Innalillahi.. Avanza Vs Strada di Batulicin Tewaskan Pejabat BPBD Terbongkarnya Aksi Cabul Ayah Muda Banjarmasin, Berawal dari Perceraian Duh, Ayah Muda Banjarmasin Tega Cabuli Anak Kandung Heboh, Ibu di Balikpapan Tega Kurung Tiga Anak Kandungnya dalam Kamar Diguyur Hujan Lagi, Warga Kotabaru Diminta Tetap Waspada Banjir

Pemerintah Pusat Respons Rencana Tala Bangun Pabrik Karet

Rencana Kabupaten Tanah Laut (Tala) memiliki Pabrik Karet di Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar mendapat respons dari pemerintah pusat.
- Apahabar.com     Rabu, 8 Juni 2022 - 13:22 WITA

Pemerintah Pusat Respons Rencana Tala Bangun Pabrik Karet

Rencana Kabupaten Tanah Laut (Tala) memiliki Pabrik Karet di Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar mendapat respons dari pemerintah pusat. Foto-Istimewa.

apahabar.com, PELAIHARI – Rencana Kabupaten Tanah Laut (Tala) memiliki Pabrik Karet di Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar mendapat respons dari pemerintah pusat.

Pemerintah pusat Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) sudah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Tala dalam rangka Pengelolaan Terpadu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Rabu (8/6/2022).

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Akhmad Hairin mengatakan ini agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna mewujudkan rencana Tala soal pabrik karet.

“Program pemerintah pusat melalui Bappenas dan Kemenkop UKM ini menjadi bentuk dukungan terutama bagi Koperasi Bahan Olah Karet (Bokar) Desa Ambawang yang akan menjadi pengelola pabrik tersebut nantinya. Jadi, silahkan SKPD terkait beberkan potensi karet hingga kendala yang dimiliki termasuk soal pengolahan karet kepada tim pemerintah pusat,” ucap Hairin saat membacakan sambutan Bupati Tala HM Sukamta.

Hairin melanjutkan, bahwa memang perlu adanya pembenahan fasilitas pendukung. Kendati demikian Tala, telah dan terus akan berupaya memaksimalkan segala kekuatan yang ada.

“Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) kita sudah melakukan uji coba pengangkutan lewat pelabuhan. Administrasi dari koperasi yang ada juga terbilang mapan, operasional berjalan dengan baik, soal kewilayahan pun dari camat dan kepala desa memberikan respon positif, hingga lintas SKPD juga mendukung,” lanjutnya.

Koordinator Pengembangan UKM dan Koperasi Bappenas RI, Ely Dinayanti juga turut menekankan soal keterlibatan berbagai pihak dalam program ini. Menurutnya, memang perlu campur tangan semua pihak terkait untuk mensukseskan pelaksanaannya.

“Namanya juga Program Pengelolaan Terpadu, artinya perlu keterpaduan seluruh pihak baik SKPD hingga kementerian untuk mengeroyok satu komoditi,” ujarnya.

Direncanakan, Kunjungan Kerja tim Pemerintah Pusat ini berlangsung hingga Kamis (9/6/2022) dengan salah satu agendanya meninjau langsung rencana lokasi pabrik pengolahan karet di Desa Ambawang.

Turut berhadir perwakilan Bappeda dan Diskopukm Kalsel, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala, Camat Batu Ampar serta Kepala Desa Ambawang dan Damit.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kunker DPRD HST ke Diskominfo Tala

Pemkab Tanah Laut

Batola Sudah, Giliran DPRD HST Kaji SPBE Berbasis Elektronik ke Tala
Pasar Murah Tala

Pemkab Tanah Laut

Senangnya Warga Desa Liang Anggang, Ada Pasar Murah Jelang Iduladha 1443 H
penghargaan

Pemkab Tanah Laut

Pemkab Tala Terima Penghargaan Daerah Bebas Polio
BUMDesa Tala

Pemkab Tanah Laut

DPMD Dorong Peningkatan Kapasitas BUMDesa se-Tala
Tanah laut

Pemkab Tanah Laut

Marak, Dinsos Tala Rangkul Anak Jalanan & Pengamen-Pengemis
menjaga populasi bekantan di tala

Pemkab Tanah Laut

Menjaga Populasi Bekantan Terbesar Kalsel di Desa Panjaratan
Bibit ikan papuyu

Pemkab Tanah Laut

Sambut IKN, Bupati Tala Bidik Potensi Budidaya Papuyu
Pemkab Tala raih WTP dari BPK

Pemkab Tanah Laut

Optimal Kelola Uang Negara, Tala Raih WTP dari BPK ke-9 Kali Berturut-turut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com