Aksi Ciamik Pereli Kalsel di Kejurnas Danau Toba Rally 2022, Rifat Sungkar Tercecer IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk Liburland Festival di Banjarbaru, Isyana Sarasvati Pikat Ribuan Pengunjung Breaking! Toko Pecah Belah di Palangka Raya Terbakar Aksi Dugaan Perampasan, 3 Polisi Kalsel Berhadapan dengan Propam
agustus

Jelang Iduladha, Pemkab Balangan Sidak Pasar Batumandi

Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 hijriah, Pemkab Balangan, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM setempat melaksanakan...
- Apahabar.com     Rabu, 29 Juni 2022 - 10:24 WITA

Jelang Iduladha, Pemkab Balangan Sidak Pasar Batumandi

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, Kabupaten Balangan sidak Pasar Batumandi, Selasa (28/6). Foto-Diperindag for apahabar.com

apahabar.com, PARINGIN – Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 hijriah, Pemkab Balangan, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM setempat melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) harga di Pasar Batumandi.

“Kegiatan sidak pasar yang kami lakukan hari ini yaitu untuk memantau harga kemudian ketersediaan bahan pangan pokok yang ada di pasar tradisional, kegiatan ini juga akan kami lakukan ke pasar-pasar tradisional lainnya yang ada di Balangan,” kata Asbit, Penjamin Mutu Produk dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Balangan, Selasa (28/6).

Menurut Asbit, bahan pokok yang mencakup 16 pangan pokok tersedia dan cukup. Ketersediaan minyak goreng kemasan dan curah di pasar tradisional juga cukup.

Asibit bilang, dari hasil sidak yang dilakukan pihaknya ditemukan ada bahan pangan pokok yang mengalami kenaikan harga. Salah satunya cabai merah yang harga normal biasanya Rp40 ribu, saat menjelang Iduladha naik menjadi Rp60 ribu.

Kemudian, untuk cabai merah dari harga Rp60 ribu naik menjadi Rp70 ribu. Sedangkan ayam potong dari harga Rp28 ribu naik Rp30 ribu per kilogramnya.

“Kalau untuk cabai, memang ada beberapa faktor yang mengakibatkan harganya menjadi melambung tinggi, salah satunya faktor cuaca dan penyakit tanaman. Sedangkan untuk beberapa barang pangan pokok yang lainnya mengalami kenaikan tetapi tidak signifikan hanya naik antara Rp2 ribu sampai Rp3 ribu yaitu seperti telur dan minyak curah,” ujarnya.

Sementara salah satu pedagang, Misdi mengungkapkan kenaikan harga paling signifikan terjadi di sejumlah jenis cabai.

Cabai rawit semula pada kisaran harga Rp100 ribu naik menjadi Rp130-150 ribu per kilogramnya, cabai keriting awalnya Rp50 ribu naik menjadi Rp90 ribu per kilogramnya dan cabai tiung dari Rp60 ribu naik Rp100 ribu per kilogramnya.

“Tentunya kami sangat mengeluhkan keadaan ini, karena para pembeli berkurang dari sebelumnya. Ini saja kami menjual dengan keuntungan yang tipis,” ungkapnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Ansharuddin Cek Kesiapan Ruang Isolasi Pasien Covid-19
Antisipasi Covid-19, Bupati Balangan Larang Pejabat Lakukan Perjalanan Dinas

Pemkab Balangan

Antisipasi Covid-19, Bupati Balangan Larang Pejabat Lakukan Perjalanan Dinas
apahabar.com

Pemkab Balangan

Rapat Paripurna, Bupati Balangan Sampaikan Nota Rancangan Perubahan APBD 2020
apahabar.com

Pemkab Balangan

Sambut 2020, Bupati Balangan Punya Banyak Target Pembangunan

Pemkab Balangan

Kabupaten Balangan Sabet Penghargaan ProKlim 2021 dari Kemen LHK RI
apahabar.com

Pemkab Balangan

Ketua DPRD Apresiasi Langkah Cepat Pemkab Balangan Salurkan Bantuan Sosial
apahabar.com

Pemkab Balangan

BPBD Balangan Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Pulau Sebuku
apahabar.com

Pemkab Balangan

Mahasiswa Balangan dari China Dipastikan Sehat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com