Kronologis Laka Maut di Kandangan Hingga Pemotor Tewas Terlindas Truk Adik Maliki Jadi Saksi, Tegaskan Duit Fee Diminta Abdul Wahid Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif

Selama 2022 di Banjarbaru, Sudah 6,5 Hektar Lahan Dilalap Si Jago Merah

%%excerpt%% Kejadian kebakaran hutan dan lahan tersebut tersebar di kawasan Kecamatan Cempaka, Landasan Ulin dan Liang Anggang dalam periode Januari hingga awal Juni 2022.
- Apahabar.com     Jumat, 10 Juni 2022 - 20:02 WITA

Selama 2022 di Banjarbaru, Sudah 6,5 Hektar Lahan Dilalap Si Jago Merah

Memasuki Juni 2022, tercatat sudah 6,5 hektar lahan di Banjarbaru yang terbakar. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Memasuki bulan keenam 2022 atau periode pertama musim kemarau, tercatat sudah 6,5 hektar lahan di Banjarbaru yang dilalap api.

Kejadian kebakaran hutan dan lahan tersebut tersebar di kawasan Kecamatan Cempaka, Landasan Ulin dan Liang Anggang dalam periode Januari hingga awal Juni 2022.

“Memang Banjarbaru sudah memasuki status waspada kebakaran hutan dan lahan,” papar Kepala Pelaksana BPDB Banjarbaru, Zaini Syahranie, Jumat (10/6).

“Tercatat sejak awal 2022 hingga sekarang, kurang lebih 6,5 hektare lahan sudah terbakar,” imbuhnya.

Untuk sementara kebakaran hutan dan lahan terbanyak terjadi di Cempaka dan Landasan Ulin. Sedangkan kejadian di Liang Anggang belum terlalu parah.

“Dalam satu pekan terakhir, eskalasi kebakaran hutan dan lahan di Banjarbaru mulai naik. Situasi ini juga telah menjadi atensi Pemprov Kalimantan Selatan,” papar Zaini.

“Kami sedang mengusulkan kenaikan status dari waspada menjadi siaga kebakaran hutan dan lahan. Mungkin beberapa hari kedepan sudah berganti status,” tambahnya.

Selain sudah terjadi, titik rawan kebakaran hutan dan lahan di Banjarbaru masih seputar Cempaka, Landasan Ulin dan Liang Anggang.

“Sedangkan untuk dugaan penyebab antara lain sengaja oleh oknum tak bertanggungjawab dan faktor alam di musim kemarau,” tegas Zaini.

Untuk mengantisipasi peningkatan kejadian, BPBD Banjarbaru mengklaim sudah mempersiapkan personel maupun sarana dan prasarana.

“Semua personel disiapkan untuk merespons laporan kebakaran hutan dan lahan. Armada juga sudah disiapkan, termasuk unit tangki dan kendaraan jelajah,” rinci Zaini.

Itu belum termasuk Masyarakat Peduli Api (MPA) yang bersiaga di setiap kelurahan, ditambah relawan pemadam kebakaran swasta.

“Alhamdulillah kawan-kawan relawan selalu sigap dalam merespons bencana di Banjarbaru, termasuk kebakaran hutan dan lahan. Tentu kami akan berkolaborasi semuanya,” jelas Zaini.

Sementara salah seorang relawan swasta, Bahrudin, juga siap setiap waktu membantu menangani kebakaran hutan dan lahan.

“Faktanya dalam empat tahun terakhir, kami selalu turun membantu. Kalau sudah panggilan sosial, Insyallah kami selalu siap,” tegas Bahrudin.

Meski demikian, relawan pemadam kebakaran berharap difasilitasi Pemkot atau BPBD Banjarbaru, mengingat mereka juga memiliki keterbatasan.

“Mungkin difasilitasi bahan bakar, mesin semprot dan fasilitas pemadaman. Kalau soal honor, kami tidak pernah meminta,” pungkas Bahrudin.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pilkades Kotabaru

Hot Borneo

Pilkades Kotabaru Lancar, Sejumlah Nama Berhasil Terpilih
Kalteng

Hot Borneo

HANI 2022 di Kalteng: Puluhan Jiwa per Hari Tewas karena Narkoba
Hakim PN Palangka Raya Vonis Bebas Saleh

Hot Borneo

Fordayak Kalteng Kaget! Saleh Bos Sabu Puntun Divonis Bebas Hakim PN Palangka Raya
pengadilan tipikor

Hot Borneo

Mardani H Maming : Nanti Akan Ketahuan Siapa Dalangnya

Hot Borneo

Kecelakaan Maut di Sungai Tunjang Batola, Dua Pemotor Tewas
Kebakaran Banjarmasin

Hot Borneo

Jelang Berbuka, Permukiman di Sutoyo Banjarmasin Diamuk Api
Lapas Teluk Dalam

Hot Borneo

KPK Eksekusi Putusan, Maliki Resmi Jadi Napi Lapas Teluk Dalam
Gaji Ribuan Guru

Hot Borneo

Honorer Dihapus, Pemkot Banjarbaru Gerak Cepat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com