih Rendah, Saham Aussie Kembali Bergejolak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com