Amuk Jago Merah di Balikpapan Hanguskan Rumah hingga Motor Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita
agustus

Respons Badan Pangan Nasional Soal Wacana Legalisasi Ganja Medis

Badan Pangan Nasional (Bapanas) merespons wacana legalisasi ganja medis yang tengah didorong DPR dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
- Apahabar.com     Kamis, 30 Juni 2022 - 22:16 WITA

Respons Badan Pangan Nasional Soal Wacana Legalisasi Ganja Medis

DPR meminta pemerintah Indonesia mulai melakukan riset tentang ganja untuk kepentingan medis. Foto-Getty Images/Lauren DeCicca

apahabar.com, JAKARTA – Badan Pangan Nasional (Bapanas) merespons wacana legalisasi ganja medis yang tengah didorong DPR dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah tengah sama-sama mengkaji kedudukan ganja medis sebagai bagian dari golongan narkotika lainnya.

“Saat ini kan memang sedang sama-sama sedang dipelajari secara intensif apakah ganja medis juga akan diikutkan seperti narkotika lainnya, karena sebelumnya juga ada, jadi biarkan ini ada di kewenangan beberapa lembaga sehingga nanti dalam proses,” ucap Arief dilansir CNN, Kamis (30/6) malam.

Meski begitu, kata dia, dalam pemahaman Islam, jika tidak ada obat lain selain bahan narkotika maka seharusnya ganja diperbolehkan.

“Sepanjang yang saya tahu kalau di agama Islam ya, apabila memang tidak ada obat selain itu, memang itu bisa dikerjakan. Tetapi bila ada yang lain, itu akan duluan,” katanya.

Meski begitu, menurutnya, keputusan final berada di tangan kementerian dan lembaga terkait.

“Kami biarkanlah nanti lembaga terkait mengenai itu. Toh, hari ini kita semua sepakat bahwa yang baik itu yang bisa kita kerjakan bersama,” lanjutnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin meminta MUI membuat fatwa tentang wacana penggunaan ganja untuk kebutuhan medis.

“Masalah (ganja untuk) kesehatan itu, saya kira MUI harus segera buat fatwanya, fatwa baru,” kata Ma’ruf di Kantor MUI, Jakarta.

Ma’ruf menjelaskan fatwa itu nantinya bisa menjadi pedoman bagi DPR dalam menyikapi wacana ganja untuk kebutuhan medis tersebut.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Kapal Terbalik Saat Memancing, Pria di Berau Kaltim Masih dalam Pencarian
Penonaktifan 3 Hakim PN Palangka Raya

Hot Borneo

Aliansi Masyarakat Kalteng Apresiasi Penonaktifan 3 Hakim PN Palangka Raya
Pembunuh Jukir

Hot Borneo

Siang Berdarah di Pasar Baru Banjarmasin, Jukir Asal Teluk Tiram Tewas Ditikam

Hot Borneo

Pembunuhan di Kelayan Timur Direka Ulang, Pelaku Perlihatkan Adegan Sadis

Hot Borneo

Penipuan Banjarmasin: Omzet Jeblok, Eh Ternyata Ditilap Karyawati
Mardani H Maming

Hot Borneo

Solidaritas untuk Bendum PBNU Mardani H Maming, Massa Aksi Bagi-Bagi Bunga dan Tanda Tangan Dukungan
PTAM Bandarmasih

Hot Borneo

Pipa di Sutoyo S Bocor, PTAM Bandarmasih Setop Distribusi Air 7 Jam
Gerai Vaksinasi Objek Wisata Palangka Raya

Hot Borneo

PERHATIAN! Pemprov Kalteng Siapkan Gerai Vaksinasi di Objek Wisata Palangka Raya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com