Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia Keluh Kesah Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO 4 Universitas Walk Out, Munas BEM SI di Kalsel Pilih Koordinator Baru Bukan Laka Tunggal! Penyebab Pikap Tabrak Pohon Berujung Maut di Gambut Krisis Air Bersih di Kota Sungai, Ombudsman Panggil PDAM Bandarmasih

Menhub: Keberhasilan Rekayasa Lalu Lintas Mudik Dapat Diterapkan Pada Arus Balik

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas arus mudik dengan sejumlah rekayasa...
- Apahabar.com     Minggu, 1 Mei 2022 - 21:41 WITA

Menhub: Keberhasilan Rekayasa Lalu Lintas Mudik Dapat Diterapkan Pada Arus Balik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (depan) saat meninjau Gerbang Tol Palimanan, Minggu (1/5). Foto: Kemenhub

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas arus mudik dengan sejumlah rekayasa lalu lintas (lalin) dapat diterapkan juga pada saat arus balik.

“Keberhasilan rekayasa lalin pada arus mudik, diharapkan juga dapat terjadi pada arus balik,” kata Menhub Budi Karya saat meninjau Gerbang Tol Palimanan, Minggu (1/5) dilansir Antara.

Menhub mengatakan kepadatan lalu lintas yang sempat terjadi di hari puncak mudik di jalur tol Jakarta menuju Cikampek ke arah timur, masih bisa diatasi melalui sejumlah rekayasa lalu lintas yang diterapkan.

“Memang sempat ada masalah saat menerapkan contra flow dan one way pertama kali. Namun selanjutnya bisa diatasi dengan baik,” ujarnya.

Ia mengungkapkan keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas ini berkat koordinasi yang dilakukan oleh Kepolisian, Jasa Marga, Kemenhub, dan unsur terkait lainnya.

“Kami mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan melakukan simulasi-simulasi,” kata Menhub.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan dengan rekayasa lalin one way, perjalanan dari arah barat menuju ke timur hingga ke Semarang dapat dilalui dengan cukup lancar.

Dua titik yang menjadi perhatian khusus pemerintah untuk ditangani yaitu jalan tol Jakarta – Semarang dan Penyeberangan Merak.

Pada puncak mudik, di Pelabuhan Merak juga sempat terjadi kepadatan akibat tingginya lonjakan pemudik yang akan menyeberang.

Untuk mengatasi kepadatan, telah dilakukan penambahan dua pelabuhan di Ciwandan dan Indah Kiat, sekaligus menambah jumlah kapal.

Tercatat, sebanyak dua kapal beroperasi di Dermaga Indah Kiat dan sembilan kapal beroperasi di Dermaga Ciwandan. Sehingga total kapal yang beroperasi melayani penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebanyak 53 kapal.

Turut hadir dalam peninjauan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ria Amuntai

News

Kala Pemudi Hulu Sungai Suarakan Kesetaraan Gender di Amerika
Kebakaran

News

Kebakaran di Sungai Paring Martapura, Dua Sepeda Motor Ikut Hangus
dampak perang rusia vs ukraina

News

Konflik Rusia Vs Ukraina Diprediksi Berakhir di Meja Perundingan

News

Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi, Jangan Abaikan Delapan Bagian Berikut

News

Kapal Tanker Pertamina Dicegat Aktivis Greenpeace, Pemerintah Belum Ambil Sikap
Kebakaran Balikpapan

News

Si Jago Merah Bikin Panik Warga Graha di Balikpapan
Pasien di Bulukumba

News

Miris! Urus BPJS untuk Operasi, Pasien di Bulukumba Meninggal Dunia di Catatan Sipil
Stunting

News

BKKBN Kalsel Bersinergi dengan IBI Tekan Stunting
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com