Berkedok Guru Spiritual, Pria Batola Cabuli Empat Jemaah, Satu dari Tapin! Dukung Industri Otomotif, SKF Siapkan Komponen Kendaraan Hybrid dan Listrik Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru
agustus

Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST

- Apahabar.com     Minggu, 26 Juni 2022 - 18:47 WITA

Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST

Taman bunga hasil "penyulapan" objek wisata Batu Benawa dari sebelumnya padang ilalang oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan. Foto: Antara

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bertekad mengembalikan kejayaan masa lalu objek wisata Batu Benawa.

Batu Benawa yang berasal dari dongeng Raden Pengantin itu merupakan objek wisata primadona di daerah hulu sungai atau Banua Lima (kini Banua Anam) hingga tahun 1980-an.

Daerah hulu sungai Kalsel sebelumnya bernama Banua Lima meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Tabalong. Kemudian menjadi Banua Enam setelah pemekaran HSU dengan terbentuknya Kabupaten Balangan April 2003.

Bahkan kesohoran Batu Benawa tak cuma terdengar di daerah hulu sungai Kalsel, melainkan sampai Banjarmasin mengingat banyaknya kunjungan.

Pengunjung dari luar daerah seperti Banjarmasin dan Pelaihari ada yang berkemah buat menikmati semilir kesejukan udara Benawa.

Selain itu, mendengarkan merdu gemercik air kali Benawa yang melewati riam atau bebatuan.

Keberadaan objek wisata Batu Benawa yang berada di pinggiran Pegunungan Meratus turut membantu ekonomi kerakyatan, karena warga setempat banyak bisa berjualan.

Wakil Bupati HST Mansyah Saberi mengatakan inovasi menjadi kunci. Padang ilalang objek wisata Pagat akan disulap menjadi taman bunga.

“Kami akan mengubah kawasan gersang atau padang ilalang menjadi tempat rekreasi yang lebih menarik,” ujar Mansyah, Minggu (26/6) dilansir Antara.

Selain membuat taman bunga, kawasan objek wisata Batu Benawa-Pagat yang berjarak sekitar sembilan kilometer dari Barabai itu akan dihijaukan oleh Pemkab.

“Dengan menghijaukan kembali dengan pepohonan kita harapkan kawasan objek wisata Batu Benawa menjadi rindang, juga sejuk dan dingin,” ujarnya.

Mengembalikan kejayaan objek wisata Batu Benawa, salah satunya dengan menjadikannya sebagai salah satu sumber pendapatan warga sekitar.

“Kemudian itu bisa menjadi salah satu sumber pendapatan daerah melalui pengelolaan objek wisata Batu Benawa yang lebih baik dan artistik,” ujar Mansyah Saberi.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Brigadir J

News

Doakan Eril, Mahfud Harap Ridwan Kamil Tabah dalam Duka dan Kecemasan
CEO Tesla

News

Usai Bertemu Presiden Jokowi, Elon Musk Berencana ke Indonesia pada November 2022

News

Sambut Indonesia Emas 2045, Kementerian Keuangan Gelar Festival untuk Generasi Muda
PPKM Kalsel

News

Daerah PPKM Level 3 dan 4 Meningkat, Nasib Kalsel?

News

Kompolnas: Autopsi Ulang Jasad Brigadir J Segera Dilaksanakan
Honorer

News

Tak Ada Lagi Tenaga Honorer di Pemerintahan pada 2023
Covid-19 di Banjarmasin

News

Update Covid-19 RI 28 Februari, Kalsel Sumbang Ratusan Kasus
Ulin teweh

News

Gara-Gara Ulin, 3 Warga Tapin Meringkuk di Teweh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com