Kandas di Piala Presiden, Barito Putera Langsung Fokus ke Liga 1 Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu…

Liga Santri Zona Kaltim Dibuka, Ajang Mencari Bibit Unggul Pesepakbola Tanah Air

Liga Santri Nasional untuk Zona Kaltim akhirnya resmi dibuka di Stadion Batakan, Balikpapan pada Senin (20/6). Turnamen
- Apahabar.com     Senin, 20 Juni 2022 - 19:45 WITA

Liga Santri Zona Kaltim Dibuka, Ajang Mencari Bibit Unggul Pesepakbola Tanah Air

Liga Santri Nasional Zona Kaltim resmi dibuka di Stadion Batakan, Balikpapan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Liga Santri Nasional untuk Zona Kaltim akhirnya resmi dibuka di Stadion Batakan, Balikpapan pada Senin (20/6). Turnamen ini memperebutkan Piala Kasad digelar serentak se-Indonesia dan dipusatkan di Jombang.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso melalui Kaposahli Kodam VI Mulawarman Brigjen TNI Ivancius Siagian mengatakan bahwa Kota Balikpapan menjadi kota terpilih sebagai tuan rumah dalam menggelar Liga Santri Nasional tahun 2022. Di satu sisi lantaran Kota Balikpapan merupakan bagian dari wilayah Kodam VI Mulawarman.

“Liga santri di Kaltim diikuti 63 klub dan akan berlangsung untuk level provinsi sampai antara Agustus dan September. Kemudian tingkat pusatnya akan dilaksanakan bersamaan dengan ulang tahun santri tanggal 22 Oktober di Jakarta,” ujarnya.

Ia mengatakan tujuan diselenggarakannya Liga Santri Nasional ini merupakan bentuk komitmen terhadap perkembangan olahraga sepakbola. Dipilihnya olahraga sepakbola lantaran merupakan olahraga paling dicintai di Indonesia serta dapat mengharumkan nama bangsa.

“Mengapa sepakbola, karena olahraga ini sangat populer untuk bangsa kita, dan olahraga yang berpotensi mengharumkan nama bangsa. Kemudian yang kedua untuk mencari bibit unggul di pesantren-pesantren, anak anak santri untuk bisa mengharumkan nama bangsa di sepakbola. Dan yang terakhir adalah untuk mewujudkan atau memelihara dan kemanunggalan TNI dan rakyat,” ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud mendukung penuh kegiatan Liga Santri Nasional di Balikpapan. Sebab ajang tersebut untuk mempererat tali silaturahmi antar pondok pesantren maupun santri di Kaltim.

“Kita mengapresiasi kegiatan liga santri disamping ini juga ajang silaturahmi terhadap santri juga dan nanti pemenangnya ke tingkat provinsi dan nasional juga. Ini juga mencari bibit-bibit pemain sepakbola yang tentunya lahir dari ponpes untuk mengharumkan nama bangsa. Mudahan ini berkelanjutan terus,” tuturnya.

Rahmad berharap dalam ajang Liga Santri Nasional ini juga sebagai bentuk persaudaraan sebagai anak bangsa dibawah naungan Negara Republik Indonesia.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jukir Palangka Raya

Hot Borneo

Duh, Jukir Palangka Raya Tewas Bersimbah Darah dalam Barak
Komplek makam Belanda di Sebelimbingan, Pulau Laut, Kotabaru, menjadi bukti adanya penjajahan. Namun sayangnya bukti sejarah itu tak terawat. Foto-apahabar.com/Istimewa

Hot Borneo

Menelusuri Kompleks Makam Belanda di Pulau Laut Kotabaru; Bukti Sejarah yang Tak Terawat
Hacker Amuntai

Hot Borneo

Segera Disidangkan, Hacker Amuntai Menolak Didampingi Penasihat Hukum

Hot Borneo

Jelang Idulfitri 1443 Hijriah, Jalan Marabahan-Margasari Dijamin Tanpa Hambatan
Pekerja Buruh Banua

Hot Borneo

Hari Ini, DPRD Kalsel dan BPJS Ketenagakerjaan Digeruduk Buruh
Cantrang

Hot Borneo

Sikap Pemprov Kalsel Pascapembakaran Kapal Cantrang Jateng di Tala

Hot Borneo

Menteri Sandi ke Kubah Basirih: Wisatawan Jangan Hanya “Rohali”

Hot Borneo

Over Kapasitas, Puluhan Warga Binaan Lapas Banjarmasin Dipindah ke Karang Intan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com