Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres Tahanan Tewas Banjarmasin, IPW Desak Pertanggungjawaban Dua Tingkat Buntut Tahanan Tewas, Anggota Polresta Banjarmasin Diperiksa! Siap-Siap! Beli Migor Curah di Banjarmasin Pakai PeduliLindungi Kuras Sumur, Semburan Gas yang Muncul di Manggar Balikpapan

Penyebab Kalsel Diguyur Hujan di Transisi Kemarau, Waspada Gelombang Tinggi!

- Apahabar.com     Rabu, 22 Juni 2022 - 14:44 WITA

Penyebab Kalsel Diguyur Hujan di Transisi Kemarau, Waspada Gelombang Tinggi!

Ilustrasi gelombang tinggi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Meski tengah memasuki musim kemarau, beberapa hari terakhir hujan mengguyur sejumlah daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Terkadang, hujan juga disertai petir dan angin kencang hingga sejumlah rumah di salah satu daerah terdampak.

Baru – baru ini, hujan disertai angin puting beliung memporak-porandakan belasan rumah hingga menelan korban jiwa di Hulu Sungai Selatan.

Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin Bayu Kencana Putra menjelaskan, bahwa saat ini Kalsel masih dalam transisi cuaca kemarau atau belum sepenuhnya kemarau. Sehingga turunnya hujan beberapa hari bisa terjadi.

“Untuk puncak kemarau nanti ada di bulan Agustus. Musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan, kemungkinan hujan masih bisa terjadi tetapi intensitasnya tidak terlalu banyak,” ujar Bayu kepada apahabar.com, Rabu (22/6).

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam beberapa hari terakhir di wilayah Kalsel masih terjadi hujan karena kelembapan udara yang masih cukup tinggi. Dan hal itu, sebutnya tidak hanya terjadi di wilayah Kalsel, tetapi juga di wilayah Kalteng dan Kaltim.

Bayu bilang, terkadang terpantau pertumbuhan awan di wilayah Kaltim yang kemudian masuk ke wilayah Kalsel dari arah utara di Kabupaten Balangan dan Tabalong.

“Hal ini diperkuat dengan anomali suhu muka air laut yang hangat di sekitar wilayah Kalsel yang mengindikasikan peningkatan pertumbuhan awan-awan konvektif,” jelasnya mendetail.

Sehingga potensi hujan sedang hingga lebat dan disertai angin kencang dapat terjadi sewaktu – waktu. Karenanya ia meminta masyarakat selalu memantau informasi update BMKG.

Sementara itu, menurut informasi perkiraan cuaca kelautan Kalsel per hari ini hingga besok pukul 08.00 Wita.

Tinggi gelombang 1,25 meter sampai 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan Selatan Kalimantan. Untuk perairan Kotabaru arah dan kecepatan angin dari Tenggara ke Barat Daya, 2 sampai 10 knots. Dengan tinggi gelombang berpeluang terjadi antara 1,25 meter sampai 2,5 meter.

Untuk itu, diingatkan untuk perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal ferry selalu waspada terhadap potensi gelombang yang dapat mencapai 2,5 meter dan mencapai 3.0 meter di perairan Selatan Kalimantan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

‘Sultan’ Barabai Nih! Habiskan Ratusan Juta Demi Mobil Listrik
Uang Babirik Amuntai

Hot Borneo

Viral ‘Uang Gaib’ Amuntai, Polisi Beberkan Hasil Penyelidikan
Jembatan Darussalam

Hot Borneo

Ciri Pria Misterius yang Terjun dari Jembatan Kembar Darussalam

Hot Borneo

Diperiksa Ketat, Sapi di Pasar Hewan Pelaihari Dijamin Bebas Wabah PMK

Hot Borneo

Polisi Ungkap Penyebab Kematian Warga Pekapuran di Jelapat Baru Batola
Pria Pukul Istri Hingga Tewaas Kapuas

Hot Borneo

Terungkap Motif Pria di Kapuas Tega Pukul Istri hingga Tewas
Laka Truk Vs Motor di Trikora Banjarbaru

Hot Borneo

Kronologis Kecelakaan Maut di Trikora Banjarbaru hingga Korban Terjepit Roda Truk Versi Saksi
Seorang ibu menggantung modem internet ke pohon.

Hot Borneo

Demi Pendidikan Anak, Ibu di Tanah Laut Cari Sinyal Internet dengan Gantung Modem di Atas Pohon
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com