Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Mencuri Untuk Bayar Cicilan Motor, Tiga Pria di Balikpapan Berakhir di Tahanan

- Apahabar.com     Selasa, 10 Mei 2022 - 23:37 WITA

Mencuri Untuk Bayar Cicilan Motor, Tiga Pria di Balikpapan Berakhir di Tahanan

Dua dari tiga pelaku pencurian di PT Sumatera Kartindo, serta sepeda motor yang disita Polresta Balikpapan. Foto: apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Nasib tiga karyawan PT Sumatera Kartindo di Kariangau, Balikpapan Barat, berakhir di tahanan setelah mencuri 11 karung karet ban vulkanisir.

Ketiganya berinisial MAR (21), DS (28) dan MT (36). Aksi tersebut mereka lakukan, Selasa (5/5) sekitar pukul 09.00 Wita.

Pengungkapan ini bermula dari laporan PT Sumatera Kartindo yang mengalami pencurian ke Polsek Balikpapan Barat. Polisi pun langsung melakukan penyelidikan ke lokasi kejadian dan mendapati rekaman CCTV.

“Dari hasil rekaman CCTV, orang terakhir lokasi kejadian adalah para pelaku yang merupakan karyawan dari perusahaan itu sendiri,” papar Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol V Thirdy Hadmiarso, Selasa (10/5).

Berawal dari rekaman itu, petugas mendatangi satu persatu rumah ketiga pelaku yang dicurigai. Namun mereka sudah tidak berada di tempat dan dikabarkan telah pergi ke Samarinda.

Akhirnya beberapa hari berselang, polisi berhasil menangkap ketiga pelaku, “Mereka mengaku karet itu dijual untuk bayar cicilan motor,” jelas Thirdy Hadmiarso.

Dalam menjalankan aksi, 11 karung karet ban itu langsung dimasukkan ke atas pikap yang sudah disiapkan. Sementara karyawan lain tak curiga, mengingat komplotan ini juga pegawai perusahaan setempat.

“Terdapat 11 karung karet vulkanisir ban dengan satu karung berisi 4 rol karet vulkanisir. Atas kejadian ini, perusahaan mengalami kerugian sekitar Rp22.786.000,” beber Thirdy.

Selain mengamankan ketiga pelaku, polisi menyita satu motor Yamaha Jupiter nopol KT 3821 ZY milik pelaku. Motor itulah dibayar dengan cara dicicil oleh pelaku.

“Motor disita karena sebagian besar perolehan uang hasil curian digunakan untuk pembayaran cicilan. Termasuk satu pikap Grandmax yang digunakan untuk mengangkut barang bukti dari gudang,” tandas Thirdy.

Akibat perbuatan tersebut, ketiga pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana diatas 5 tahun penjara.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Tala tes urine

Hot Borneo

Pastikan Bebas Narkoba, 35 Anggota DPRD Dites Urine
Suami Pukul Istri Hingga Tewas Kapuas

Hot Borneo

Tega Pukul Istri hingga Tewas, Pria di Kapuas Diringkus Polisi
Polisi Kotabaru

Hot Borneo

Diprotes, Polisi Buka Suara Soal Pembukaan Jalan ke Wisata Goa Lowo Kotabaru
buruh

Hot Borneo

Asyik Nge-Fly Sabu, Buruh di Banjarmasin Utara Diciduk Polisi
korban meninggal alfamart ambruk

Hot Borneo

Kisah Pilu Korban Meninggal Alfamart Ambruk, Sempat Pasang Story IG Lagu Tulus ‘Hati Hati Di Jalan’
Pria Banjarmasin Barat Pukul Pemuda

Hot Borneo

Mabuk-Pukul Pemuda, Pria di Banjarmasin Barat Ditangkap Polisi

Hot Borneo

Sempat Buang Barbuk, Kurir Sabu di Tanbu Digelandang Polisi
Batola

Hot Borneo

Dugaan Kredit Fiktif Bank Pemerintah di Marabahan Batola, Kejati Tingkatkan ke Penyidikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com