Visakha FC Waspadai 3 Penggawa Bali United Sejumlah Calon Haji Kalsel Miliki Penyakit Bawaan Klaim Tak Bersalah, Laskar Adat Dayak Nasional Siap Kawal Kasus Mardani H Maming Nama-Nama Lima Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui

Geger! Diduga Kelaparan, Orangutan Masuk Kebun Nanas Warga di Palangka Raya

Seekor orangutan (pongo pygmaeus) berjenis kelamin jantan bikin geger warga di Jalan Tjilik Riwut Km 54 Palangka Raya, Kalteng....
- Apahabar.com     Rabu, 22 Juni 2022 - 18:36 WITA

Geger! Diduga Kelaparan, Orangutan Masuk Kebun Nanas Warga di Palangka Raya

Orangutan (pongo pygmaeus) jantan dengan bobot sekitar 80 kilogram saat asik memakan buah nanas milik warga di Jalan Tjilik Riwut Km 54 Palangka Raya, Kalteng. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Seekor orangutan (pongo pygmaeus) berjenis kelamin jantan bikin geger warga di Jalan Tjilik Riwut Km 54 Palangka Raya, Kalteng.

Pasalnya satwa dilindungi yang diperkirakan berbobot 80 kilogram itu sedang asik memakan buah nanas di kebun milik warga di Jalan Tjilik Riwut pada Minggu (19/6) lalu.

Kemunculan orangutan yang diduga kelaparan itu kemudian dilaporkan oleh pemilik kebun ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng.

Kepala SKW I BKSDA Kalteng, Junaedy Slamet Wibowo saat dikonfirmasi apahabar.com, Rabu (22/6) sore mengatakan kemunculan orangutan di Km 54 Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya ini karena lokasi kebun nanas warga tersebut sangat dekat dengan hutan.

Selain itu, di kebun nanas milik warga ini juga terdapat kandang peternakan ayam.

“Kami mendapat laporan bahwa ada orangutan berjenis kelamin jantan memakan buah nanas di Jalan Tjilik Riwut Kilometer 54, warga khawatir kehadiran orangutan ini bisa mengganggu ternak ayam miliknya,” ujarnya.

Junaedy bilang bahwa pihaknya telah koordinasi dengan BOSF Nyaru Menteng dan pelapor untuk memeriksa lokasi adanya orangutan tersebut.

“Dari informasi warga, orangutan ini sudah sering keluar masuk di sekitar kebun untuk mencari makan, dan juga pernah diberi makanan oleh salah satu penjaga kandang ayam,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Junaedy, saat pengecekan di lokasi, tim tidak berhasil menemukan keberadaan orangutan tersebut, sebab di sekitar kebun dan lahan peternakan milik warga berbatasan langsung dengan hutan yang masih bagus dan luas.

“Tim hanya menemukan bekas sarang orangutan kelas 5 yang sudah lama ditinggalkan, dan dimungkinkan orangutan bersarang jauh masuk ke dalam hutan,” katanya.

Junaedy menambahkan, jika warga ada yang melihat keberadaan orangutan tersebut disarankan untuk menghindari dan langsung melaporkan ke BKSDA Kalteng.

“Kami juga mengimbau kepada penghuni setempat agar tidak memberi makan pada orangutan, karena bisa memicu kebiasaan orangutan tersebut datang ke lokasi pemukiman warga,” tandasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

THM

Hot Borneo

Geramnya Wali Kota Banjarbaru Ada Kafe Live DJ di Trikora
cabai hiyung tapin

Hot Borneo

Keistimewaan Cabai Hiyung Tapin yang Perlu Terus Dilestarikan
Warga alalak tenggelam

Hot Borneo

Tangisan Anak Gemparkan Warga Alalak, Ibunya Diduga Tenggelam di Sungai
Alfamart Ambruk

Hot Borneo

UPDATE: Pemilik Ruko Alfamart ‘Maut’ Gambut Terancam Pidana!

Hot Borneo

Tawuran di Siring Bekantan Banjarmasin, 4 Remaja Diamankan Polisi
Ilustrasi perawatan pasien Covid-19. Foto-dok

Hot Borneo

2022, Belasan Pasien COVID-19 di Balikpapan Meninggal, 3 Telat ke Rumah Sakit
Akhirnya, Jalan 'Bubur' Liang Anggang-Bati Bati kini mulus, Selasa (22/2). Foto-apahabar.com/Syaiful Riki

Hot Borneo

Akhirnya, Jalan ‘Bubur’ Liang Anggang-Bati Bati Kini Mulus

Hot Borneo

Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Trans Kalimantan Batola, Warga Sungai Tabuk Meregang Nyawa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com