Kejati Telaah Permintaan PUPR Kalsel Kawal 40 Proyek Strategis Pilih Ketua, IDI Kalsel Siap Gelar Muswil 2022 di Kotabaru Sengketa Alabio: Pemkab Melawan, Pedagang Mengadu ke PTUN hingga KASN! Skandal Korupsi Hewan Balangan: Genap 100 Saksi Diperiksa Geger Jasad Pria Tertelungkup di Pantai Melawai Balikpapan

Pelat Nomor Putih Sudah Dijual Online, Awas Ditilang Polisi

- Apahabar.com     Minggu, 22 Mei 2022 - 14:42 WITA

Pelat Nomor Putih Sudah Dijual Online, Awas Ditilang Polisi

Polisi menilang pemilik kendaraan yang menggunakan pelat nomor putih tulisan hitam diluar ketentuan. Foto: Grid Oto

apahabar.com, JAKARTA – Akan segera diterapkan, Korlantas Polri mewanti-wanti warga untuk tak gegabah membeli pelat nomor kendaraan putih dengan tulisan hitam melalui platform belanja online.

Penerapan pelat nomor putih tulisan hitam untuk kendaraan pribadi, direncanakan berlaku mulai Juni 2022.

Namun dalam kesempatan pertama, aturan ini diberlakukan bertahap. Penggantian pelat nomor dikhususkan kendaraan baru atau yang memperpanjang STNK lima tahunan.

Dengan demikian, pengendara yang kedapatan sudah menggunakan pelat putih di luar ketentuan, justru akan ditilang polisi.

Ironisnya sejumlah pedagang berani menjual pelat nomor putih tulisan hitam melalui platform belanja online. Mereka membanderol pelat ini seharga Rp160 ribu hingga Rp350 ribu.

“Hingga sekarang tak satu pun Polda yang resmi mencetak dan menerbitkan pelat nomor putih,” papar Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus, seperti dilansir CNN, Minggu (22/5).

“Makanya tidak boleh beli online, karena pelat putih saja belum dicetak. Diimbau kepada masyarakat tak membeli, karena pelat yang dijual juga tidak sesuai spesifikasi,” imbuhnya.

Sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 280 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pemilik kendaraan yang memakai pelat nomor bukan dari Polri akan dijerat hukum.

“Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dipasangi TNKB yang ditetapkan Polri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat 1, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu,” demikian kutipan pasal dimaksud.

Adapun regulasi pelat nomor putih tulisan hitam sebagai pengganti pelat nomor hitam tulisan putih sudah terbit 5 Mei 2021 dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Kritik Pernyataan Kemlu RI Soal Serangan Rusia, Guru Besar UI: Jokowi Sudah Tepat
Jokowi

News

Berharap Bisa Buka Pintu Dialog, PDIP Dukung Jokowi Undang Putin di G20
apahabar.com

News

Lebaran 2022, Ribuan Tahanan Lapas Balikpapan Diganjar Remisi

News

Ade Yasin Tersangka Suap, Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Bogor Menurun

News

Dipicu Masalah Jantung, Seorang Lagi Calon Haji Indonesia Meninggal

News

Gerbong Mutasi di Polres Balangan Bergerak, Selamat Datang Kompol Dany…
FPI

News

Profil M Husein Bin Alatas, Menantu Rizieq yang Jadi Ketua Baru FPI
Mudik Kalsel

News

Mudik Lebaran, Dishub Kalsel Belum Beri Lampu Hijau
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com