Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

Pembangunan IKN Dimulai Agustus 2022, Pelabuhan Balikpapan-PPU Bakal Dimanfaatkan

Plt Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam, mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rencananya akan dimulai pada awal...
- Apahabar.com     Senin, 20 Juni 2022 - 15:10 WITA

Pembangunan IKN Dimulai Agustus 2022, Pelabuhan Balikpapan-PPU Bakal Dimanfaatkan

Suasana Titik Nol IKN Nusantara ramai dikunjungi warga. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Plt Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam, mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rencananya akan dimulai pada awal Agustus 2022 mendatang.

Selain itu sejumlah persiapan telah memasuki tahapan finalisasi. Bahkan beberapa kegiatan juga sudah memasuki tahapan tender. Sehingga pada awal Agustus nanti pembangunan IKN pun mulai terlihat.

“Mungkin awal Agustus ini sudah mulai pembangunannya, walaupun semuanya sudah ada kegiatan persiapan di lapangan,” ujar Hamdam baru-baru ini.

Sejauh ini tahapan yang telah siap di lapangan yakni pengerjaan jalur logistik. Jalur ini menjadi penentu awal berjalannya pembangunan IKN nanti. Sebab kebutuhan logistik menjadi sangat vital, sehingga pemerintah juga telah melakukan persiapan.

“Jalur logistiknya sudah persiapan dari beberapa bulan yang lalu,” tuturnya.

Hamdam menyebut sejauh ini kebutuhan logistik di Kaltim hampir sepenuhnya berada di luar daerah. Yakni hampir 95 persen berasal dari luar daerah.

“Karena kita tidak punya cukup banyak bahan-bahan baku untuk pembangunan di sini. Kecuali material alam seperti batu dan pasir, tapi itu kan komponen yang tidak banyak,” jelasnya.

Dalam mempermudah proses pengangkutan, pemerintah juga telah memperbaiki jalur darat sebagai akses pendistribusian logistik. Termasuk memanfaatkan beberapa pelabuhan untuk dapat menerima logistik yang dikirim.

“Jadi bisa darat bisa laut, pasti dimanfaatkan, ada beberapa pelabuhan khusus, intinya seluruh pelabuhan khusus akan dimanfaatkan untuk menerima logistik. Termasuk pelabuhan yang ada di Balikpapan,” ungkapnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Gelar Bimtek di Tanah Bumbu, Novri Ompusunggu Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM  
Bangunan dermaga Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas rusak berat setelah diterjang angin puting beliung. Foto-apahabar.com/Istimewa

Hot Borneo

Puting Beliung Terjang Kapuas, Rusak Rumah dan Bangunan Dermaga

Hot Borneo

Janji Dinkes Kalsel Setelah Puluhan Ribu Dosis Vaksin Astrazaneca Kedaluwarsa
ASN Banjarmasin

Hot Borneo

Curhat ASN Banjarmasin TPP Dibagi Tak Merata: Pengeluaran Saya Rp 6 Juta

Hot Borneo

Minim Bukti Kuat, Borneo Law Firm Desak PN Paringin Bebaskan Edward Manurung
Kalsel

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari ini, Waspada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang
Cuaca Kalsel hari ini

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini, Berpotensi Hujan Siang hingga Malam
Kebakaran Kapuas

Hot Borneo

BREAKING! Si Jago Merah Mengamuk di Bundaran Pujon Kapuas Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com