Kejati Telaah Permintaan PUPR Kalsel Kawal 40 Proyek Strategis Pilih Ketua, IDI Kalsel Siap Gelar Muswil 2022 di Kotabaru Sengketa Alabio: Pemkab Melawan, Pedagang Mengadu ke PTUN hingga KASN! Skandal Korupsi Hewan Balangan: Genap 100 Saksi Diperiksa Geger Jasad Pria Tertelungkup di Pantai Melawai Balikpapan

Jadwal Lengkap Keberangkatan dan Kepulangan Jamaah Haji Indonesia 2022

Wajib tahu jadwal lengkap keberangkatan dan
- Apahabar.com     Jumat, 3 Juni 2022 - 10:29 WITA

Jadwal Lengkap Keberangkatan dan Kepulangan Jamaah Haji Indonesia 2022

Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Jamaah Haji RI. Foto-Reuters

apahabar.com, JAKARTA – Wajib tahu jadwal lengkap keberangkatan dan kepulangan jamaah haji Indonesia 2022.

Kloter pertama jamaah haji akan berangkat ke tanah suci pada 4 Juni 2022. Sebelum berangkat, akan masuk ke asrama haji pada 3 Juni 2022.

Tercatat, tahun ini kuota haji Indonesia berjumlah 100.051. Jumlah ini terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab mengatakan, sebanyak lima embarkasi akan menjadi kloter pertama dalam pemberangkatan jamaah haji 1443H/2022M pada 4 Juni 2022.

“Insya Allah kloter pertama akan terbang pada tanggal 4 Juni 2022, yaitu ada lima penerbangan di lima embarkasi yaitu Solo, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Surabaya, dan Padang,” kata Saiful, kutip Okezone.

Saiful menyampaikan, Embarkasi Solo (SOC) akan menjadi pemberangkatan pertama menuju Arab Saudi pukul 00.30 WIB. Selanjutnya, Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) pukul 06.45 WIB dan Jakarta-Bekasi (JKS) pukul 07.25 WIB.

Kemudian pihaknya juga akan memberangkatkan jamaah dari Embarkasi Surabaya (Sub) pukul 08.30 WIB dan terakhir Embarkasi Padang pada pukul 12.55 WIB.

Saiful mengatakan, pemberangkatan haji gelombang pertama itu akan berakhir pada 18 Juni 2022. Sebelumnya jamaah akan memasuki asrama haji di embarkasi masing-masing pada 4 Dzulqaidah 1443 atau 03 Juni 2022.

Untuk proses clearance dari imigrasi, kata Saiful tetap menggunakan kebijakan lama yakni berlangsung di asrama haji sebelum jamaah haji berangkat ke bandara. Dengan demikian, ratusan jamaah yang berangkat tidak perlu lagi untuk melakukan pengecekan di masing-masing bandara sesuai embarkasi.

“Jadi di asrama haji nanti koper mereka diperiksa, ditimbang, dipisahkan dan langsung diberikan saat di hotel Mekkah atau Madinah. Saat jamaah mau keluar asrama haji, mereka telah clearance dari imigrasi dan tinggal naik bis ke pesawat,” ujarnya.
Namun menurutnya, hal itu tidak berlaku bagi jamaah yang berangkat lewat bandara Soekarno Hatta. Mereka kata Saiful, tetap menjalani pemeriksaan oleh otoritas Arab Saudi.

Sehingga jemaah ketika tiba di Madinah atau Makkah tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan oleh imigrasi setempat. Hal ini menurutnya adalah bagian dari program fast track guna memudahkan jamaah dan langsung naik bis menuju pemondokan.

“Insya Allah persiapan sudah clear tinggal menunggu proses yang lain, seperti proses request visa untuk para jamaah karena visa haji belum dibuka,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kemenag RI menerbitkan jadwal rencana perjalanan haji 1443H/2022M di mana kloter pertama dimulai 4 Juni 2022 dan gelombang pertama itu berlangsung hingga 18 Juni 2022. Kemudian awal pemberangkatan jamaah haji gelombang kedua dimulai pada 19 Juni dan berakhir pada 3 Juli 2022.

Lalu untuk proses pemulangan jamaah haji 1443H/2022M dilakukan secara bertahap. Pemulangan pertama dilakukan mulai 15-29 Juli 2022 melalui Bandara KAIA Jeddah menuju tanah air. Sementara untuk gelombang kedua dimulai pada 30 Juli – 13 Agustus 2022 melalui Bandara AMMA Madinah.

klik di sini

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

SNMPTN Banjarmasin

Hot Borneo

Cerita Gadis IKN Nusantara Lulus Seleksi ULM Banjarmasin: Terinspirasi Pandemi

News

Prabowo Kunjungi Ulama saat Lebaran: Halalbihalal dengan Sahabat Lama
Eril

News

Jenazah Eril Tiba di Indonesia Sore Ini, Dimakamkan Besok
Gamawan

News

Korupsi KTP-el: KPK Panggil Lagi Eks Mendagri Gamawan Fauzi
Tenggelam

News

Remaja Tenggelam di Pantai Balikpapan Ditemukan Tewas

News

Jangan Anggap Sepele, Berikut Penyebab Handphone Meledak
Ustaz Yusuf Mansur

News

Respons Santai Yusuf Mansur Soal Tuduhan Tipu-tipu Investasi Batu Bara
Syarat Naik Pesawat

News

Mudik Naik Pesawat, Kereta dan Bus Wajib Isi e-Hac
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com