Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif Kebakaran di Tabalong, Satu Ruko dan Rumah Hangus Dilalap Api Siapa yang Bakal Mengisi Pasar Baru Batuah? Prototipe Era Presiden Jokowi, Tak Murni APBN

Asal-asalan Proyek Miliaran di Sekumpul Disorot Kejaksaan Tinggi!

Belum berumur setengah tahun sejumlah ubin penanda jalur disabilitas hilang ke mana. Beberapa paving blok juga terlihat tak simetris.
- Apahabar.com     Kamis, 9 Juni 2022 - 12:43 WITA

Asal-asalan Proyek Miliaran di Sekumpul Disorot Kejaksaan Tinggi!

'Sampah' guilding block atau ubin kuning penanda jalur penyandang disabilitas berserakan di sudut pedestrian Sekumpul Martapura. Beberapa tiang trotoar juga sudah terlihat terlepas. apahabar.com/Hendra

apahabar.com, BANJARMASIN – Keganjilan banyak ditemukan pada megaproyek penataan Sekumpul, Kabupaten Banjar. Teranyar ikut disorot Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan.

Belum berumur setengah tahun, beberapa ubin penanda jalur penyandang disabilitas rontok. Parahnya lagi, sudah banyak yang lepas. Bahkan hilang. Mafhum, hanya ditempel menggunakan lem.

Sebagai gambaran, penataan tahap 1 kawasan objek wisata religi andalan Kalsel itu dimulai dari Jalan Ahmad Yani Martapura hingga jembatan irigasi Sekumpul, mencakup pembangunan gerbang sampai inti kawasan.

Tak hanya guilding blok, keganjilan lain juga ditemukan pada paving blok. Beberapa bata beton berukuran besar hanya diletakkan begitu saja. Tanpa disemen. Serta bentuknya yang bergelombang. Tidak simetris.

Maka tak salah, pengerjaan tahap pertama proyek bernilai ratusan miliar itu panen kritikan. Jauh dari harapan. Sebab, pengerjaannya dinilai sembarangan.

@apahabarcom

Review Proyek Miliaran di Sekumpul, Anang Rosadi: Pak Jokowi Harus Tahu! #tiktokberita #sekumpul #martapura

♬ suara asli – apahabar.com – apahabar.com

Lebih jauh, Kementerian PUPR menggelontorkan dana sebesar Rp38,2 miliar bersumber dari APBN 2021. Dana itu bahkan bersumber dari pinjaman atau utang luar negeri.

Jika mencapai segmen III atau hingga 2023 mendatang, megaproyek yang sempat molor ini ditaksir menelan dana hingga Rp250 miliar.

Adalah Ketua LSM Masyarakat Memperdulikan Fungsi Sungai (Mamfus) Anang Rosadi Adenansi.

Melalui video Tiktok, mantan anggota DPRD Kalsel ini mengkritik habis-habisan hasil pekerjaan tahap pertama.

Anang tampak melempar guide block yang hanya dipasang seadanya itu. Video Anang menyebar cepat dan viral. Hingga kemarin, sudah tembus lebih 3 juta penonton.

Lantas, bagaimana respons kejaksaan setempat?

Menanggapi viralnya sorotan terhadap proyek Sekumpul, Kepala Penerangan Kejati Kalsel, Romadu Novelino mengaku sudah menerima informasi tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan, ia akan melapor lebih dulu ke pimpinan. “Kita masih memandang sebagai suatu informasi dan wajib kami laporkan ke pimpinan [Kajati Kalsel],” katanya kepada apahabar.com, Kamis siang (9/6).

Dari sana, nantinya mereka akan dapat petunjuk untuk mengambil langkah-langkah yang bakal dilakukan.

“Kita tunggu perintahnya. Kalau dari pimpinan meminta untuk melakukan kegiatan pengumpulan data dan keterangan pasti akan langsung kita kerjakan,” ujarnya.

Adakah rencana untuk memanggil pihak pelaksana ataupun melakukan pendampingan? Sekali lagi, Novelino masih menunggu perintah pimpinan.

“Kami masih menunggu arahan pimpinan,” ujarnya.

[ANALISIS] Asal-asalan Proyek Miliaran di Sekumpul

Amburadul Proyek Miliaran di Sekumpul Dibawa ke KPK

Jejak Kontroversial Kontraktor Megaproyek Miliaran Sekumpul

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Uang Babirik Amuntai

Hot Borneo

Sejam Bebacaan, Tumpukan Daun Jadi Uang di Amuntai, Polisi Turun Tangan 
Kebiri Kimia

Hot Borneo

Huh! Sulitnya Jaksa Eksekusi Kebiri Kimia 3 Terpidana di Banjarmasin
Sabu

Hot Borneo

Polda Kalsel Musnahkan Lima Kilo Lebih Sabu
Pasar Alabio

Hot Borneo

Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres
SIWIGAS

Hot Borneo

Tertinggi Kedua, SIWIGAS Swadaya Atasi Stunting di Sungai Bilu Banjarmasin

Hot Borneo

Potret Khusyuknya Tarawih Perdana Warga Muhammadiyah di Banjarmasin
Mantuil Banjarmasin

Hot Borneo

BREAKING! Mayat Bayi Ditemukan Mengapung di Sungai Mantuil Banjarmasin
apahabar.com

Hot Borneo

Duh, Kebutuhan Emak di Dapur Mulai Bergerak Naik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com