Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan Tindaklanjuti Instruksi Kapolri, Polda Kalsel Siap Copot Anggota Tersandung Pidana Dari Rekaman CCTV Menunjukkan Putri Candrawathi Ada di Lokasi Pembunuhan
agustus

Jokowi ke Eropa, Ma’ruf Amin Jadi Plt Presiden hingga 2 Juli

- Apahabar.com     Selasa, 28 Juni 2022 - 11:02 WITA

Jokowi ke Eropa, Ma’ruf Amin Jadi Plt Presiden hingga 2 Juli

Presiden Jokowi saat memimpin ratas kabinet didampingi Wapres Ma'ruf. Foto-Rengga Sancaya/detikcom

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa hari lalu berangkat ke Eropa dalam rangka kunjungan kerja ke berbagai negara, di antaranya Rusia dan Ukraina.

Selama Jokowi di luar negeri, tugas sehari-hari Presiden RI dikerjakan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Penugasan Ma’ruf Amin sebagai pelaksana tugas (Plt) Presiden RI ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

Dalam Keppres Nomor 2 Tahun 2022 itu disebutkan bahwa Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja atau kunjungan kenegaraan ke 5 negara. Jokowi akan melakukan kunjungan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia dan Uni Emirat Arab.

Presiden Jokowi bertolak ke Eropa dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (26/6/2022). Tertuang dalam Keppres 2/2022, kunjungan Presiden Jokowi ke Eropa dilakukan hingga 2 Juli ini.

Berdasarkan Keppres 2/2022, Wapres Ma’ruf Amin ditugaskan menjadi Plt Presiden RI sejak keberangkatan Jokowi hingga 2 Juli atau sampai Presiden Jokowi tiba kembali di Indonesia.

“Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab pada tanggal 26 Juni sampai dengan 2 Juli 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air,” demikian bunyi diktum Kesatu Keppres 2/2022, kutip detikcom, Selasa (28/6).

Seperti diketahui, Rangkaian kunjungan ini akan diawali menuju Jerman untuk menghadiri KTT G7. Di Jerman, Jokowi membawa misi perdamaian Ukraina dan Rusia.

“Yang pertama akan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7, di mana kita di sini adalah sebagai partner country dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri KTT G7 ini sebagai ketua presidensi G20,” kata Jokowi yang disiarkan oleh akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (26/6/2022).

Jokowi akan mengajak para pemimpin G7 untuk mendorong perdamaian di Ukraina. Selain itu, Jokowi menyerukan para pemimpin G7 untuk mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan energi.

“Di sini akan kita mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi, yang sedang melanda dunia,” ujar Jokowi.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

MTQ Nasional XV di Balangan, Panggung Utama Depan Masjid Al-Akbar

News

Balita Kukar Dirudapaksa Paman, Ternyata Residivis Pedofil

News

Mengintip Pembaruan All New Audi Q7, Tenaganya Makin Gahar
Sapi Kurban

News

Ancam Penerbangan, Polisi Tembak Mati Sapi Kurban Ngamuk di Soetta
Razia Vaksin Kotabaru

News

Razia Minggu Sore di Pantai Gedambaan Kotabaru, Puluhan Pengunjung Vaksin di Tempat!

News

Cuaca Hari Ini, Kalsel Berpotensi Hujan Lagi
Webometrics

News

Nih! 10 Kampus Terbaik di Luar Jawa Versi Webometrics 2022, Ada Tetangga ULM
Alfamart

News

Resmi! Hotman Paris Ditunjuk Bos Alfamart Sebagai Kuasa Hukum Kasus UU ITE
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com