Innalillahi.. Avanza Vs Strada di Batulicin Tewaskan Pejabat BPBD Terbongkarnya Aksi Cabul Ayah Muda Banjarmasin, Berawal dari Perceraian Duh, Ayah Muda Banjarmasin Tega Cabuli Anak Kandung Heboh, Ibu di Balikpapan Tega Kurung Tiga Anak Kandungnya dalam Kamar Diguyur Hujan Lagi, Warga Kotabaru Diminta Tetap Waspada Banjir

Resmi, Tanah Laut Milik 11 Juru Timbang Pasar

Bupati Tanah Laut, HM Sukamta, melalui Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag), H Syahrian Nurdin resmi melantik...
- Apahabar.com     Selasa, 31 Mei 2022 - 09:43 WITA

Resmi, Tanah Laut Milik 11 Juru Timbang Pasar

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Tanah Laut, H Syahrian Nurdin, menyerahkan SK kepada 11 Juru Timbang yang akan bertugas di sejumlah pasar. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut, HM Sukamta, melalui Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag), H Syahrian Nurdin resmi melantik sekaligus menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 11 juru timbang.

Juru timbang tersebut akan bertugas melakukan pengawasan di pasar di Kabupaten Tanah Laut.

Kepala Diskopdag Tanah Laut, Syahrian Nurdin mengatakan adanya prosesi pelantikan dan kepemilikan SK ini, secara legal menjadikan para juru timbang memiliki kewenangan dalam menjalankan tugas.

Syahrian ingin para juru timbang pasar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan maksimal.

“Karena rekan-rekan sudah mendapatkan pelatihan, silakan manfaatkan keahlian tersebut dengan baik dan benar. Tugas kita melakukan kontrol terhadap alat ukur yang digunakan para pedagang di pasar,” ujar Syahrian, Selasa (30/5).

Syahrian mengingatkan agar keberadaan alat ukur ulang yang ada di Pasar Pelaihari juga semakin dimaksimalkan penggunaan dan pengawasannya .

Sementara Bupati Tanah Laut, Sukamta berpesan kepada para juru timbang agar terus melakukan pengawasan terhadap penggunaan alat ukur oleh masyarakat baik di pasar tradisional maupun modern.

Menurut Bupati Sukamta, alat ukur bukan sekadar milik pedagang saja, melainkan juga ada kewajiban bersama dalam memastikan kebenarannya.

“Timbangan memang milik pedagang, tapi tugas mengawasi timbangan adalah amanah kita. Jangan sampai ada pedagang yang nakal dengan mengurangi timbangan. Pedagang berdosa karena mengurangi, bisa jadi kita pun ikut berdosa karena membiarkan itu terjadi akibat tidak mengawasi,” ujar Bupati Sukamta.

Bupati Sukamta menegaskan bahwa pengawasan yang dilakukan adalah bagian dari melindungi konsumen. Menurutnya, ada nilai ibadah dalam setiap menjalankan upaya perlindungan, sehingga Tanah Laut menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu Dhinda Muhammad Imani salah satu Juru Timbang menuturkan di antara tugas yang akan dilakukan oleh seorang juru timbang nantinya saat berada di pasar.

“Saat turun ke pasar, bisa jadi nanti berbarengan dengan pelayanan tera/tera ulang oleh Unit Metrologi Legal (UML) Tanah Laut. Saat, kami menemukan bahwa ada alat ukur yang digunakan pedagang belum sesuai standar, kami langsung mengarahkan agar diantar ke pelayanan tersebut,” ujar Dhinda.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Migor banjarmasin

Pemkab Tanah Laut

Diskopdag Tala Sikapi Kelangkaan Minyak Goreng di Pasar Pelaihari
Disnakkeswan Tala

Pemkab Tanah Laut

Disnakkeswan Tala Sosialisasikan Aturan Pengeluaran Ternak Kalsel
takaran SPBU

Pemkab Tanah Laut

Diskopdag Tala Ukur Ketepatan Takaran SPBU Jalur Mudik
Pabrik Karet Tala

Pemkab Tanah Laut

Pemerintah Pusat Respons Rencana Tala Bangun Pabrik Karet
Harkitnas 2022 Tala

Pemkab Tanah Laut

Peringatan Harkitnas 2022, Perkuat Sinergitas Forkopimda Tala
Wabup Tala Abdi Rahman

Pemkab Tanah Laut

UMKM Tala Berpeluang Go Nasional
Kunker DPRD HST ke Diskominfo Tala

Pemkab Tanah Laut

Batola Sudah, Giliran DPRD HST Kaji SPBE Berbasis Elektronik ke Tala
Vaksinasi Covid-19 di Lokasi Wisata Tanah Laut

Pemkab Tanah Laut

Cegah Penularan, Pengunjung Dua Wisata Tanah Laut Divaksin Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com