Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

Isu Reshuffle 15 Juni Menguat, Siapa Terdepak?

Isu reshuffle 15 Juni mencuat. Sejumlah nama dikabarkan bakal terdepak.
- Apahabar.com     Selasa, 14 Juni 2022 - 20:20 WITA

Isu Reshuffle 15 Juni Menguat, Siapa Terdepak?

Hadi Tjahjanto ke istana negara di tengah menguatnya isu perombakan kabinet. Foto: Detik.com 

apahabar.com, JAKARTA – Isu perombakan kabinet atau reshuffle kembali menguat di lingkar istana.

Sejumlah menteri aktif maupun mantan pejabat negara hilir-mudik di istana kepresidenan, Selasa (14/6) sore. Siapa saja mereka?

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merapat ke istana sore tadi. Namun belum diketahui ada agenda apa Prabowo menemui Jokowi.

Prabowo terlihat keluar dari istana dan masuk ke mobil untuk meninggalkan istana Selasa (14/6), pukul 16.30 WIB. Ia terlihat menggunakan kemeja dan peci hitam saat keluar dari Istana.

Setelah Prabowo, giliran mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto merapat ke Istana Kepresidenan. Kedatangan Hadi ini menjadi menarik ketika isu reshuffle kabinet 15 Juni besok berembus.

Meminjam pantauan detikcom, Hadi tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/6), pukul 17.30 WIB. Hadi mengaku dipanggil untuk datang ke Istana.

“Saya hanya dipanggil, enggak tahu apa,” kata Hadi.

Saat ditanya siap atau tidaknya menjadi menteri, Hadi mengaku belum berpikir ke sana. Dia juga mengatakan tak ada persiapan apa-apa.

“Belum berpikir ke arah sana ‘lah ya,” ujar Hadi.

apahabar.com

Syahrul Yasin Limpo ketika berkunjung ke Kabupaten Kapuas. Namanya santer dikabarkan media massa nasional menjadi korban reshuffle 15 Juni. Dok.apahabar.com

Syahrul Yasin Limpo angkat bicara mengenai beredarnya isu reshuffle esok. Sekalipun menyeret namanya, ia tampak tak ambil pusing.

“Aku enggak tahu tuh. Aku kerja aja. Aku mulai dari bawah kerjanya, kerja aja, semampu-mampu dan sekuat-kuatnya,” kata Syahrul kepada wartawan, Selasa (14/6).

Nama Syahrul kerap disebut-sebut sejumlah pengamat bahkan kelompok relawan pendukung Presiden Jokowi dalam jajaran menteri yang layak digantikan.

Pada 2021, BPS mencatat luas panen padi mencapai 10,41 juta hektare, turun sebanyak 245,47 ribu hektare atau 2,30 persen dibanding 10,66 juta hektare setahun sebelumnya.

Produksi padi tahun 2021 mencapai 54,42 juta ton gabah kering giling (GKG), turun sebanyak 233,91 ribu ton atau 0,43 persen dibandingkan 54,65 juta GKG pada 2020.

Syahrul juga mengaku tidak pernah mendapat pemanggilan khusus dari Presiden Jokowi untuk membicarakan wacana perombakan kabinet.

“Enggak tadi rapat aja. Rapat dan salah satunya aku diminta untuk mempersiapkan beras cukup. Ya sekali-kali kita ekspor, aku lagi persiapkan itu,” katanya

Kata Istana

Apa kata istana soal kabar perombakan kabinet atau reshuffle 15 Juni?

Tak ada bantahan dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden,” kata Pramono kepada wartawan di kompleks Istana Merdeka, Selasa (14/6).

Meski tak menyatakan lugas mengenai reshuffle, Pratikno berjanji akan memberi bocorannya jika benar bakal ada reshuffle dalam waktu dekat.

“Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit,” kata Pratikno di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6).

Sementara Presiden Jokowi angkat bicara soal reshuffle. “Mmm… belum,” kata Jokowi sembari tersenyum setelah menghadiri peresmian Masjid At-Taufiq di Jakarta Selatan, Rabu (8/6) dilansir Detik.com.

