Innalillahi.. Avanza Vs Strada di Batulicin Tewaskan Pejabat BPBD Terbongkarnya Aksi Cabul Ayah Muda Banjarmasin, Berawal dari Perceraian Duh, Ayah Muda Banjarmasin Tega Cabuli Anak Kandung Heboh, Ibu di Balikpapan Tega Kurung Tiga Anak Kandungnya dalam Kamar Diguyur Hujan Lagi, Warga Kotabaru Diminta Tetap Waspada Banjir

Persoalan Batas Desa, Warga Jambu Baru Datangi Pemkab Batola

Sejumlah perwakilan warga Desa Jambu Baru mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala (Batola), Senin (30/5).
- Apahabar.com     Selasa, 31 Mei 2022 - 12:30 WITA

Persoalan Batas Desa, Warga Jambu Baru Datangi Pemkab Batola

Perwakilan warga Desa Jambu Baru foto bersama Bupati Batola, Hj Noormiliyani. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah perwakilan warga Desa Jambu Baru mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala (Batola), Senin (30/5).

Kedatangan mereka untuk mengajukan proposal batas antara Desa Jambu Baru, Kecamatan Kuripan dan Desa Balukung, Kecamatan Bakumpai.

Batas desa ini mulai dipermasalahkan setelah warga Desa Jambu Baru merasa lahan mereka diserobot oleh perusahaan sawit, PT TAL.

Alasan, mereka mendatangi Kantor Pemkab Batola karena rapat koordinasi yang sudah digelar tiga kali dirasa tidak mendapati titik terang.

Dalam ikhtiarnya, mereka mengajukan tiga data. Yakni data lapangan, literatur ilmiah dan dokumen dasar peraturan; seperti Permendagri hingga kesepakatan kepala daerah tentang batas Kabupaten Batola dan Tapin yang didalamnya memuat materi batas Desa Jambu Baru dengan Desa Balukung.

“Proposal tersebut kami maksud untuk mensupport data kepada Pemkab Batola dalam memutuskan batas kedua desa tersebut” kata salah satu perwakilan warga Desa Jambu Baru, Nasrullah.

Kedatangan rombongan disambut baik oleh bagian Tata Pemerintahan, wakil Bupati dan Bupati Batola.

Andi, salah satu staff Tata Pemerintahan merespons dengan akan turun ke lapangan dengan terlebih dahulu mempelajari dokumen dan peta yang ada.

Wakil Bupati Batola, Rahmadian Noor mendengarkan dengan seksama memberikan serta memberikan respon positif mengenai paparan teknis mengenai sejumlah data dan dokumen terkait.

Rahmadian Noor juga mendiskusikan potensi daya alam desa Jambu Baru dan peluang pemerintah Kabupaten untuk menjalankan proyek wisata pancing di desa Jambu Baru.

Terkait batas desa, ia juga menyampaikan, Pemkab Batola telah menyelesaikan batas desa Sinar Baru dan Simpang Arja. Selain itu, batas antara Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tapin juga telah disepakatu

Ia bahkan memberikan kabar positif mengenai rencana proyek pemerintah Kabupaten tentang wisata Pancing ikan di desa Jambu Baru.

Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, dalam pertemuan tersebut berpesan agar kedua desa jangan sampai diadu domba karena penentuan batas desa tersebut. Sejalan dengan hal tersebut, Aslianoor kepala desa Jambu Baru menyampaikan hubungan antara dua desa sampai sekarang baik-baik saja.

Bupati Batola berpesan, keputusan bupati nantinya setelah mendengarkan masukan tim Batola dan tentu saja demi masyarakat kedua desa tersebut.

Adapun soal batas desa mencuat, karena tuntutan warga desa Jambu Baru kepada PT TAL, perusahaan sawit yang dianggap menyerobot lahan dalam wilayah desa Jambu Baru.

“Kami ingin mempertahankan hak kami desa Jambu Baru di lahan yang secara de facto dan de jure yang dibuktikan dalam proposal tersebut,” terang Nasrullah.

Sebelumnya, polemik antara Desa Jambu Baru dan PT TAL sendiri mendapat perhatian dari komisi III DPR RI dan Polda Kalsel yang menginginkan kearifan lokal dengan cara warga desa menjalankan kehidupan tradisional tetap dipertahankan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hacker

Hot Borneo

Kasus Hacker Amuntai Dilimpahkan ke Banjarbaru, Puluhan Barbuk Disita Termasuk Mobil Mewah

Hot Borneo

Geger Penemuan Mayat Pria di Desa Danda Jaya Batola
DPRD Kotabaru

Hot Borneo

Atasi Persoalan Minyak Goreng, Dewan Minta Pemkab Kotabaru Gencar Operasi Pasar hingga Pelosok
Lapas

Hot Borneo

Geledah Kamar Warga Binaan, Petugas Lapas Banjarmasin Amankan Sajam-Korek Api
Cuaca

Hot Borneo

Curah Hujan Tinggi di Tapin, Ini Tanggapan Pengelola Bendungan

Hot Borneo

Transaksi Sabu, Pria Kotabaru Diringkus Polisi Narkoba Tanah Bumbu

Hot Borneo

Hilal Belum Nongol, Kemenag Kalsel Tunggu Sidang Isbat

Hot Borneo

Baznas HSS Buka Program Bayar Zakat Bersama dan Ramadan Berkah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com