Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

Pakai Foto Orang Lain, Pemfitnah Gubernur Jabar Minta Maaf di Polresta Balikpapan

- Apahabar.com     Senin, 6 Juni 2022 - 22:09 WITA

Pakai Foto Orang Lain, Pemfitnah Gubernur Jabar Minta Maaf di Polresta Balikpapan

Pelaku RK memberikan keterangan dan permintaan maaf di Polresta Balikpapan, setelah mencatut foto orang lain dan memfitnah Ridwan Kamil. Foto: Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Seorang pria di Balikpapan harus berurusan dengan polisi, setelah memakai foto orang lain untuk memfitnah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di media sosial.

Pria berinisial RK tersebut menggunakan foto orang lain bernama Dede Setiawan, lalu membuat akun Instagram palsu bernama @kevinwijayaoey.

Mengatasnamakan Dede Setiawan, RK memfitnah Ridwan Kamil yang sedang berduka lantaran sang anak hilang di Sungai Aare, Swiss.

RK menyebut Ridwan Kamil hanya mencari sensasi, sekaligus berupaya menggiring opini agar berhasil menang dalam bursa calon pemilihan presiden.

Sontak unggahan pelaku memantik amarah warganet, terutama setelah diunggah ulah oleh akun gosip Lambe Turah.

Dede Setiawan yang merasa tidak pernah membuat akun @kevinwijayaoey, langsung melapor ke Polresta Balikpapan, Minggu (5/6), sembari mencari informasi soal si pelaku.

Akhirnya sepandai-pandainya RK menyembunyikan bangkai, bau busuk kelakuan jahatnya pun terendus oleh Dede Setiawan. Tak ingin menguap begitu saja, Dede lantas membawa RF ke Polresta Balikpapan, Senin (6/6).

“Saya pertama kali tahu, setelah dikabari teman lewat telepon. Kemudian tiba-tiba foto saya diunggah oleh akun Lambe Turah. Hanya foto saya, tapi dengan akun dan nama palsu,” jelas Dede Setiawan.

“Tak lama kemudian banyak teman yang menanyakan hal serupa. Akhirnya saya melapor ke Polresta Balikpapan, karena saya bukan pelaku,” imbuhnya.

Teman Satu Grup

Diketahui pelaku dan korban berada dalam satu grup WhatsApp komunitas di Balikpapan. Ketika unggahan RK viral dan juga dibagikan dalam grup itu, Dede pun sontak terkejut.

Tak berselang lama, pelaku keluar dari grup. Namun demikian, Dede tidak bisa langsung menuduh dan berharap laporan di Polresta Balikpapan ditindaklanjuti.

“Soalnya foto itu tidak saya pasang di media sosial, karena cuma diungggah di grup. Makanya saya semakin curiga, tapi belum memiliki bukti untuk menuduh orang,” beber Dede.

“Ternyata keesokan harinya, orang tua pelaku mendatangi saya dan minta maaf. Namun saya meminta yang bersangkutan datang sendiri untuk menjelaskan dan minta maaf,” imbuhnya.

Akhirnya pelaku datang bersama orang tua, lalu minta maaf dan mengaku. Kemudian mereka ke Polresta Balikpapan untuk mencabut laporan, sekaligus membawa RF membuat pernyataan maaf terbuka.

Dede sendiri mengaku tidak mengenal dengan pelaku. Namun akibat perbuatan pelaku, Dede sempat mendapat tekanan hebat dari warganet.

Sejumlah pesan yang masuk ke Instagram, sebagian basar berisi hujatan. Lantas Dede pun berinisiatif memberikan klarifikasi di media sosial.

“Setelah saya klarifikasi, akhirnya banyak juga yang mendukung. Namun kasihan istri saya yang ikut tertekan. Padahal dia sedang hamil 7 bulan,” jelas Dede

Sementara RF juga telah menyampaikan permohonan maaf terbuka di media sosial. Pengakuan ini juga diunggah akun Instagram @lambe_turah.

Ironisnya RK mengaku hanya iseng, meski tidak menyangka unggahan tersebut menjadi viral di media sosial.

“Saya memohon maaf dikarenakan saya membuat akun yang bernama @kevinwijayaoey dan menggunakan foto Dede Setiawan dan memposting kata-kata yang membuat resah di media sosial,” papar RK dalam video.

“Oleh sebab itu saya minta maaf dengan sedalam-dalamnya kepada Dede Setiawan dan keluarga dan berharap dibuka pintu maaf yang sebesar-besarnya,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

THR Honorer di Banjarmasin Abu-Abu, PNS Bernapas Lega
Citra satelit terbaru memperlihatkan Rusia mengerahkan pasukan besar-besaran ke Belarus yang berbatasan langsung dengan Ukraina. Foto-Maxar Technologies via Reuters.

News

Terpantau Satelit, Rusia Kerahkan Pasukan dalam Jumlah Besar di Belarus
G20 RI

News

G20 RI Bakal Panas, Putin Berencana Datangi Bali

News

Gandeng Adaro, Rumah Zakat Kalsel Distribusikan Ratusan Pakat Ramadan
apahabar.com

News

Geger, Desainer Tanah Air Terseret Kasus Perdagangan Organ Manusia
Calon Haji Luka Bakar

News

Cuaca Panas, Calon Jemaah Haji Indonesia Alami Luka Bakar
HUT HIPMI ke-50

News

Jelang HUT HIPMI ke-50, 3.500 Pengusaha Muda Se-Indonesia Bakal Serbu JCC

News

Mendagri Berkantor di IKN Nusantara Mulai 1 Januari 2024
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com