Berkedok Guru Spiritual, Pria Batola Cabuli Empat Jemaah, Satu dari Tapin! Dukung Industri Otomotif, SKF Siapkan Komponen Kendaraan Hybrid dan Listrik Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru
agustus

Sri Mulyani: Kalau Tidak Subsidi, Harga BBM Naik 2 Kali Lipat

- Apahabar.com     Senin, 27 Juni 2022 - 12:06 WITA

Sri Mulyani: Kalau Tidak Subsidi, Harga BBM Naik 2 Kali Lipat

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto-Okezone

apahabar.com, JAKARTA Pemerintah akhirnya menambah subsidi energi senilai Rp 380 triliun pada 2022. Hal ini bertujuan agar harga bahan bakar minyak (BBM), LPG 3 kg dan listrik di bawah 3000 VA tidak naik.

“Kita ingin melindungi masyarakat, berarti rakyat tidak bisa diandalkan mengambil shock dari seluruh kenaikan itu, kalau tidak BBM naik dua kali lipat,” ungkap Sri Mulyani dalam acara Merdeka Belajar Kemendikbud, Senin (27/6/2022).

BBM jenis Pertalite kini bisa dibeli dengan harga Rp 7.650 per liter. Sementara Pertamax lebih tinggi, yaitu Rp 12.500 per liter.

Sri Mulyani menjelaskan, situasi ini disebabkan oleh harga minyak dunia yang juga naik dua kali lipat dalam waktu singkat. Tadinya diasumsikan oleh pemerintah dan dewan perwakilan rakyat (DPR), harga minyak US$ 65 per barel, dan kini mencapai level US$ 120 per barel.

Indonesia beruntung karena harga komoditas lain juga ikut naik, khususnya yang merupakan ekspor andalan. Sehingga ada tambahan dana yang cukup besar bisa dialihkan kepada subsidi.

“Jadi subsidi yang dinikmati listrik, ke sini naik mobil, walaupun anda beralasan saya pakai pertamax bu, pertamax itu masih jauh di bawah harga,” jelasnya.

Dengan kebijakan ini diharapkan tidak ada lonjakan inflasi seperti yang dialami banyak negara lain. Pemulihan ekonomi juga dapat berlanjut pasca pandemi covid-19.

“Banyak negara sekarang hadapi tekanan luar biasa, politik ekonomi sosial. Karena kenaikan harga minyak energi dan pangan. itu bukan suatu yang sepele,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

All new audi q7

News

The New Audi Q7 Rilis di GIIAS 2022, Mobil Mewah Para Sultan

News

Sempat Muntah-muntah, Kopda Muslimin Meninggal di Rumah Orang Tua

News

Polda Kalsel Sosialisasikan Bahaya Radikalisme, Pimpinan Ponpes Hidayatullah Tabalong Tanggapi Soal Jenggot hingga Cadar

News

Upgrade Kartu Lama ke 4G di Kalsel, Tapin Jadi yang Pertama Disambangi Telkomsel
Solar Balikpapan

News

Dobel Fuel Card, Modus baru Sopir Truk di Balikpapan Selewengkan Solar
Air

News

Hari Air Sedunia 2022 di Banjarmasin, KM FISIP ULM Ajak Masyarakat Pelihara Sungai

Nasional

Pengacara Brigadir J Nilai Permohonan Istri Irjen Ferdy ke LPSK Bikin Bingung

News

Feses Berdarah, Ini Bedanya Gejala Ambeien dan Kanker Usus Besar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com