Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

Wisata Kalsel Kembali Bergeliat, Pokdarwis Banjarmasin Dituntut Getol Promosi

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel), melalui Dinas Parawisata (Dispar) setempat mendorong kelompok sadar wisata...
- Apahabar.com     Selasa, 24 Mei 2022 - 22:31 WITA

Wisata Kalsel Kembali Bergeliat, Pokdarwis Banjarmasin Dituntut Getol Promosi

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel M Syarifuddin, menyampaikan sambutan pada para peserta pelatihan Pokdarwis di Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel), melalui Dinas Parawisata (Dispar) setempat mendorong kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Banjarmasin untuk lebih kreatif.

Hal itu menyusul kembali menggeliatnya sektor parawisata di Kalsel sejak melandainya kasus Covid-19..

Pemprov Kalsel ingin Pokdarwis Banjarmasin getol mempromosikan dan memunculkan tempat wisata mereka.

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, mengatakan cara agar tempat wisata berkembang adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Dengan SDM yang baik, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendatangkan wisatawan.

“Misalnya Kubah Basirih, wisata religi yang masuk 50 besar di Indonesia ini menjadi peluang kita khususnya masyarakat Banjarmasin,” katanya saat membuka pelatihan pendamping dan pembinaan Pokdarwis Banjarmasin, di Hotel Nasa, Banjarmasin, Selasa (24/5).

Syarifuddin bilang, sektor wisata akan memunculkan efek domino pada sektor-sektor lain. Misalnya UMKM dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dengan adanya wisata di pedesaan, lanjutnya, selain akan menjadi lokasi hiburan tapi juga pendapatan masyarakat desa ikut meningkat. Makanya kata dia perlu pembiaan SDM agar para wisatan terus berkembang.

“Pelatihan ini juga mengajarkan para Pokdarwis bagai mana menjamu tamu hingga memberikan perasaan aman hingga kenangan pada para pengunjung,” sambung Syarifuddin.

Sementara, Khairiah Ketua Pokdarwis Kuin Kacil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Ia berharap dengan pelatihan itu dapat membuka wawasan.

“Penting sekali ya, soalnya dua tahun ditutup pariwisata kembali dibuka, ini menjadi bekal kami juga nantinya,” kata Khairiah.

Selain itu dalam pelatihan, pendampingan dan pembinaan Pokdarwis Banjarmasin ini juga mendatangkan sejumlah narasumber, di antaranya Ketua DPD ASPPI Kalsel, Mutia Amana Nastiti, Staf Muda Wali Kota Banjarmasin Bidang Parekraf, Abdul Khair dan akademisi dari Akparnas, Fanggy Theresia Sumaco.

Pelatihan ini digelar dua hari bersama puluhan perwakilan Pokdarwis di Kota Banjarmasin.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Air Pasang

Hot Borneo

Air Pasang, Sejumlah Ruas Jalan di Banjarmasin ‘Calap’
Pikades Serentak Kotabaru

Hot Borneo

Calon Ajukan Keberatan Hasil Pilkades Tanjung Nyiur Pulau Sembilan Kotabaru

Hot Borneo

Prediksi Puncak Arus Balik di Terminal Banjarmasin: H+4 dan H+5
Jago Merah

Hot Borneo

Pagi Buta, Bahan hingga Mebel Jadi di Kotabaru Dilalap Si Jago Merah

Hot Borneo

Ribuan Ton CPO Diamankan di Perairan Balikpapan, Diduga Akan Diselundupkan ke Luar Negeri
jasa raharja

Hot Borneo

Sopir Pikap Laka Beruntun di Balikpapan Hembuskan Napas Terakhir
Pasutri Kecelakaan Tunggal

Hot Borneo

Pasutri Tamunti Tabalong Kecelakaan Tunggal, Istri Meninggal di Tempat
Cuaca Kalsel

Hot Borneo

Prakiraan Cuaca, Kalsel Bebas Hujan Hari Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com