Kandas di Piala Presiden, Barito Putera Langsung Fokus ke Liga 1 Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu…

Yuk Intip Tiga Wisata Alam Tabalong yang Masuk Geopark Meratus Sejak 2019

Di antara wisata alam Tabalong, Goa Liang Tapah punya hamparan batuan beku tertua dan air terjun Lano termasuk UNESCO Global Geopark
- Apahabar.com     Selasa, 31 Mei 2022 - 23:38 WITA

Yuk Intip Tiga Wisata Alam Tabalong yang Masuk Geopark Meratus Sejak 2019

Di dalam Goa Liang Tapah Tabalong, pengunjung dapat melihat hamparan ofiolit atau kompleks batuan beku tertua di Indonesia. Foto-Antara.

apahabar.com, TABALONG – Kabupaten Tabalong yang bakal jadi pintu gerbang Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur (Kaltim), menyiman sejumlah wisata alam menarik dikunjungi.

Saat ini, terdapat tiga kawasan wisata alam di Tabalong masuk dalam Geopark Meratus, ditetapkan sejak 2019 lalu. Antara lain air terjun Lano di Desa Lano, Goa Liang Tapah di Desa Garagata dan Riam Kinarum di Desa Kinarum, Kecamatan Upau.

Pengelolaan kawasan wisata alam Tabalong tersebut melibatkan Kelompok Tani Hutan sebagai bagian program pemberdayaan masyarakat.

“Wisata Air terjun Lano di Desa Lano masuk dalam UNESCO Global Geopark,” kata Kepala Seksi Pemanfaatan Hutan, Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabalong Aidil Fahruraji dikutip dari Antara, Selasa (31/5).

Kawasan wisata air terjun Lano di Kecamatan Jaro yang berada dalam kawasan hutan lindung kini dikelola masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam Lembaga Pengelola Hutan Desa.

Sedangkan Goa Liang Tapah yang dikenal keindahan telaganya serta pemandian ungkap Aidil dikelola kelompok tani hutan Telaga Bidadari.

Berjarak sekitar tiga kilometer dari jalan utama Trans Kalimantan Tanjung-Koaro, wisata ini berada di Desa Gargata, Kecamatan Jaro.

Di dalam goa Liang Tapah pengunjung dapat melihat hamparan ofiolit atau kompleks batuan beku tertua di Indonesia.

“Goa Liang Tapah bagian dari geopark Meratus kini sangat dilindungi mengingat banyaknya ornamen gua yang berusia sangat tua,” ungkap Jamin Effendi, salah satu pemandu geowisata Kalsel, khusunya Tabalong.

Sekretaris Pokdarwis Air Terjun Lano tersebut mengaku sebagai pemandu bersertifikat, ia sudah dibekali soal kepariwisataan, geowisata, persiapan perjalanan hingga keragaman bumi Indonesia.

Dengan begitu, tiap wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang, selain bisa menikmati keindahan alamnya, juga dapat menambah pengetahuan. Nah menarik bukan? Yuk ke wisata alam Tabalong.

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Simpan Sabu di Bawah Meja Dapur, Warga Lahei Barut Digelandang Polisi
Mardani H Maming

Hot Borneo

MHM Beri Kesaksian di Persidangan, Buktikan Tak Ada Keterlibatan di Kasus IUP Tanbu
Tahanan Kabur Polda Kalsel

Hot Borneo

Residivis Bebal yang Kabur dari Polda Kalsel Belum Jalani Sidang Perdana

Hot Borneo

Embat HP di Lapangan Futsal Kotabaru, Juru Parkir Diringkus Macan Bamega
Jasad Farhansyah tergeletak di Jalan Ahmad Yani. Foto-Istimewa.

Hot Borneo

Ditemukan Meninggal di Jalan A Yani Banjarmasin, Kakek Farhansyah Setengah Bulan Tak Pulang ke Rumah

Hot Borneo

Stok Minyak Goreng di Tapin Makin Menipis, Pemerintah Daerah Kibarkan Bendera Putih?

Hot Borneo

Harga Sawit Jeblok, Ketua Dewan Kotabaru Minta Disbunak Kalsel Cek Pabrik Nakal

Hot Borneo

Perdana di Banjarbaru, Peringatan World Music Day Dimeriahkan Lintas Genre
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com