Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

Selama 4 Bulan, Ekspor Komoditi Sulsel capai 600,4 Juta Dolla AS

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel), Suntono menyebutkan nilai transaksi berbagai komoditi unggulan dari Januari...
- Apahabar.com     Minggu, 5 Juni 2022 - 08:17 WITA

Selama 4 Bulan, Ekspor Komoditi Sulsel capai 600,4 Juta Dolla AS

Ilustrasi - Kapal pengangkutan kontainer di Pelabuhan Petikemas Makassar saat akan berlayar. Foto: Antara

apahabar.com, MAKASSAR – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel), Suntono menyebutkan nilai transaksi berbagai komoditi unggulan dari Januari hingga April 2022 mencapai 600,4 juta dollar Amerika Serikat (AS).

“Pencatatan kami, jumlah atau nilai transaksi ekspor selama empat bulan mencapai 600,4 juta dollar AS,” ujarnya di Makassar, seperti dilansir Antara, Minggu (5/6).

Suntono bilang nilai transaksi ekspor dan impor setiap bulan fluktuatif. Bahkan sebelum pandemi merebak di hampir semua negara, transaksi terkadang melonjak dan pada bulan-bulan berikutnya turun cukup banyak.

“Fluktuasi nilai transaksi itu normal. Itu semua tergantung permintaan dari negara tujuan, kalau produksi naik pasti permintaannya naik dan itu mempengaruhi nilai transaksinya,” katanya.

Selain itu Suntono mengatakan dari sekian banyak komoditas ekspor, ada lima komoditas yang kontribusi nilainya sangat besar dan mempengaruhi nilai transaksi perdagangan.

Lima komoditas utama yang menjadi andalan Sulsel yakni nikel; besi dan baja; biji-bijian berminyak; garam, belerang dan kapur; lak, getah dan damar; Ikan dan udang; olahan makanan hewan serta daging dan Ikan olahan.

Untuk nikel, nilai transaksinya sebesar 358,29 juta dolar AS; besi dan baja sebesar 101,22 juta dollar AS; biji-bijian berminyak sebesar 68,99 juta dollar AS; garam belerang dan kapur sebesar 28,84 juta dolar AS; lak, getah dan damar sebesar 15,50 juta dollar AS; Ikan dan udang 12,36 juta dollar AS; olahan makanan hewan sebesar 6,52 juta dollar AS serta daging dan Ikan olahan sebesar 5,27 juta dollar AS.

Sebagian besar ekspor ditujukan ke Jepang, Tiongkok, India, Taiwan, Bangladesh, dan Timor Leste, Korea Selatan, Filipina dan Thailand.

“Ada 10 komoditas yang diekspor itu memberikan nilai transaksi yang cukup besar dan lima diantaranya nikel, biji-bijian berminyak, besi dan baja; garam, belerang dan kapur: serta lak, getah dan damar. Kelima komoditi ini nilai transaksinya sangat besar,” tandas Sutono.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. Foto-Istimewa

News

Sah, PNS Dapat Beralih Status Jadi Pegawai Otorita IKN
Laka di Perairan Tanbu

News

Laka di Perairan Tanbu, Korban Hilang Ditemukan Meninggal

News

Sederhananya Cara Cegah Kulit Kering Saat Puasa
Stunting

News

Kaya Hasil Laut, Kotabaru Diharapkan Bebas Kasus Stunting

News

Resmi! Pengusaha Advertising Nahkodai Hipmi Tanah Laut

News

Jemaah Naqsabandiyah di Padang Mulai Puasa Ramadan Besok
Cuaca Kalsel

News

Cuaca Kalsel Hari Ini, Tidak Ada Peringatan Dini

News

Gerakan Literasi Film: Forum Sineas Banua Siap Luncurkan Pustaka FSB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com