Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Terbongkar, Penyelundupan 8 Kontainer Minyak Goreng ke Timor Leste

Terbongkar, penyelundupan 8 kontainer minyak goreng ke Timor Leste. Dua orang jadi tersangka, lantas seperti apa modusnya?
- Apahabar.com     Kamis, 12 Mei 2022 - 22:37 WITA

Terbongkar, Penyelundupan 8 Kontainer Minyak Goreng ke Timor Leste

Polisi membongkar kasus ekspor minyak goreng ilegal ke Timor Lester sebanyak 8 kontainer

apahabar.com, JAKARTA – Terbongkar, penyelundupan 8 kontainer minyak goreng ke Timor Leste. Dua orang jadi tersangka, lantas seperti apa modusnya?

Ya, Bareskrim Polri bersama Polda Jawa Timur menggagalkan penyeludupan 8 kontainer berisi minyak goreng siap ekspor dari Jawa Timur ke Timor Leste.

“Dua orang ditetapkan sebagai tersangka,” kata Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto dalam keterangannya, Kamis (12/6).

Mereka yang ditetapkan sebagai tersangka itu berinisial R (60) dan E (44). Keduanya berperan sebagai eksportir minyak goreng.

Modus operandinya dengan mengelabui petugas Bea Cukai, yakni memasukkan barang yang tidak sesuai dengan pos tarif atau HS dan invoice Persetujuan Ekspor Barang (PEB).

Dokumen ekspor dengan pos tarif/HS dan invocie tertulis barang-barang, seperti engsel pintu, cat, genteng, glass block mulia, alat-alat pipa, pipa pvc, sika vicetile adhisive, tong besi tutup lebar, snack, stereofoam, sendok bebek plastik, komputer, spare parts mobil.

“Namun, isi barang di dalam kontainer adalah minyak goreng dengan berbagai merek,” ujarnya.

Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi dari masyarakat terkait dengan dugaan pelanggaran Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan Refined Bleached and Deodorized (RBD) Palm Oil, RBD Palm Oil and Used Cooking Oil.

Jenderal bintang tiga itu menegaskan bahwa Pemerintah telah melarang sementara ekspor CPO dan produk turunannya dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Agus Andrianto menyebutkan ada 8 kontainer berisikan 168.642,6 liter atau 121,985 ton minyak goreng siap ekspor.

Diduga terdapat 11 kontainer berisikan minyak goreng siap ekspor yang diseludupkan oleh para tersangka. Namun, kata Agus, 3 kontainer telah berada di Timur Leste.

Jajaran Polri sedang berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai untuk melakukan penarikan 3 kontainer tersebut.

“Delapan kontainer yang berisikan minyak goreng merek Linse, Tropis, dan Tripical telah diamankan oleh Polres Pelabuhan Tanjung perak,” kata Agus.

Atas perbuatannya, pelaku disangka langgar Pasal 112 ayat (1) juncto Pasal 51 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan jo. Pasal 3 Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kejagung

News

Kejagung Pertimbangkan Hukuman Mati Mafia Minyak Goreng
kapal rusak

News

Kapal Menuju Pulau Pramuka Rusak Kemudi di Tengah Jalan, 140 Penumpang Dievakuasi
Wisatawan

News

Wisatawan Hilang di Kawah Ijen Asal Bondowoso Ditemukan, Begini Kondisinya
PTM Terbatas

News

Jelang PTM Terbatas, Dosen Hingga Mahasiswa Uniska Banjarmasin Ikut Vaksinasi Booster
Harga Emas Antam

News

Harga Emas Antam Naik ke Rp1,01 Juta per Gram
Rusia

News

Rusia Tak Akan Gunakan Nuklir di Ukraina, Ada Senjata Lain?

News

Maknai Bulan Suci, Puluhan Siswa Smada Kotabaru Kompak Berbagi Takjil
Minyak

News

Minyak Goreng Murah, Ratusan Warga Serbu Mapolsek Simpang Empat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com