Kejati Telaah Permintaan PUPR Kalsel Kawal 40 Proyek Strategis Pilih Ketua, IDI Kalsel Siap Gelar Muswil 2022 di Kotabaru Sengketa Alabio: Pemkab Melawan, Pedagang Mengadu ke PTUN hingga KASN! Skandal Korupsi Hewan Balangan: Genap 100 Saksi Diperiksa Geger Jasad Pria Tertelungkup di Pantai Melawai Balikpapan

Bupati Tala Ajak Masyarakat Jaga Kualitas Lingkungan

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) jadi momentum Bupati Tala HM Sukamta ajak masyarakat jaga kualitas lingkungan.
- Apahabar.com     Minggu, 5 Juni 2022 - 09:58 WITA

Bupati Tala Ajak Masyarakat Jaga Kualitas Lingkungan

Bupati Tala HM Sukamta menanam pohon peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Minggu (5/6). Foto-Istimewa.

apahabar.com, PELAIHARI – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang jatuh setiap 5 Juni, menjadi momentum bagi Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta mengajak masyarakat agar bersama menjaga kualitas lingkungan.

Setidaknya, masyarakat Tala dapat melakukan dua hal dalam menjaga kualitas lingkungan sekitar.

“Mari perbanyak menanam pohon dan kelola sampah. Karena ini masalah kita bersama bersama,” ujarnya usai memperingati HLHS 2022 bersama jajaran Pemkab Tala dan unsur Forkopimda di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kijang Mas Permai, Minggu (5/6/2022).

Soal sampah, menurutnya jangan lagi memandang hanya sebagai sisa dari hal yang tak terpakai. Karena masih ada sampah yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Apalagi Pemkab Tala kini tengah menjalin kerjasama dengan PT Pegadaian.

“Sampah kita dapat dikonversi menjadi emas hasil kerjasama dengan pegadaian. Jadi, tolong pisahkan sampah, lalu dimanfaatkan, sehingga memiliki nilai yang luar biasa,” sambungnya.

Ia juga berharap agar masyarakat tidak menebang pohon melainkan menanam. Dengan demikian, apabila kita turut memelihara lingkungan, bumi akan semakin baik serta dapat memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat.

Pada saat yang sama, Kepala DPRKPLH Tala, Ismail Fahmi membeberkan kepada awak media bagaimana program hasil kerjasama dengan pegadaian ini bisa turut diikuti oleh masyarakat.

“Teknisnya, masyarakat mengumpulkan sampah lewat Bank Sampah, kemudian dijual dan hasilnya ditabung di pegadaian dengan konversi hasil tabungan berupa emas,” ujar Fahmi.

Saat ini, program sampah jadi emas memang masih dijalankan oleh para pegawai DPRKPLH dengan nama Pilih Kumpul Antar Menjadi Emas alias PIKUL AMAS sebagai pilot project. Kendati demikian, masyarakat yang tertarik untuk mengikuti juga dapat langsung melaksanakan dan dapat menghubungi DPRKPLH jika butuh info lebih lanjut.

Pada kesempatan ini juga, Pemkab Tala mendapatkan dana CSR dari PT. CPKA untuk pembuatan halte sampah. Selain itu, bupati juga menyerahkan bibit pohon kepada beberapa komunitas serta dua sekolah dasar peraih adiwiyata yaitu SDN Angsau 1 dan SDN Bumi Jaya 2 serta dilakukan penanaman pohon serentak di lingkungan RTH tersebut.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Tanah Laut

Calon Penyangga Pangan IKN Baru, Sukamta: Produktivitas Masyarakat Tala Harus Ditingkatkan
jemaah haji tala

Pemkab Tanah Laut

Lepas Jemaah Haji Tala, Sukamta Ingatkan Cuaca Arab Saudi
Politala

Pemkab Tanah Laut

Diresmikan Dirjen Kemendikbud Ristek, Politala Memiliki Dua Gedung Baru
LPG Subsidi

Pemkab Tanah Laut

Bupati-Wakil Bupati Tala Hadiri Talk Show Penataan Distribusi LPG Subsidi
Kadisdikbud Tala Zainal Abidin

Pemkab Tanah Laut

Belum Penuhi SPN Sesuai PP, Tala Jamin Kelangsungan Siswa Tak Mampu
Disnakkeswan Tala

Pemkab Tanah Laut

Disnakkeswan Tala Sosialisasikan Aturan Pengeluaran Ternak Kalsel
Apel Hardiknas Tala

Pemkab Tanah Laut

Edukasi Pelajar-Mahasiswa, Bupati Tala Musnahkan Miras Usai Apel Hardiknas
Tala bakal punya perda narkoba

Pemkab Tanah Laut

Tala Bakal Punya Perda Tentang Narkoba
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com