Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Salut! Atlet Indonesia Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

Kiromal Katibin menjadi manusia tercepat di dunia, setelah atlet Indonesia ini memecahkan rekor dunia speed di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul, Korea Selatan, Jumat (6/5).
- Apahabar.com     Jumat, 6 Mei 2022 - 23:21 WITA

Salut! Atlet Indonesia Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

Kiromal Katibin memecahkan rekor dunia panjat tebing kategori speed di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul, Korea Selatan, Jumat (6/5). Foto: Kompas

apahabar.com, JAKARTA – Kiromal Katibin menjadi manusia tercepat di dunia, setelah atlet Indonesia ini memecahkan rekor dunia speed di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul, Korea Selatan, Jumat (6/5).

Kiromal mengukir rekor dunia untuk nomor speed putra dalam babak kualifikasi. Pria kelahiran Batang, Jawa Tengah, ini finis dengan catatan waktu 5,17 detik.

Dilansir dari Antara, catatan waktu Kiromal lebih cepat 0,003 detik atas rekor sebelumnya yang dibukukan Veddriq Leonardo di Piala Dunia Panjat Tebing 2021 di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat.

Sementara Veddriq yang juga turun di Piala Dunia Panjat Tebing 2022, menempati posisi kedua di kualifikasi dengan catatan waktu 5,41 detik.

Tercatat tiga pemanjat Indonesia membukukan waktu tercepat di kualifikasi. Selain Kiromal dan Veddriq, Rahmad Adi Mulyono menempati peringkat ketiga dengan 5,48 detik.

Sedangkan di kategori putri, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah masing-masing menempati posisi dua dan ketiga kualifikasi. Mereka membukukan waktu 7,15 detik dan 7,26 detik.

Raih Perak

Meski berhasil memecahkan rekor dunia, Kiromal Katibin gagal menyempurnakan dengan raihan emas di final.

Setelah dua kali salah start di final, Kiromal harus puas di posisi kedua, setelah Veddriq Leonardo meraih kemenangan dengan memukul pad di 6,96 detik.

Indonesia sapu bersih medali di kategori speed putra, karena Rahmad Adi Mulyono juga berhasil menempati  peringkat ketiga.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) sendiri mengirim 12 atlet senior panjat tebing nasional, semuanya di nomor speed Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022.

Kendati Indonesia memiliki prestasi cemerlang di dunia panjat tebing, hal itu tidak membuat mereka berangkat ke SEA Games 2021 Vietnam.

Penyebabnya tuan rumah Vietnam tidak mempertandingkan cabang olahraga tersebut. Selain disebabkan fasilitas yang belum memadai, jumlah peserta belum begitu banyak dan panjat tebing belum dipertandingkan di Olimpiade.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Bertekad Kembali ke Liga 1, Kalteng Putra Ikat 21 Pemain, Simak Daftarnya
Mo Salah

Sport

Kronologi Pernyerang Liverpool Mohamed Salah Positif Corona, Berikut Fakta Hasil Tes Swab Timnas Mesir
apahabar.com

Sport

Kejurnas Sekaligus Seleknas Renang Segera Digelar
Asnawi Mangkualam

Sport

Pengamat: Kehadiran Asnawi Vital Bantu Indonesia Tekuk Timor Leste

Sport

Rehat di Kampung Halaman, Renan Alves Enggan Memikirkan Barito Putera

Sport

Ladeni Timor Leste, Timnas Indonesia Panggil 2 Wonderkid

Sport

Dari Tanah Bumbu, Setyo Budi Hartanto Wakili Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Sport

Daftarkan 30 Pemain, Sisa Slot Punggawa Timnas Indonesia Diisi Naturalisasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com