Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik [ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

Hari ke-2 Festival Loksado, Tampilkan Masakan Khas Dayak Meratus

- Apahabar.com     Sabtu, 25 Juni 2022 - 22:13 WITA

Hari ke-2 Festival Loksado, Tampilkan Masakan Khas Dayak Meratus

Lomba mahumbal dalam Festival Loksado tahun 2022.Foto-untuk apahabar.com

apahabar.com, KANDANGAN – Mehumbal atau membakar nasi di dalam bambu, masakan khas Dayak Meratus menjadi salah satu yang ditampilkan pada hari ke-2 Festival Loksado tahun 2022 di Wisa Alam Roh Tujuh, Desa Loklahung Hulu Sungai Selatan (HSS), Sabtu (25/6).

Diawali acara fun trekking, festival mahumbal yang diikuti belasan peserta ini dibuka Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS Efran.

Masyarakat beserta pengunjung yang meramaikan Festival Loksado nampak antusias melihat langsung proses memasak tradisional Dayak Meratus Loksado.

Kepala Disporapar HSS Efran mengatakan festival mahumbal digelar untuk memperkenalkan budaya pengolahan makanan khas Loksado dengan lomba yang diikuti perwakilan desa ditambah pihak-pihak yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Peserta lomba terbagi dalam 14 tim. Satu tim terdiri dari lima orang.”Kita ingin bukan siapa yang menang, tetapi lebih melestarikan budaya sebagai salah satu daya tarik wisata di Kabupaten HSS,” kata Efran.

Sama dengan gelaran sebelumnya, tahun ini festival tersebut menampilkan atraksi budaya, fun trekking, pagelaran musik, mahumbal, dan puncaknya Festival Bamboo Rafting mengarungi Sungai Amandit Loksado.

“Event Festival Loksado ini mampu menarik minat para wisatawan, tidak hanyak lokal tetapi juga nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Mendukung dan meningkatkan sektor pariwisata, Disporapar HSS kedepannya akan terus mengembangkan rangkaian Festival Loksado yang merupakan salah satu Kharisma Event Nusantara Tahun 2022.

Event tersebut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan.

Salah seorang wisatawan, Iwansyah, mengatakan pihaknya sudah lama menunggu Festival Loksado lantaran sudah dua tahun event itu tidak digelar karena pandemi Covid-19.

“Festival mahumbal ini sangat bagus, kita bisa tahu cara mengolah makanan secara tradisional yang dilakukan masyarakat Loksado,” ujarnya.

Iwansyah menambahkan, event-event seperti Festival Loksado diharapkan bisa digelar dan daerah lain di Kalimantan Selatan (Kalsel) juga dapat melaksanakannya.

“Selain meningkatkan ekonomi masyarakat, kegiatan ini juga untuk mengenalkan budaya lokal kita kepada semua orang,” tandasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

mobil terbalik

Hot Borneo

Diduga Hindari Pengendara, Mobil Dobel Kabin Terjun ke Parit di Mahir Mahar Palangka Raya
Hewan Banjarmasin

Hot Borneo

Penyetopan Ternak dari Jatim Gegara PMK, Pengusaha Banjarmasin Harap Bersabar
Antrean Pertalite di SPBU Handil Bakti

Hot Borneo

Harga Baru Pertamax di Banjarmasin Berlaku, Warga Antre Pertalite

Hot Borneo

Geramnya Bang Dhin Masih Ada Perusahaan di Kalsel Bayar THR Tak Layak

Hot Borneo

Sidang Lanjutan UU Provinsi Kalsel Berlanjut 12 Juli
UMKM

Hot Borneo

Kerajinan UMKM Kalsel Rambah Pasar Internasional

Hot Borneo

Viral Jalan ‘Bubur’ Mekar Jaya Angsana, Ternyata Proyek Multiyears
Feri penyeberangan Kotabaru

Hot Borneo

Penuh, Sejumlah Penumpang Tak Kebagian Kursi Feri Penyeberangan Kotabaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com