Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

Pantai Bunati Tanah Bumbu Rusak Parah, Dikoyak-koyak Penambang Ilegal

- Apahabar.com     Selasa, 31 Mei 2022 - 16:55 WITA

Pantai Bunati Tanah Bumbu Rusak Parah, Dikoyak-koyak Penambang Ilegal

Pantai Bunati, Tanah Bumbu rusak parah dikoyak penambang ilegal. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Destinasi wisata di Kabupaten Tanah Bumbu-Kalimantan Selatan, Pantai Bunati, tampak rusak pada Minggu (29/5). Kerusakan diduga karena dikoyak-koyak alat berat dan truk super jumbo tambang ilegal.

Para penambang ilegal itu, menurut tulisan Vania Brotoseno seperti dikutip dari Republika.co.id, mengeruk batu bara di kawasan dekat pantai hingga merangsek ke garis pantai.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, tak jauh dari wilayah Pantai Bunati, memang ada konsesi pertambangan, yaitu milik PT Anzawara Satria. Namun sejak tahun lalu, Anzawara tidak dapat beroperasi lantaran diganggu penambang ilegal.

Kini, para penambang ilegal itu melebarkan aksinya hingga merembet ke kawasan pantai. Sebagian besar tanah pengupasan sisa penambangan, tercecer ke lautan, terseret arus ombak.

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin mengakui, aksi penggarongan di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) Anzawara tak hanya menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengurangi potensi penerimaan negara, tetapi juga menyulut konflik sosial.

Seorang pengacara asal Tanah Bumbu bernama Jurkani, yang kala itu bekerja sebagai Kuasa Hukum Anzawara untuk mengusir penambang liar, tewas dibacok. Lokasi kejadiannya tak jauh dari Pantai Bunati.

Atas kondisi tersebut, Ridwan melayangkan surat ke Bareskrim Polri. Isinya meminta bantuan pengamanan. Namun, upaya yang dilakukan pihak kepolisian tak membuat penambang liar jera.

Para penggangsir itu berani merusak police line yang dipasang Bareskrim. Bahkan, aksi pengerukan batu bara ilegal hingga pengapalan ke pelabuhan dilakukan secara blak-blakan.

Ulah culas penambang ilegal di kawasan pesisir Bunati mengancam ruang hidup masyarakat sekitar, yang mengandalkan mata pencaharian sebagai nelayan. Aparat dan pemerintah diminta segera ambil tindakan.

Editor: Tim Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Menteri Tito

Hot Borneo

Pemkot Banjarmasin Gandeng Yusril, Wali Kota Banjarbaru Tak Gentar

Hot Borneo

SDN II Anjir Serapat Timur Kapuas Terbakar, 4 Ruang Kelas Jadi Arang
Pasar

Hot Borneo

Penertiban di Pasar Samarinda Tegang, Pedagang Acungkan Parang dan Balok ke Petugas
Migor Curah Tabalong

Hot Borneo

Migor Curah Masih Kosong di Pasar Tanjung, Pesanan Pemkab Tabalong Belum Tiba
Kapal Tanah Laut

Hot Borneo

Kapal Diamuk Massa di Tanah Laut, Gus Hanies Angkat Bicara
Gerindra Kalsel

Hot Borneo

Tekad Gerindra Raih 100 Kursi Parlemen & Menangkan Prabowo di Kalsel
Kotabaru

Hot Borneo

DEAR Pengusaha Kotabaru…Dewan Minta THR Buruh Tak Dicicil!
Pemilu 2024

Hot Borneo

PGK Kalsel Siap Dukung Pemilu 2024 Aman dan Damai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com