Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Seluruh Wilayah Berpotensi Cerah Berawan Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Terungkap, Motif Pembunuhan 17 Agustus di Cempaka Banjarbaru
agustus

DPR Setujui Lima RUU Provinsi Jadi UU

- Apahabar.com     Kamis, 30 Juni 2022 - 15:30 WITA

DPR Setujui Lima RUU Provinsi Jadi UU

Ilustrasi DPR RI. Foto: Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – DPR menyetujui lima rancangan undang-undang (RUU) provinsi menjadi undang-undang (UU) dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/6).

“Apakah RUU tentang Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Riau, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat dapat disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang?” tanya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dalam sidang.

“Setuju,” sahut seluruh anggota dan perwakilan fraksi, sesuai pantauan Antara.

Melihat Lagi Usulan Revisi UU Provinsi Kalsel, Tak Ada Rencana Memindah Ibu Kota

Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang dalam laporannya mengatakan rapat pengambilan keputusan tingkat pertama dilakukan pada rapat kerja Selasa (21/6).

“Semua peserta rapat kerja sepakat dan menyetujui untuk meneruskan pembahasannya pada pembicaraan tingkat kedua untuk pengambilan keputusan,” klaim Junimart.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pemerintah mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada semua pihak yang bekerja secara efektif dan penuh dedikasi hingga menyelesaikan kelima RUU provinsi tersebut.

“Penyusunan itu merupakan pembaharuan dari sisi hukum dan cakupan wilayah yang sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini,” ujar Tito.

Penyusunan lima RUU itu mengadopsi substansi dari tujuh UU provinsi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Seluruh UU itu akan memberikan kepastian dan kekuatan bagi produk hukum turunan di daerah tersebut, seperti peraturan daerah (perda) dan peraturan kepala daerah (perkada).

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka, Natalius Pigai: Kapolri Menjawab Tuntas Keraguan Publik
Eril

News

Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Tim SAR Swiss Perluas Area Pencarian
Presiden Vladimir Putin

News

Geram, Putin Ancam Negara yang Beri Sanksi ke Rusia
Kamboja

News

Viral! Video TKI di Kamboja Disetrum, Kemenlu Turun Tangan
Agresi

News

Kerahkan Pasukan Cadangan, Ukraina Siaga Sambut Agresi Rusia
Bansos

News

BLT Subsidi Gaji Cair, Rp1 Juta Ditransfer ke Rekening

News

Sah, Ketua MK Anwar Usman Menjadi Adik Ipar Jokowi
Difriadi Darjat

News

Dilantik Jadi Anggota DPR RI, Difriadi Darjat Langsung Tancap Gas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com