Gerak Cepat Polres Batola Bongkar Komplotan Garong Lintas Daerah Kemenhub Intensifkan Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan untuk Stabilkan Harga Tiket Pesawat Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan
agustus

Gubernur Anies Cabut Izin Seluruh Outlet Holywings di Jakarta

- Apahabar.com     Senin, 27 Juni 2022 - 21:46 WITA

Gubernur Anies Cabut Izin Seluruh Outlet Holywings di Jakarta

Salah satu outlet Holywings yang berada di Jakarta. Izin outlet ini dicabut sejak 27 Juni 2022 oleh Pemprov DKI Jakarta. Foto: Quora

apahabar.com, JAKARTA – Meski tak terkait langsung dengan kontroversi Muhammad dan Maria, Gubernur Anies Baswedan mencabut izin usaha semua outlet perusahaan bar dan kafe Holywings di Jakarta.

Total 12 outlet Holywings yang berada di Jakarta. Izin operasional semua outlet ini dicabut terhitung sejak 27 Juni 2022.

“Hasil pemeriksaan dokumen perizinan, beberapa outlet Holywings Group di Jakarta belum memiliki Surat Keterangan Penjual Langsung (SKPL) KBLI 56301,” papar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta, Andhika Permata, seperti dilansir CNN, Senin (27/6).

Sertifikat KBLI 56301 merupakan Klasifikasi Baku Lingkungan Indonesia yang harus dimiliki operasional usaha penyajian minuman beralkohol, non alkohol, serta makanan kecil untuk umum.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, menyebut beberapa outlet Holywings hanya memiliki Surat Keterangan Pengecer Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (SKP KBLI) 47221.

“Dari 7 outlet memiliki Surat Keterangan Pengecer (SKP) KBLI 47221, terdapat 5 outlet lain yang tidak memiliki surat tersebut,” oaoar Elisabeth.

SKP KBLI 47221 sendiri diperuntukkan pengecer yang hanya menjual alkohol untuk dibawa pulang dan tidak dinikmati di tempat.

Sedangkan Holywings menjual alkohol untuk dikonsumsi di tempat dan seharusnya memiliki SKPL golongan B dan C dengan PB-UMKU KBLI 56301.

“Sesuai arahan Gubernur dan rekomendasi dua OPD Pemprov DKI Jakarta, kami mencabut izin usaha 12 outlet Holywings di Jakarta,” tambah Benny Agus Chandra, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jakarta.

Sebelumnya Holywings menjadi sorotan, setelah mengeluarkan promosi minuman alkohol gratis setiap Kamis untuk pengunjung bernama Muhammad dan Maria.

Namun tak lama kemudian, unggahan promosi itu dihapus dan Holywings pun meminta maaf. Akan tetapi mereka keburu dikecam masyarakat atas promosi tersebut.

Berikutnya 6 staf Holywings ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dijerat Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Undang-udang Nomor 1 Tahun 1946, serta Pasal 156 atau Pasal 156 a KUHP.

Kemudian Pasal 28 ayat (2) Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Adapun ancaman maksimal 10 tahun kurungan penjara.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Draupadi Murmu

News

Resmi! Draupadi Murmu Pribumi Pertama Jadi Presiden India
10 Kebijakan Pemerintah

News

Bertubi-tubi, 10 Kebijakan Pemerintah yang Rugikan Kaum Buruh dalam Dua Tahun Terakhir
Penyanyi sekaligus artis sinetron Marshanda mengumumkan bahwa dirinya kini tengah mengidap tumor payudara. Foto-Istimewa

News

Marshanda Dikabarkan Hilang di Amerika
Formula E Jakarta

News

Buru-buru! Dugaan PDIP Soal Ambruknya Atap Tribun Formula E
Calon Haji Indonesia

News

Innalillahi… 6 Calon Haji Indonesia Meninggal Dunia di Tanah Suci
Fuso

News

Mulai dari Truk Listrik hingga Armada Mining Dipamerkan Mitsubishi Fuso di GIIAS 2022
Korupsi

News

Babak Baru Mega Korupsi Abdul Wahid, Jaksa KPK Limpahkan Berkas Perkara ke Tipikor Banjarmasin

News

Fokus Modernisasi Koperasi Pangan, MenKopUKM Ajak Perempuan Berkoperasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com