Kandas di Piala Presiden, Barito Putera Langsung Fokus ke Liga 1 Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu…

Pertamina Pastikan Bahan Bakar untuk Keberangkatan Haji di Bandara Sepinggan Balikpapan Aman

Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan kebutuhan bahan bakar pesawat untuk keberangkatan calon jemaah haji di Kaltim aman...
- Apahabar.com     Selasa, 21 Juni 2022 - 17:19 WITA

Pertamina Pastikan Bahan Bakar untuk Keberangkatan Haji di Bandara Sepinggan Balikpapan Aman

Ilustrasi - Calon jemaah haji berangkat dari Embarkasi Balikpapan. Foto: Sepinggan Airport

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan kebutuhan bahan bakar pesawat untuk keberangkatan calon jemaah haji di Kaltim aman.

Bekerja sama dengan stakeholder di Balikpapan, stok bahan bakar untuk pesawat disebut-sebut telah cukup untuk melayani kebutuhan keberangkatan jemaah haji di Kaltim ataupun Balikpapan.

Albert Efendi, Region Manager Corporate Operation & Service Kalimantan mengatakan bahwa untuk penerbangan haji di 2022 ini pihaknya sudah menyiapkan bahan bakar yang cukup untuk pesawat.

Di antaranya untuk pengisian pesawat udara dengan menggunakan refueler, Pertamina menyiapkan 4 refueler untuk layanan pesawat udara dengan kapasitas 40 Kiloliter (KL).

“Cuma memang untuk penerbangan tahun ini di Bandara SAMS Sepinggan ada 7 kloter, kemudian di Banjarmasin ada 7 kloter sudah kami siapkan,” katanya di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada Selasa (21/6).

Albert mengungkapkan bahwa untuk penerbangan menuju Jeddah, pesawat yang mengangkut calon Jemaah haji dari Balikpapan ini transit terlebih dahulu ke Bandara Kualanamu, Medan.

Sehingga kebutuhan bahan bakar pesawat tidak begitu besar yakni sekitar 16 sampai 25 Kiloliter.

“Kali ini semuanya tidak langsung ke Jeddah tapi transit ke bandara Kualanamu, sehingga kalau penerbangan ke Kualanamu 2 jam itu refueling sekitar 16 sampai 25 KL, tidak terlalu banyak. Nanti pemulangan Jemaah haji penerbangannya direct dari Balikpapan ke Jeddah itu yang mungkin cukup banyak sekitar 60 KL per pesawat dengan pesawat tipe airbus 330,” ungkapnya.

Stok bahan bakar untuk pesawat di Bandara SAMS Sepinggan yakni sebanyak 3×1.000 Kiloliter. Bukan hanya haji saja, melainkan untuk kebutuhan penerbangan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

“Peningkatannya memang untuk keberangkatan ini tidak signifikan sekitar 2 sampai 3 persen. Besarnya itu pas pemulangan akan meningkat sekitar 12 persen,” tuturnya.

Selain itu kegiatan di Bandara dalam hal keberangkatan calon Jemaah haji, Albert mengatakan bahwa Pertamina juga bekerja sama dengan stakeholder di lingkungan Bandara SAMS Sepinggan dengan tupoksinya masing-masing. Termasuk menyiapkan personel untuk melayani para calon jemaah atau penumpang dengan maksimal.

“Tidak hanya kendaraan pengisian tapi juga personel 100 persen untuk bisa melayani dengan ideal. Personel ini sudah kami siapkan khusus dengan tim satgas untuk layanan penerbangan,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Viral Video Perampokan & Baku Tembak di BRI Batulicin, Cek Faktanya!
HTD 2022

Hot Borneo

Melalui Hari Tari Sedunia 2022, Budaya Kalsel Bisa Dikenal Mancanegara
Angkasa Pura

Hot Borneo

Peduli Pariwisata hingga Warga Sekitar Bandara, Angkasa Pura I Salurkan Bantuan TJSL

Hot Borneo

Proyek Bendungan Tapin Beraroma Korupsi, Kejati Kalsel Turun Tangan

Hot Borneo

Tanpa Extra Flight, Penumpang di Bandara Tjilik Riwut Tembus Ribuan Orang
Polisi Jaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Hot Borneo

Diadang Polisi, Massa Aksi Sopir di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Tak Kunjung Muncul

Hot Borneo

Silaturahmi dengan Sobat Anies, Dit Intelkam Polda Kalsel Sampaikan Pesan Kamtibmas
Densus 88 Sungai Tabuk

Hot Borneo

Kondisi Terkini TKP Penyergapan Densus 88 di Sungai Tabuk
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com