Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Tunggu Petunjuk Teknis, ASN Pemprov Kalsel Bisa Bekerja dari Mana Saja

- Apahabar.com     Jumat, 13 Mei 2022 - 18:01 WITA

Tunggu Petunjuk Teknis, ASN Pemprov Kalsel Bisa Bekerja dari Mana Saja

Andai benar diterapkan, ASN dapat bekerja dari berbagai tempat, termasuk di antaranya ketika berkemah di pantai. Foto: Remote Travel

apahabar.com, BANJARMASIN – Wacana penerapan Work From Anywhere (WFA) atau kerja dari mana saja, sudah mendapat respons Pemprov Kalimantan Selatan.

Memang WFA belum akan dilaksanakan segera. Namun sistem ini diyakini meningkatkan produktivitas dan kinerja Aparatus Sipil Negara (ASN).

Dalam Rencana Badan Kepegawaian Negara (BKN), sistem WFA diberlakukan hanya untuk pegawai administrator alias tidak akan diterapkan kepada semua ASN.

Di sisi lain, pegawai yang memiliki tugas bersinggungan langsung dengan pelayanan publik dipastikan tetap kerja dari kantor atau Work From Office (WFO).

Rencana rencana sistem kerja yang akan bergantung kepada teknologi informasi itupun mendapat sambutan positif dari Pemprov Kalsel.

“Sebenarnya bisa saja diterapkan di Pemprov Kalsel. Cuma harus disiapkan regulasi dan sarana pendukung lain,” papar Plt Kepala Biro Organisasi Setdaprov Kalsel, Subhan Noor Yaumil, Jumat (13/5).

“Namun sebelummya kami masih menunggu petunjuk teknis penerapan WFA untuk pemerintah daerah,” tegasnya.

Kesiapan Pemkot Banjarmasin

Selain Pemprov Kalsel, Pemkot Banjarmasin juga merespons positif penerapan WFA. Bahkan Wali Kota Ibnu Sina sudah siap menerapkan sistem ini untuk ASN Pemkot Banjarmasin.

“Kalau memang aturan dari pemerintah pusat, Pemkot Banjarmasin akan menyesuaikan saja,” sahut Ibnu Sina dalam kesempatan terpisah, Jumat (13/5).

“Namun tidak semua bisa bekerja dari mana saja. Mungkin akan tergantung latar belakang, keahlian, pendidikan, dan kompetensi,” imbuhnya.

Sebelumnmya Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama, menyebut kinerja ASN semakin baik selama penerapan Work From Home (WFH).

“Tentu dengan syarat didukung dengan IT yang baik, serta memperoleh fasilitas penunjang kerja seperti komputer, tablet dan smartphone,” papar Satya Pratama seperti dilansir CNBC Indonesia.

“Detail ASN yang bisa melakukan WFA sedang dikaji. Namun yang pasti, ASN pelayanan publik tidak akan bisa melakukan WFA,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Dibayar Tunai, Elon Musk Resmi Beli Twitter Seharga Rp635 Triliun
Bawaslu Kalsel

News

Usul E-Voting Pemilu 2024, Bawaslu Kalsel: Berat
Salat jemaah

News

MUI Beri Lampu Hijau Jemaah Lepas Masker
Perang

News

Inggris Sebut Ukraina Rebut Kembali Kota-kota dari Pasukan Rusia
Jokowi dan Putin

News

Berharap Bisa Buka Pintu Dialog, PDIP Dukung Jokowi Undang Putin di G20

News

Prancis Berencana Serang Ekonomi Rusia, Dmitry Medvedev: Hati-hati dengan Lidahmu Tuan!
Senam Tapin

News

Semangat Cinta Tanah Air lewat Senam Sicita PDIP Tapin
Cuaca Banjarmasin

News

Jelang Ramadan, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com