Adik Maliki Jadi Saksi, Tegaskan Duit Fee Diminta Abdul Wahid Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif Kebakaran di Tabalong, Satu Ruko dan Rumah Hangus Dilalap Api

Hore… Gaji ke-13 PNS Dicairkan Mulai 1 Juli 2022

Kabar gembira untuk semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) aktif maupun pensiunan di Indonesia, terkait pembayaran gaji ke-13.
- Apahabar.com     Selasa, 21 Juni 2022 - 08:33 WITA

Hore… Gaji ke-13 PNS Dicairkan Mulai 1 Juli 2022

Kementerian Keuangan akan mulai membayarkan gaji ke-13 sejak Juli 2022. Foto: SindoNews

apahabar.com, JAKARTA – Kabar gembira untuk semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) aktif maupun pensiunan di Indonesia, terkait pembayaran gaji ke-13.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan pembayaran gaji ke-13 akan dilakukan mulai 1 Juli 2022.

“Mulai 1 Juli sudah bisa dicairkan sesuai ketentuan,” papar Direktur Pelaksanaan Anggaran DJPb Kemenkeu, Tri Budhianto, dikutip dari CNN, Selasa (21/6).

Kemenkeu menyiapkan anggaran sebesar Rp34 triliun untuk pembayaran gaji ke-13 PNS aktif dan pensiunan. Anggaran ini sama dengan yang digelontorkan untuk Tunjangan Hari Raya (THR) PNS.

Adapun anggaran THR 2022 ditetapkan sebesar Rp34,3 triliun. Dana itu disebar kepada PNS di kementerian/lembaga sebesar Rp10,3 triliun, PNS daerah Rp15 triliun dan pensiunan Rp9 triliun.

Pencairan gaji ke-13 sendiri akan dilakukan sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2022 yang diturunkan ke Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas.

Dalam PMK Nomor 5 disebutkan bahwa besaran gaji ke-13 sama dengan komponen penghasilan yang diterima Juni 2022. Juga ditetapkan bahwa abdi negara yang menerima THR dan gaji ke-13 termasuk calon PNS, PPPK, TNI/Polri.

Sementara gaji ke-13 edisi 2022 diberikan berdasarkan komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan, serta 50 persen tunjangan kinerja.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

gempa

News

Gempa M 7,3 Jepang, Wadubes RI: Belum Ada Laporan WNI Terdampak

News

Temui Ketum PBNU, Jaksa Agung Bicara Rumah Restoratif
Rusia

News

Rusia Tegaskan Tidak akan Tunduk Meski Disanksi Barat

News

Innalillahi, Ketua PBNU Periode 1999-2015 KH Abbas Muin Meninggal Dunia
cuaca kalsel

News

Waspada! Seluruh Wilayah Kalsel Potensi Diguyur Hujan Ringan-Petir
Feri Kotabaru

News

Siap-Siap, Feri Penyeberangan Batulicin-Kotabaru Bakal Terapkan E-Tiket
Ilustrasi kecelakaan. Foto-net

News

Detail Tabrakan Maut Perawat di Pelaihari, Petaka Gagal Mendahului

News

Mengenal Laksmi Suardana, Wanita Bali Pertama Penyandang Gelar Puteri Indonesia 2022
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com