Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik [ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

Sampaikan Raperda APBD 2021, Pemkab Balangan Anggaran Lebih Banyak ke Penanganan Covid-19

Bupati Balangan, Abdul Hadi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah, Sutikno, menyampaikan bahwa anggaran 2021 tidak bisa...
- Apahabar.com     Senin, 27 Juni 2022 - 17:20 WITA

Sampaikan Raperda APBD 2021, Pemkab Balangan Anggaran Lebih Banyak ke Penanganan Covid-19

Sekretaris Daerah, Sutikno menyampaikan Raperda APBD tahun anggaran 2021 ke Dewan, Senin (27/6). Foto-apahabar.com/Hendry

apahabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan, Abdul Hadi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah, Sutikno, menyampaikan bahwa anggaran 2021 tidak bisa sepenuhnya dioptimalkan untuk mengejar target-target dalam RPJMD.

“Karena di tahun tersebut pemerintah daerah masih diharuskan menggeser anggaran dan fokus kepada penanganan dampak dari Covid-19, serta pemulihan ekonomi,” ungkapnya pada rapat paripurna di gedung DPRD Balangan, Senin (27/6) kemarin.

Dalam perubahan APBD 2021, pemerintah daerah masih bisa menaikkan pendapatan sebesar 12,80% dan menambah anggaran belanja 13,26%, serta menaikkan pembiayaan netto hingga 21,47%.

Dilihat dari angka tersebut, pada 2021 realisasi pendapatan daerah mencapai 92,13%, realisasi belanja 83,04% dan pembiayaan netto yang sudah terealisasi sebesar 100,71%.

Pimpinan rapat, Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan mengatakan sesuai UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah Pasal 320 ayat (1) dan (4) yang menyatakan bahwa Kepala Daerah menyampaikan Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD.

Dalam pertanggungjawaban tersebut juga lampirkan Laporan Keuangan yang telah diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), paling lambat enam bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Sebagaimana diketahui, Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD ini disampaikan setelah terlebih dahulu laporan keuangan diperiksa, dengan hasil opini WTP ke-9 untuk Kabupaten Balangan.

Oleh karena itu, Ahsani Fauzan mengajak untuk terus mempertahankan raihan opini dari BPK tersebut, karena WTP adalah gambaran efisiensi penggunaan anggaran dalam membangun daerah.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hari Jadi Ke-19 Balangan

Pemkab Balangan

Acara Puncak Hari Jadi Ke-19 Balangan: Khidmat dan Meriah!
apahabar.com

Pemkab Balangan

Monitoring Tempat Ibadah, Ansharuddin Ingatkan Soal Laporan Pertanggungjawaban
SAKIP Award 2019, Kabupaten Balangan Raih Predikat Baik

Pemkab Balangan

SAKIP Award 2019, Kabupaten Balangan Raih Predikat Baik
PPKM Level III

Pemkab Balangan

PPKM Level III Balangan, Surat Rekomendasi PTM Tidak Dikeluarkan

Pemkab Balangan

Wabup Balangan Ajak Masyarakat Mengamalkan Nilai Pancasila
apahabar.com

Pemkab Balangan

TP PKK se Balangan Dilatih Penyusunan Program dan Pelaporan

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Dukung Pemenuhan Modal Inti Bank BPD Kalsel
apahabar.com

Pemkab Balangan

Demi Generasi Berakhlak Mulia, Bupati Balangan Letakkan Batu Pertama Pembangunan RA Faizatul Yamin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com