Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia Keluh Kesah Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO 4 Universitas Walk Out, Munas BEM SI di Kalsel Pilih Koordinator Baru Bukan Laka Tunggal! Penyebab Pikap Tabrak Pohon Berujung Maut di Gambut Krisis Air Bersih di Kota Sungai, Ombudsman Panggil PDAM Bandarmasih

Wisatawan Hilang di Kawah Ijen Asal Bondowoso Ditemukan, Begini Kondisinya

Seorang wisatawan di Taman Wisata Alam Kawah Ijen 
- Apahabar.com     Senin, 9 Mei 2022 - 07:49 WITA

Wisatawan Hilang di Kawah Ijen Asal Bondowoso Ditemukan, Begini Kondisinya

Korban hilang di Kawah Ijen ditemukan selamat di dasar tebing. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANYUWANGI – Seorang wisatawan di Taman Wisata Alam Kawah Ijen dilaporkan menghilang sejak Sabtu (7/5/2022).

Setelah hampir 24 jam menghilang, korban akhirnya ditemukan selamat namun dalam kondisi lemas. Dalam sebuah unggahan video yang beredar di media sosial saat ditemukan korban dalam posisi bertelanjang dada dan menangis.

Korban yakni Gafila Dabi Ardriani (19) beralamat di Desa Banyuanyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

Kepala Pos SAR Banyuwangi Wahyu Setya Budi mengatakan, korban ditemukan tim SAR gabungan sekitar pukul 10.35 WIB Minggu (8/5/2022). Kata dia, korban ditemukan selamat di dasar tebing di kawasan Gunung Ijen.

“Pada saat ditemukan korban, dalam kondisi sadar, namun lemas. Korban juga tidak menggunakan baju. Lalu tim langsung memberikan pertolongan pertama,” ujar Wahyu Setya, kutip Liputan6.com.

Setelah berhasil dievakuasi dari dasar tebing, korban Gafila langsung dibawa ke puskesmas Sempol, untuk mendapatkan perawatan. Karena kondisinya kata Wahyu, harus segera mendapatkan perawatan medis.

“Setelah berhasil kita evakuasi dari dasar tebing, korban langsung kita bawa ke Puskesmas Sempol  untuk mendapatkan perawan dan setelah itu langsung kita serahkan  ke keluarganya,”papar Wahyu.

Sebelumnya korban bersama 13 rekannya mendaki TWA Kawah Ijen Sabtu (7/5/2022) sekira pukul 02.00 WIB.

Rombongan sampai di puncak sekira pukul 04.00 WIB. Selanjutnya 14 orang ini terpencar. Korban hanya bersama 1 orang rekannya.

“Sekitar jam 05.00 WIB rekan korban mengajak turun karena tidak kuat menahan hawa dingin,” kata Wahyu. Minggu (8/5/2022)

Mengeluh Sakit Perut

Baru berjalan sekitar 500meter, korban mengeluh sakit perut. Entah karena apa, korban justru kembali menuju puncak. Rekannya meneruskan perjalanan menuju dasar atau pos pintu masuk.

Rekan korban sudah sampai di pos terlebih dahulu. Sampai pukul 07.30 WIB korban tak kunjung kembali. Rekannya yang khawatir lantas menelepon korban.

“Telepon sempat dijawab, korban berkata sudah pulang sampai dirumah, Sehingga sekira jam 09.00 WIB rekan korban memutuskan untuk pulang,” ujarnya.

Namun sekitar pukul 10.00 WIB salah seorang rekan ditelepon oleh orang tua korban. Ia ditanyai perihal keberadaan korban yang hingga siang belum juga pulang.

Korban ditelepon namun tidak menjawab, setelah ditunggu sampai sore selanjutnya sekira jam 20.30 WIB keluarga melaporkan hal tersebut ke petugas jaga Paltuding TWA Kawah Ijen.

Setelah mendapat kabar petugas langsung dikerahkan untuk melakukan pencarian.  Sekira pukul 10.35 WIB korban berhasil ditemukan.

“Korban ditemukan disebuah perengan jurang. Kondisinya selamat dan tersadar namun lemas. Oleh keluarga korban dibawa ke Puskesmas,” tandasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pulsa

News

Selain Pertamax, Harga Pulsa-Kuota Juga Naik per 1 April 2022

News

Ditetapkan Jadi Tersangka, Inilah Motif Bupati Bogor Suap Anggota BPK Jabar Rp1,9 Miliar
apahabar.com

News

Biaya Netflix di Inggris dan Irlandia Naik

News

Gegara ‘Judi Online’, Crazy Rich Ini Kini Tinggal di Jeruji Besi
Kesetrum Balangan

News

Kakak Beradik Mendadak Yatim Piatu di Balangan, Habib Zacky Turun Tangan
Bayi Mantuil

News

Fakta Mencengangkan, Bayi Tewas di Mantuil Dibuang Saat Masih Hidup
Curanmor

News

Hanya 12 Hari, 20 Sepeda Motor Curian Berhasil Diamankan Satreskrim Banjar
eHAC

News

eHAC Wajib Diisi Sebelum Terbang, Berikut Cara Mengisi di PeduliLindungi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com