Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Seluruh Wilayah Berpotensi Cerah Berawan Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Terungkap, Motif Pembunuhan 17 Agustus di Cempaka Banjarbaru
agustus

PKM ULM di Batola, Pemuda Karang Indah Antusias Dilatih Public Speaking

- Apahabar.com     Selasa, 28 Juni 2022 - 23:47 WITA

PKM ULM di Batola, Pemuda Karang Indah Antusias Dilatih Public Speaking

PKM Universitas Lambung Mangkurat menyasar Desa Karang Indah di Kecamatan Mandastana, Selasa (28/7). Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Dinilai penting untuk pengembangan desa, sejumlah peserta begitu antusias mengikuti pelatihan public speaking berbasis aplikasi Orai di Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Barito Kuala, Selasa (28/7).

Pelatihan tersebut merupakan bagian program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Adapun peserta pelatihan terdiri dari anggota Karang Taruna Dharma Bakti, ditambah beberapa orang perangkat desa Karang Indah.

“Kami bangga Karang Indah terpilih sebagai desa binaan, serta bersyukur dapat terlibat dalam pelatihan ini,” papar Rohmat, salah seorang peserta.

“Tentu kami berharap semakin banyak masyarakat Karang Indah yang berkompeten dalam public speaking. Salah satunya tidak sulit lagi mencari warga yang mampu menjadi pembicara dalam kegiatan desa,” imbuhnya.

Pelatihan diawali dengan paparan berbahasa Inggris oleh Profesor Fatchul Mu’in. Selain Ketua PKM ULM, Fatchul juga Kepala UPT Bahasa ULM.

Sesi ini terbilang menarik, mengingat Karang Indah memiliki Kampung Inggris. Kegiatan Bahasa Inggris di kampung ini sudah dirintis sejak Oktober 2012.

Sementara materi kedua tentang public speaking dalam Bahasa Indonesia, diantarkan Rusma Noortyani yang juga dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP ULM.

Dalam sesi ini, secara gamblang dijelaskan bahwa public speaking adalah seni berbicara di depan umum tentang topik tertentu.

Juga dijelaskan public speaking yang baik dapat mempengaruhi, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, serta menghindari kesalahpahaman.

Setelah mendapatkan pemaparan singkat mengenai public speaking, peserta pelatihan dikenalkan dengan aplikasi Orai oleh Nuruddin Wiranda.

Orai sendiri adalah aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan public speaking dan presentasi berbahasa Inggris.

Aplikasi ini bekerja dengan cara memberikan umpan balik secara instan, sehingga pengguna dapat mengetahui secara langsung kelemahan dan kekuatan mereka.

Meskipun hanya berlangsung beberapa jam, pelatihan public speaking di Karang Indah masih berlangsung hingga 30 Juni 2022 dalam bentuk asynchronous melalui grup WhatsApp.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Dari 611 Kasus Covid-19 di Batola, Tersisa 49 Pasien Positif

Pemkab Barito Kuala

DPRD dan Pemkab Batola Sepakati KUA-PPAS APBD 2023

Pemkab Barito Kuala

Kunjungi Korban Kebakaran di Tamban, Bupati Batola Salurkan Bantuan

Pemkab Barito Kuala

Kejari Barito Kuala Musnahkan Barang Rampasan, Termasuk Ratusan Gram Sabu
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Usai Senam Bersama, Bupati Batola Tendang Bola Futsal
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Minta Dikarantina, Pengidap Covid-19 Ngeluruk Rumah Camat Marabahan

Pemkab Barito Kuala

Bantu Pemulihan Ekonomi, SKPD Batola Diminta Berbelanja di Pasar Ramadan
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Amankan Ribuan Aset Daerah, Kantor Pertanahan Batola Dapat Jempol dari KPK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com