Desas-Desus PAN
apahabar.com

Presiden Joko Widodo bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju saat foto bersama di pelataran Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (23/10). Foto-Antara

Pramono juga merespons kabar PAN masuk kabinet. Sekali lagi dia menyerahkannya kepada Presiden.

Diketahui sejak bergabung menjadi partai politik pendukung pemerintah, PAN belum pernah mendapatkan jatah menteri.

Menariknya, Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo mengaku kerap mendapat bocoran dari istana.

“Spekulasi sekarang ini bahkan menyebut akan ada nama besar yang diberhentikan dari kabinet, yang mungkin akan memicu efek domino politik nasional,” kata Dradjad, seperti dilansir CNBC, Selasa (14/6).

Dradjad sendiri tak membantah muncul rumor PAN akan masuk dalam kabinet.

PAN dikabarkan akan mendapat dua kursi. Yakni satu kursi menteri dan satu kursi wakil menteri di kabinet. Nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pun masuk dalam bursa calon menteri.

Bongkar Pasang Kabinet

Direktur Eksekutif Poligov Muhammad Tri Andika mengatakan reshuffle kabinet tinggal menunggu waktu. Berkaca dari periode pertama, Jokowi melakukan reshuffle kabinet lebih dari lima kali.

“Hampir setiap tahun ada reshuffle. Di periode kedua, tahun 2022 ini juga pasti ada reshuffle. Tinggal waktu saja. Apalagi, dari dalam istana sudah mulai bicara isu reshuffle. Jadi, sepertinya tinggal menunggu waktu,” ujar Tri dilansir CNBC Indonesia, Selasa (14/6).

Menurut dia, ada dua hal yang hendak diatasi Jokowi melalui reshuffle kabinet kali ini.

“Pertama membenahi kinerja menteri yang buruk. Terutama kalau kita lihat kasus minyak goreng dan sawit yang sampai membuat presiden babak belur dan masyarakat kecewa,” kata Tri Andika.

Kedua, reshuffle kabinet dilakukan untuk menertibkan menteri-menteri dari parpol yang sudah sibuk pencitraan. “Tidak konsentrasi pada kinerja kementeriannya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, menurut Tri Andika, terdapat dua menteri yang diganti. Yaitu menteri perdagangan lantaran permasalahan minyak goreng dan menteri perhubungan karena alasan kesehatan.

10 Kursi Wamen Kosong

Beberapa posisi wakil menteri sudah terisi, namun ada 10 yang hingga kini masih tak berpenghuni.

Sejak tahun lalu, Presiden Jokowi diketahui kerap menerbitkan peraturan presiden yang isinya mengatur posisi wamen.

1. Wakil Menteri Sosial
2. Wakil Menteri ESDM
3. Wakil Menteri Investasi
4. Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas
5. Wakil MenPAN-RB
6. Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
7. Wakil Menteri Koperasi dan UKM
8. Wakil Menteri Perindustrian
9. Wakil Menteri Ketenagakerjaan
10. Wakil Menteri Dalam Negeri

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Diblokade Eropa, Rusia Boikot 36 Maskapai Asing
Banjir

News

Korban Banjir Panik, Satu Buaya Berkeliaran di Halaman Rumah Sakit Sangatta
Utang Amerika Serikat

News

Gara-gara Covid-19, Utang AS Tembus Rp429 Ribu T

News

Ada Rumah Mencurigakan, Digerebek, Eh Pengedar Sabu Balikpapan
PLTN Ukraina

News

Ukraina Sebut Rusia Kuasai Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia
Pemekaran

News

Mahasiswa Papua di Banjarmasin Dukung Pemekaran, Begini Penjelasannya

News

Sudah Turun Harga, Lelang Aset Sitaan Kasus BLBI Tommy Soeharto Tetap Tak Laku

News

Dipicu Masalah Jantung, Seorang Lagi Calon Haji Indonesia Meninggal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com