Demonstrasi di DPRD Kalteng, Massa Protes Penertiban Tambang Emas Tradisional Tanpa Solusi Dugaan Penggelapan Mobil Rental, IRT Tabalong Terpaksa Diamankan Polisi Cuaca Kalsel Hari Ini: Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Ringan Teten Masduki Sebut Pengembangan Produk Kriya Perlu Libatkan Agregator IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk
agustus

Siapa yang Bakal Mengisi Pasar Baru Batuah? Prototipe Era Presiden Jokowi, Tak Murni APBN

Prototipe megaproyek Pasar Batuah sudah dirancang sejak periode pertama Presiden Joko Widodo. Sekalipun begitu, Pemkot masih akan mengerahkan sumber dana tambahan dari APBD Banjarmasin. Lantas siapa yang akan mengisi pasar baru Batuah pascarevitalisasi? 
- Apahabar.com     Senin, 27 Juni 2022 - 17:23 WITA

Siapa yang Bakal Mengisi Pasar Baru Batuah? Prototipe Era Presiden Jokowi, Tak Murni APBN

Habib Fathur Bahasyim di tengah aksi blokade warga Batuah yang menentang rencana revitalisasi pasar saat upaya pembongkaran yang gagal, 18 Juni 2022. Foto-foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Rencana Pemkot Banjarmasin ‘menghidupkan’ kembali Pasar Batuah menemui jalan terjal setelah derasnya gelombang penolakan warga.

Fakta terbaru, rupanya purwarupa megaproyek satu ini sudah dirancang sejak era periode pertama Presiden Joko Widodo sekalipun Pemkot masih akan mengerahkan sumber dana tambahan dari APBD Banjarmasin. Lantas siapa yang akan mengisi pasar baru Batuah pascarevitalisasi?

Gambaran Revitalisasi

Polemik Revitalisasi Batuah Banjarmasin, Anggaran Rp 3,5 M Terancam Melayang

Menilik ke belakang, rencana revitalisasi Pasar Batuah sejatinya baru mencuat pada awal 2022 tadi setelah suara penolakan warga nyaring terdengar.

Pemkot berencana merombak pasar rakyat satu ini lantaran usianya yang sudah mencapai puluhan tahun, dan dianggap jauh dari kesan nyaman dan bersih.

Saat perombakan berlangsung, ratusan warga yang umumnya pedagang bakal direlokasi. Rinciannya, 191 kepala keluarga (KK) dengan 562 jiwa yang tersebar di dua RT sekaligus.

Sebagai gantinya, mereka dibebaskan memilih berdagang di mana saja asalkan pasar tersebut berstatus milik Pemkot Banjarmasin. Juga, mendiami Rusunawa Ganda Maghfirah sementara waktu.

Lantas, bagaimana rancangan daripada proyek revitalisasi senilai lebih Rp3,5 miliar itu? Hasil penelusuran apahabar.com, meski hanya berlantai satu, revitalisasi bakal mengusung konsep modern. Bangunan pasar tradisional akan terintegrasi dengan areal komersil.

Secara terperinci, gambaran eksterior luas total bangunan Pasar Batuah baru yang menggunakan APBN mencapai 720 m2. Dari luasan bangunan memanjang ke belakang tersebut, total 80 pedagang dapat ditampung.

Lebih rinci, sebanyak 28 kios, 32 bak kering dan 20 hamparan. Luas kios dan bak kering dengan ukuran 2×2 m. Sementara areal hamparan pasar sekitar 1,6×2 m.

Desain luar Pasar Batuah.

Belakangan yang media ini ketahui, Rp3,5 miliar dana proyek revitalisasi pasar yang bersumber dari APBN rupanya bukan satu-satunya sumber pendanaan tunggal. Akan ada lagi biaya tambahan revitalisasi pasar yang dikeluarkan dari APBD Banjarmasin, totalnya senilai Rp4,2 miliar.

Dengan Rp4,2 miliar inilah nantinya akan dibangun lagi bangunan seluas 456 m2 secara terpisah. Cukup untuk memuat 44 pedagang tambahan, rincian bangunan ini akan diisi sebanyak 20 bak kering pedagang dan 24 bak basah.

Artinya, secara keseluruhan bakal ada 124 kios pedagang di pasar baru Batuah hasil kolaborasi pemerintah pusat dengan daerah tersebut.

