Kejati Telaah Permintaan PUPR Kalsel Kawal 40 Proyek Strategis Pilih Ketua, IDI Kalsel Siap Gelar Muswil 2022 di Kotabaru Sengketa Alabio: Pemkab Melawan, Pedagang Mengadu ke PTUN hingga KASN! Skandal Korupsi Hewan Balangan: Genap 100 Saksi Diperiksa Geger Jasad Pria Tertelungkup di Pantai Melawai Balikpapan

Jadi yang Pertama Tiba di Saudi, Jemaah Haji RI Disambut Lantunan Selawat dan Bunga

- Apahabar.com     Sabtu, 4 Juni 2022 - 20:12 WITA

Jadi yang Pertama Tiba di Saudi, Jemaah Haji RI Disambut Lantunan Selawat dan Bunga

Jemaah haji Kloter 1 dari Embarkasi Solo (SOC) tiba di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi pada Sabtu (4/6). Foto-Istimewa.

apahabar.com, MADINAH – Jemaah haji Kloter 1 dari Embarkasi Solo (SOC) tiba di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi pada Sabtu (4/6) pukul 08.58 WAS. Jemaah tersebut menjadi jemaah haji pertama di dunia yang tiba di Arab Saudi tahun ini.

“Mungkin secara resmi seluruh dunia karena kegiatan haji sendiri secara resmi baru dimulai sekarang. Kalau ada jemaah dari negara lain yang datang mungkin itu bukan yang secara resmi diorganisasikan seperti jemaah kita sekarang,” ujar Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, Sabtu (4/6).

Abdul Aziz pun berharap jemaah asal Indonesia bisa melakukan ibadah dengan baik selama di Tanah Suci. “Kita harapkan mereka menjadi haji yang mabrur,” jelas dia.

Pada Sabtu ini, tujuh kloter yang berasal dari lima Embarkasi yakni Embarkasi Solo, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Padang, Surabaya dijadwalkan tiba di Madinah. Mereka berjumlah sebanyak 2.776 orang. Untuk musim haji tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota 100.051 orang beserta 1.905 petugas.

Deputi Menteri Haji untuk Kerajaan Arab Saudi Abduraahman Al Bejawi mengungkapkan, pihaknya sudah terbiasa dan profesional dalam menangani jemaah haji. Terlebih, ujar dia, jemaah haji yang datang tidak sebanyak sebelum adanya pandemi.

“Kita akan berusaha insya Allah haji tahun ini menjadi haji yang sukses,” ujar dia.

Kedatangan jemaah haji yang pertama ini disambut lantunan selawat badar dan bunga selamat datang.

Meski lelah karena menempuh perjalanan sekitar sembilan jam, para jemaah haji dari Embarkasi SOC (Solo), Jawa Tengah, tersebut tampak sumringah.

Setelah menerima ucapan selamat datang, para jemaah diarahkan ke Paviliun Bandara AMMA untuk beristirahat sejenak. Mereka selanjutnya akan diantar ke pemondokan masing-masing di Madinah dengan bus yang disiapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Setibanya di Madinah, mereka akan istirahat dan melakukan ibadah sholat Arbain (40 waktu) di Masjid Nabawi.

Salah satu jemaah dari Desa Sirahan, Pati, Jawa Tengah, Mukaromah mengaku bahagia akhirnya bisa tiba di Tanah Suci. Mukaromah mengaku sudah menunggu sebelas tahun untuk berangkat haji. Dia mendapatkan pemberitahuan dari Kementerian Agama setempat untuk berangkat tahun ini pada April 2022.

“Sebulan mendadak juga tapi seneng,” jelas dia.

Menurut Mukaromah, banyak jamaah lain di daerahnya yang batal berangkat akibat dampak dari pembatasan usia 65 tahun yang diberlakukan Arab Saudi. Salah satunya, ujar Mukaromah, adalah kakak iparnya yang sudah berusia 67 tahun.

Jamaah lainnya asal Tlogowungu, Pati, Jawa Tengah, Sudar (62 tahun) juga mengaku bahagia karena akhirnya bisa pergi berhaji. Lelaki yang berprofesi sebagai petani ketela dan tebu itu sudah 12 tahun menunggu untuk berhaji.

“Petani di daerah saya sudah banyak yang berhaji,”jelas dia.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Kebohongan Bukan Ciri Muslim Sejati
apahabar.com

Religi

Usai Puasa Ramadan, Warga Lombok Lanjutkan Tradisi Puasa Syawal
biaya umrah

Religi

Ketua Komnas Haji dan Umrah: Biaya Umrah Sulit Turun
apahabar.com

Religi

Meme ‘Klepon Tak Islami’ Viral, MUI: Usut Pengunggahnya
apahabar.com

Religi

Jemaah Mulai Padati Musholla Arraudah Menjelang Kedatangan Ustaz Somad
apahabar.com

Religi

Di Sini Rasulullah Salat Idul Fitri
apahabar.com

Religi

Jangan Salah Maknai Minal Aidin Wal Faizin, Begini Ucapan yang Benar
apahabar.com

Religi

Salat Jumat Ditiadakan, Masjid di Martapura Ini Masih Menggelar ‘Diam-diam’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com