Bupati HSU Nonaktif Abdul Wahid Bakal Divonis Siang Ini BMKG: Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir Teror Perampasan Motor di Banjarmasin, Pelaku Ternyata Oknum Polisi! Sentuh Ratusan Juta, Perputaran Uang di Festival Pasar Terapung 2022 Norman Marciano Apresiasi Priska Medelyn Usai Juara Tunggal dan Ganda W15K Monastir
agustus

RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak Inisiatif DPR Disahkan Hari Ini

- Apahabar.com     Kamis, 30 Juni 2022 - 09:02 WITA

RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak Inisiatif DPR Disahkan Hari Ini

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan menggelar Rapat Paripurna dengan beberapa agenda pembahasan pada hari ini, Kamis (30/6). Foto-Okezone

apahabar.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan menggelar Rapat Paripurna dengan beberapa agenda pembahasan pada hari ini, Kamis (30/6).

Salah satu yang menjadi perhatian publik adalah pengesahan Rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) sebagai RUU inisiatif DPR.

“Dalam RUU KIA, salah satu yang didorong DPR adalah cuti melahirkan bagi ibu pekerja selama 6 bulan. DPR juga menginisiasi cuti bagi sang ayah selama 40 hari untuk mendampingi istrinya yang baru saja melahirkan.

“RUU KIA akan menjadi pedoman bagi negara untuk memastikan anak-anak generasi penerus bangsa memiliki tumbuh kembang yang baik agar menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” ujar Ketua DPR RI, Puan Maharani, kutip Okezone, Kamis (30/6/2022).

Selain itu ada juga aturan mengenai kewajiban penyediaan fasilitas tempat penitipan anak (daycare) di fasilitas umum dan tempat bekerja. RUU KIA pun menjadi salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan stunting di Indonesia.

Sebelum pengambilan keputusan RUU KIA sebagai RUU inisiatif DPR, Rapat Paripurna akan mendengarkan pendapat fraksi-fraksi terhadap RUU ini.

Puan Maharani berharap pemerintah segera memberi respons usai RUU KIA disahkan sebagai RUU inisiatif DPR sehingga proses pembahasan bisa segera dilakukan.

“Lewat RUU ini, kita ingin memastikan setiap hak ibu dan anak dapat terpenuhi. Termasuk hak pelayanan kesehatan, hak mendapatkan fasilitas khusus dan sarana prasarana di fasilitas umum, hingga kepastian bagi ibu tetap dipekerjakan usai melahirkan,” tambah Puan Maharani.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Jokowi Ingin Indonesia Jadi Raja Produsen Kendaraan Listrik

News

Resmi! Doni Salmanan Jadi Tersangka Kasus Quotex, Segini Ancaman Hukumannya

News

Daftar Bersamaan dengan KIB, PSI: Tanda-Tanda Alam Nih!

Nasional

Disambut Keluarga, Rizieq Shihab Bebas Hari Ini
BPJS Kesehatan

News

Berlaku Hari Ini! Jual-Beli Tanah Wajib Pakai BPJS Kesehatan

News

Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka, Natalius Pigai: Kapolri Menjawab Tuntas Keraguan Publik
isi percakapan putin dan jokowi

News

Ini Percakapan Lengkap Jokowi dan Putin

News

Asosiasi Kratom Harapkan Bantuan Pemerintah Penuhi Standar Kualitas Makanan di Amerika
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com