Ukuran kios pun akan disamakan. Pemkot sejatinya ingin agar Pasar Batuah diisi total 116 kios saja. Namun jika dipaksakan, mereka kuatir bentuknya persegi panjang.

“Kalau kita mengolahnya 116, itu nanti wadahnya tidak sempurna, seperti membentuk persegi panjang,” tutur Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Ichrom M Tezar, Senin (27/4).

Gambaran lainnya, Pasar Batuah nantinya menetapkan blok. Setiap pedagang sesuai jualannya dijadikan satu bagian. Khusus blok kering bakal ditaruh di depan, menjadi etalase Pasar Batuah.

“Blok basah itu nanti di belakang, nanti dikurung pakai kaca,” pungkasnya.

Pasar Baru untuk Siapa?

Ratusan emak-emak hingga anak-anak memblokade jalan masuk ke Pasar Batuah.

Saat ini Pasar Batuah didiami oleh sebanyak 191 kepala keluarga yang mana 116 di antaranya adalah pedagang. Secara turun temurun berpuluh tahun lamanya mereka mendiami kampung Batuah yang tanahnya diklaim sebagai aset Pemkot Banjarmasin itu.

Lantas, siapakah yang nantinya mengisi pasar pascarevitalisasi? Ichrom M Tezar menegaskan Pemkot sudah pasti akan memprioritaskan para pedagang lama. Sebab itulah dana APBD dikeluarkan untuk bangunan tambahan.

Ya, bakal ada biaya tambahan dari APBD Banjarmasin. Itu akibat anggaran dari pusat kurang untuk memenuhi kriteria pasar yang diinginkan Pemkot. “Rencananya itu ada 2 dananya, ada dari APBN dan APBD. Separo-separo jadinya,” ujar Tezar.

“Kalau dana dari pemerintah pusat itu sudah turun, Pemkot Banjarmasin bisa mengeluarkan dana pendampingan,” jelasnya lagi.

Awalnya pembangunan revitalisasi Pasar Batuah akan dilakukan mulai 2022. Namun terpaksa ditunda, akibat adanya penolakan dari warga. Saat ini prosesnya dalam pramediasi oleh Komnas HAM. Diperkirakan selesai awal Juli mendatang.

“Rencananya kalau tidak ada halangan, langsung dikerjakan selama setahun secara bersamaan tapi dipisah gedungnya yang disambung 2023,” tuturnya.

Mengenai keputusan pencairan APBD, kata Tezar, semua tergantung Wali Kota Ibnu Sina sambil menunggu kepastian Kementerian Perdagangan. “Karena ‘kan waktunya terlalu mepet ini,” ucapnya.

Ia menjelaskan prototipe gambaran Pasar Batuah haruslah sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Maka tak salah jika purwarupa tersebut mengusung desain pasar satu lantai layaknya pasar tradisional pada umumnya.

“Kalau bisa sesuai dengan prototipe tapi kalau ada keinginan lain dari Pemda dipersilakan,” ujarnya mengulang instruksi Kementerian Perdagangan.

Menurutnya pasar tradisional saat ini hampir sangat jarang tak memakai konsep usungan Presiden Jokowi. Hampir, lanjut dia, seluruh pasar rakyat se-Indonesia menggunakan desain satu lantai.

“Maksudnya menyesuaikan dengan kebutuhan saja dan perkembangan,” ucapnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

ASN

Hot Borneo

Respons Honorer Banjarbaru Usai Ditiadakan di 2023

Hot Borneo

Disorot Bikin Selokan di Semayap Berbau Menyengat, Lapas Kotabaru Buka Suara
Partai Gerindra

Hot Borneo

SAH! UAS Banjar-Said Jola-Adik Pangeran Khairul Saleh Gabung Gerindra
Tambang Ilegal Kukar

Hot Borneo

Kasus Tambang Ilegal di Kukar Dilimpahkan ke Gakkum KLHK, Bantah Keterlibatan Oknum Aparat
apahabar.com

Hot Borneo

600 Hari Jelang Pemilu 2024, Jumlah Pemilih di Batola Bergerak Naik

Hot Borneo

Waspada, Covid-19 Mulai Merebak Lagi di Palangka Raya

Hot Borneo

Pastikan Keamanan Pilkades, Kapolres Kotabaru Langsung Pantau TPS
Perda Ramadan banjarmasin

Hot Borneo

Ramai Petisi Batalkan Perda Ramadan Banjarmasin, Ibnu Angkat Bicara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com