Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif Kebakaran di Tabalong, Satu Ruko dan Rumah Hangus Dilalap Api Siapa yang Bakal Mengisi Pasar Baru Batuah? Prototipe Era Presiden Jokowi, Tak Murni APBN

Pelat Putih Berlaku Juni, Polda Metro Tunggu Instruksi Korlantas

Korlantas Polri menargetkan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat warna dasar putih dengan tulisan hitam,
- Apahabar.com     Kamis, 2 Juni 2022 - 10:54 WITA

Pelat Putih Berlaku Juni, Polda Metro Tunggu Instruksi Korlantas

Penampakan pelat nomor kendaraan warna dasar putih. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Korlantas Polri menargetkan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat warna dasar putih dengan tulisan hitam, diterbitkan pertengahan Juni 2022 ini. Polda Metro Jaya sendiri belum mengeluarkan TNKB warna dasar putih ini.

“Polda Metro belum mengeluarkan pelat putih,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (3/6/2022).

Sambodo belum bisa memastikan kapan Polda Metro akan menerbitkan pelat warna dasar putih ini. Polda Metro Jaya saat ini masih menunggu petunjuk Korlantas Polri.

“Kami masih menunggu petunjuk Korlantas Polri,” imbuhnya, kutip Detik.com.

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan kalaupun nantinya pelat warna dasar putih ini telah diterbitkan, tetapi tidak semua kendaraan bisa mendapatkannya. Polri memprioritaskan penggantian pelat warna dasar putih ini bagi kendaraan yang masa berlaku TNKB-nya sudah habis dan kendaraan baru.

“Kalaupum ada nanti diprioritaskan untuk kendaraan baru dan kendaraan yang harus ganti TNKB (pembayaran pajak tahun ke-5),” tuturnya.

Peralihan pelat dengan warna dasar putih bagi kendaraan pribadi menjadi salah satu kebijakan baru yang dikeluarkan Korlantas Polri. Kebijakan itu juga dilakukan untuk memudahkan kamera e-TLE membaca pelat nomor kendaraan.

Polri saat ini memang sedang mempersiapkan peralihan pelat nomor kendaraan pribadi dari warna dasar hitam tulisan putih ke warna dasar putih tulisan hitam. Target Polri, pada 2027 semua kendaraan pribadi di Indonesia sudah menggunakan pelat berlatar putih.

“Berubahnya nanti dari tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih, karena kan sudah 5 tahun,” kata Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus, dilansir situs Korlantas Polri, seperti dilihat detikcom, Senin (23/5)

Terpisah, Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Kombes M Taslim Chairuddin mengatakan material pelat warna dasar putih sudah selesai produksi. Material tersebut segera didistribusikan ke polda-polda pada awal bulan ini. Kebijakan itu, lanjut Taslim, akan mulai resmi akan diterapkan pada pertengahan bulan ini.

“Perkiraan nanti di pertengahan Juni, maksimal itu penggunaan material TNKB warna dasar putih tulisan hitam itu sudah mulai bisa digunakan,” kata Taslim, Rabu (1/6).

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Difriadi Darjat

News

Dilantik Jadi Anggota DPR RI, Difriadi Darjat Langsung Tancap Gas
Rusia-Ukraina

News

Kesaksian Mahasiswi Amuntai di AS: Massa Setop Perang Rusia-Ukraina Demo Joe Biden
IKN

News

Presiden Jokowi Ajak Jepang Ikut Bangun Infrastruktur IKN Nusantara
Tudung Lentera

News

Unik, Hotel di Jepang Sajikan Sensasi Makan Berlindung di Tudung Lentera
Rusia

News

Rusia Akan Kirim Rudal Berkemampuan Nuklir untuk Belarusia
hujan ikan

News

Fenomena Hujan Ikan di Honduras, Begini Penjelasan Ilmiahnya

News

Usai Libur Lebaran, 150 Ribu Warga Pendatang Baru Diprediksi Masuk Jakarta
Pembunuhan

News

Terungkap Motif Pembunuhan-Pencabulan Gadis 14 Tahun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com