Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres Tahanan Tewas Banjarmasin, IPW Desak Pertanggungjawaban Dua Tingkat Buntut Tahanan Tewas, Anggota Polresta Banjarmasin Diperiksa! Siap-Siap! Beli Migor Curah di Banjarmasin Pakai PeduliLindungi Kuras Sumur, Semburan Gas yang Muncul di Manggar Balikpapan

Guru Madrasah Banjar Gelisah Isu Tak Libur Semester

Beredar informasi semester mendatang tanpa libur guru madrasah. Sampai hari ini Kemenag Kalsel belum juga mengambil sikap.
- Apahabar.com     Kamis, 23 Juni 2022 - 20:18 WITA

Guru Madrasah Banjar Gelisah Isu Tak Libur Semester

Sejumlah guru madrasah di Banjar dibuat resah oleh wacana penghapusan libur pada semester mendatang. Foto ilustrasi: net 

apahabar.com, MARTAPURA – Para guru madrasah di Kalimantan Selatan gelisah. Mencuat isu tak ada libur pada semester mendatang.

Seperti yang diungkapkan Zahra, salah satu guru MTsN di Kabupaten Banjar kepada apahabar.com, Kamis (23/6).

Sudah beberapa hari belakangan, kata Zahra, beredar informasi semester genap 2022 tanpa libur untuk guru madrasah.

Kabar sumir tersebut, sontak saja meresahkan Zahra dan rekan-rekannya. Terlebih, kondisi serupa tidak terjadi pada tahun lalu.

“Tahun lalu kami dapat libur, bisa jadi ini wacana,” ujarnya.

Di sisi lain, kata Zahra, Kantor Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah mengeluarkan surat edaran nomor B-4399/Kw.15.1/2-d/KP.01./06/2022 tentang ketentuan libur guru madrasah, 16 Juni 2022.

Di surat edaran Kemenag Kalteng itu, libur semester genap mulai 27 Juni sampai 17 Juli 2022. Guru berhak mengambil hari libur nasional, dan libur yang ditetapkan kalender pendidikan daerah masing-masing.

Hal tersebut mengacu pada Peraturan Dirjen Pendis nomor 1/2015 Pasal 5, ditambah PP nomor 17/2020 tentang manajemen PNS. Pasal 315 menyebut jabatan guru sekolah dan dosen perguruan tinggi mendapat liburan menurut peraturan perundang-undangan, berhak pula mereka mengambil cuti.

“Guru gelisah karena hari libur di Kalsel mau dihilangkan,” ungkapnya.

Ia berharap Kanwil Kemenag Kalsel bisa segera mengambil sikap sebagaimana Kemenag Kalteng.

Jawaban Kemenag

Dikonfirmasi, Kabid Pendidikan Madrasah Kemenag Provinsi Kalsel, Halimatussa`diyah mengakui jika pihaknya memang belum bersikap. Termasuk mengeluarkan surat edaran.

“Kami belum dapat memastikan apakah guru dapat ikut libur atau tidak pada liburan semester genap ini,” ujarnya, terpisah.

Menurutnya, baru Kemenag Kalteng yang sudah memutuskan kebijakan guru dapat mengambil libur semester genap yang sejatinya untuk para siswa.

Sebab, ujarnya, guru dan dosen itu sama dengan ASN mengacu pada PP nomor 17 tahun 2020; peraturan yang juga digunakan Kemenag Kalteng.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dirjen Pendis, kepegawaian, juga Itjen Pengawas Auditor. Kami masih menunggu hasilnya seperti apa, makanya belum mengeluarkan keputusan dan surat edaran,” ujar Halimatussa`diyah via seluler.

Ia mengimbau para guru madrasah agar menunggu dulu hasil koordinasi dari pemerintah pusat apakah bisa ikut libur atau tidak.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kantor Kejati Kalsel

Hot Borneo

Kantongi Laporan, Kejati Kalsel Bidik Dua Kasus Dugaan Mafia Tanah
Densus Tabuk

Hot Borneo

Pemuda yang Ditangkap Densus 88 di Sungai Tabuk Terindikasi JAD
Tabrakan Beruntun

Hot Borneo

Heboh Rombongan KLHK-W20 Tabrakan Beruntun di Banjarbaru, Polisi Angkat Bicara!

Hot Borneo

Haul Datu Kelampayan di Mahligai Pancasila Diestimasi Dihadiri Puluhan Ribu Orang

Hot Borneo

Buka Gerai Vaksinasi, BPTD Kalsel Siapkan Skema Mudik Lebaran 2022 
Dispersip Kalsel

Hot Borneo

Begini Cara Dispersip Kalsel Tingkatkan Minat Baca Saat Ramadan
Al Mazaya Islamic School

Hot Borneo

Masya Allah… 5 Lulusan Al Mazaya Islamic School Hafal 30 Juz Alquran
evakuasi bocah tenggelam di samarinda

Hot Borneo

Geger, Seorang Bocah Tewas Tenggelam di Samarinda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com