Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres Tahanan Tewas Banjarmasin, IPW Desak Pertanggungjawaban Dua Tingkat Buntut Tahanan Tewas, Anggota Polresta Banjarmasin Diperiksa! Siap-Siap! Beli Migor Curah di Banjarmasin Pakai PeduliLindungi Kuras Sumur, Semburan Gas yang Muncul di Manggar Balikpapan

Desa Simpang Tiga Banjar Dicanangkan Program Desa Cantik BPS RI 

Desa Simpang Tiga, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar terpilih sebagai pencanangan program Desa Cinta Statistik oleh BPS RI, Rabu (8/6).
- Apahabar.com     Rabu, 8 Juni 2022 - 20:10 WITA

Desa Simpang Tiga Banjar Dicanangkan Program Desa Cantik BPS RI 

Bupati Banjar Saidi Mansyur saat pencanangan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Rabu (8/6).

apahabar.com, MARTAPURA – Desa Simpang Tiga, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar terpilih sebagai pencanangan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Rabu (8/6).

Program ini lantas dinamai Pemkab Banjar Desa Cantik Manis (maju mandiri agamis). BPS memulai program Desa Cantik pada Februari 2021 kepada 100 desa terpilih se-Indonesia.

Bupati Saidi Mansyur bilang, program Desa Cantik dicanangkan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola dan memanfaatkan data statistik.

Bentuknya pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data, sehingga meningkatkan kualitas data desa yang lengkap dan akurat, agar pembangunan yang dilaksanakan pemerintah lebih tepat sasaran.

“Agar nantinya menjadi desa yang berdaya guna dan mampu mengembangkan desanya melalui data-data yang dimiliki,” kata Bupati Saidi.

Desa Simpang Tiga ini nantinya akan mendapatkan pendampingan dari BPS, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar, dan instansi terkait lainnya.

Sementara, Sekretaris Utama BPS RI, Atqo Mardiyanto, mengatakan program Desa Cantik tahun 2022 ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa atau kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi desa, dalam rangka mendukung pengentasan kemiskinan.

“Pelaksanaan program Desa Cantik tahun 2022 dilaksanakan di 514 desa/kelurahan yang tersebar di 514 kabupaten/kota, atau dengan kata lain satu Desa Cantik setiap daerah,” katanya.

Menurutnya, diperlukan dukungan dari pemerintah daerah, desa dan pihak yang terkait, agar tercipta koordinasi dan kolaborasi yang solid.

“Yang kemudian akan menjadikan Desa Simpang Tiga sebagai desa percontohan untuk desa/kelurahan berikutnya di Kabupaten Banjar,” pungkasnya.

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bupati Banjar Saidi Mansyur

Pemkab Banjar

Bupati Banjar dan Jajaran Bayar Zakat Lewat Baznas
DPRD Banjar

Pemkab Banjar

DPRD Banjar Mulai Bahas Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah
Bupati Banjar Saidi Mansyur

Pemkab Banjar

Ratusan Pesepeda Jajal Bukit Batu, Bupati Banjar: Sekaligus Promosi Wisata

Pemkab Banjar

Tes Drive Mobil Listrik, Begini Kesan Pertama Bupati Banjar
Viral Spanduk Sindir Banjir

Pemkab Banjar

Viral Spanduk Sindiran Banjir, Pemkab Banjar Segera Perbaiki Drainase

Pemkab Banjar

Harjad 71 Kabupaten Banjar, Bupati Beri Penghargaan SKPD Berprestasi
Saidi Mansyur

Pemkab Banjar

Kedelapan Kalinya, Bupati Saidi Mansyur Salurkan BLT Dana Desa
Haul KH Anang Djazouly Seman Martapura

Pemkab Banjar

Haul KH Anang Djazouly Dipadati Ribuan Jemaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com