[ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol

Meski ada beberapa yang mengidap penyakit bawaan, namun sampai saat ini para jemaah haji Kalsel dikonfirmasi masih aman jelang wukuf.
- Apahabar.com     Minggu, 26 Juni 2022 - 14:13 WITA

Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol

ilustrasi jemaah haji saat wukuf di Arafah dengan protokol kesehatan. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Kesehatan jemaah haji asal Kalimantan Selatan yang sudah tiba di Arab Saudi masih terus dikontrol.

Meski ada beberapa yang mengidap penyakit bawaan, namun sampai saat ini para jemaah dikonfirmasi masih aman.

“Sejauh ini belum ada yang mengarah pada kegawatdaruratan yang harus dirawat di KUHI,” laporan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter I Kalsel, dr Facriza Effendi Enhary dari Arab Saudi, Minggu (26/6).

Sampai ini, lanjut Facriza, juga belum ada jemaah yang masuk daftar Safari Wukuf –salah satu istilah yang muncul saat puncak haji.

Ini merupakan kegiatan yang termasuk dalam wukuf dan diperuntukkan bagi jemaah haji yang uzur. “Mudah-mudahan nanti wukuf di Arafah sehat semua,” ujarnya.

Di sisi lain, dia terus mengingatkan jemaah untuk selalu menjaga kesehatan. Bawa alat pelindung diri seperti kacamata hitam, masker serta payung bila ke tempat terbuka.

Sebab, kondisi cuaca di Tanah Suci kini masih dalam keadaan terik-teriknya.

Tiba di Makkah

Sebanyak 1.800 calon haji Embarkasi Banjarmasin, sudah berada di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi menunggu puncak ibadah haji ke Arafah, kemarin.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Rusbandi di Banjarmasin, mereka tergabung pada 5 kelompok terbang (kloter).

Menurut dia, 5 kloter Embarkasi Banjarmasin yang sudah berada di Mekkah menjelang puncak haji 1443 Hijriah dijadwalkan pada 9 Juni 2022 tersebut dari kloter 1, 2, 3, 6 dan 7.

“Kloter yang baru datang ke Mekkah adalah kloter 3, hari ini (Sabtu, kemarin) baru sampai dari informasi petugas kita di sana,” ujar Rusbandi.

Adapun kloter 6 dan 7 lebih dulu berada di Mekkah. Karena mereka masuk keberangkatan haji gelombang kedua, yakni dari Embarkasi Banjarmasin melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin ke Jeddah, Arab Saudi.

“Jadi kloter 1, 2, 3, 4 dan 5 masuk keberangkatan haji gelombang pertama, langsung ke Madinah, sedangkan kloter 6 dan 7 langsung ke Jeddah atau Mekkah,” terangnya.

Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 7 kloter pada musim haji 2022 ini dengan rincian 4 kloter penuh dari Kalsel dan 2 kloter penuh dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dan 1 kloter gabungan JCH Kalsel dan Kalteng.

Jumlah kuota haji Provinsi Kalsel pada tahun 2022 ini sebanyak 1.743 orang dan Provinsi Kalteng sebanyak 739. Satu Kloter sebanyak 360 orang JCH. Sejauh ini, ada 2 calhaj Embarkasi Banjarmasin yang sudah meninggal dunia.

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Produksi Ekstasi Rumahan di Banjarmasin Dibongkar, Pelaku Belajar Via Video Call
PDAM Bandarmasih

Hot Borneo

Ibnu Sina Ungkit OTT KPK, Mantan Direktur PDAM Bandarmasih Bereaksi
Alfamart Ambruk

Hot Borneo

Pilu Alfamart Ambruk di Gambut: Korban Sempat VC Anak Sebelum Terjebak
Kekayaan Alam Kalsel

Hot Borneo

Paman Birin Pamer Kekayaan Alam Kalsel ke Pengusaha Mesir

Hot Borneo

Korupsi iPad Jilid II, Kejari Banjarbaru Tetapkan Tersangka Baru
Minyak Goreng langka

Hot Borneo

Penerapan Belum Merata, Migor Satu Harga Langka di Banjarbaru

Hot Borneo

Ssttt Bakal Ada Tersangka Baru Korupsi Hewan Ternak Balangan

Hot Borneo

Pemuda di Kertak Hanyar Banjar Ditemukan Bunuh Diri, Motifnya Masih Tanda Tanya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com