Padang Ilalang Disulap Jadi Wisata Bunga di Batu Benawa HST Satu Korban LCT Tenggelam di Tanah Laut Ditemukan, Identitas Belum Diketahui Jelang Wukuf, Kesehatan Jemaah Haji Kalsel Terus Dikontrol Temui Zelenskyy dan Putin, Jokowi Bawa Misi Penting Negara Berkembang Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres

Tangani Perdata-TUN, Dishub Balangan Teken MoU dengan Kejari

Dinas Perhubungan (Diahub) Balangan dan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat melakukan kerja sama terkait penanganan hukum bidang perdata dan...
- Apahabar.com     Kamis, 9 Juni 2022 - 10:23 WITA

Tangani Perdata-TUN, Dishub Balangan Teken MoU dengan Kejari

Kajari Balangan, La Kanna menantangani MoU dengan Kadishub Balangan, Gazali Al Fatah terkait bidang hukum perdata dan tata usaha negara. Foto-apahabar.com/Hendry

apahabar.com, PARINGIN – Dinas Perhubungan (Diahub) Balangan dan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat melakukan kerja sama terkait penanganan hukum bidang perdata dan tata usaha negara (TUN).

Penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dilaksanakan di Aula Kejari Balangan, Rabu (8/6) kemarin.

Kepala Kejari Balangan, La Kanna, mengatakan kerja sama dengan Dishub Balangan terkait bidang perdata dan TUN ini sejalan dengan yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia.

Di mana kata La Kanna, dalam Pasal 30 ayat (2) disebutkan bahwa di bidang perdata dan tata usaha negara, Kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak dengan baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau pemerintah.

“Di bidang perdata dan tata usaha negara, Kejaksaan mengemban tugas, wewenang dan misi sesuai ketentuan yang digariskan undang-undang, yang meliputi penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Balangan, Gazali Al Fatah, mengatakan penandatanganan naskah kerja sama ini merupakan wujud nyata peningkatan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam bidang perdata dan tata usaha negara, baik bagi Pemkab Balangan maupun bagi Kejari Balangan.

“Bantuan dalam bidang hukum perdata dan tata usaha negara sangat diharapkan sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal kepada instansi pemerintah,” kata Gazali.

Gazali juga memerangkan kerja sama ini menunjukkan bahwa hubungan pemerintah daerah khususnya Dinas Perhubungan dengan Kejaksaan terjalin dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan dan dalam memberikan pelayanan publik.

“Dengan adanya perjanjian kerja sama ini, tentunya Pemerintah Kabupaten Balangan dapat bekerja sama dengan pihak Kejaksaan Negeri Balangan untuk kepentingan dalam penyelesaian masalah perkara perdata dan tata usaha negara, baik sebagai penggugat atau tergugat,” tandasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Program Bedah Rumah, Dinsos Balangan Bidik Rumah Tak Layak Huni
PPKM Balangan

Pemkab Balangan

PPKM Balangan Turun Jadi Level 1, Begini Harapan Satgas Covid-19
Pemkab Balangan

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Bantu Ratusan Juta Untuk Pembangunan Pondok Pesantren Darul Abrar Al Hasaniyyah
balangan

Pemkab Balangan

Bupati Abdul Hadi Lantik Dewan Hakim dan Juri MTQ XIV Balangan
Bupati Abdul Hadi

Pemkab Balangan

Kabar Gembira, Bupati Abdul Hadi Sampaikan Kontrak Honorer Balangan Diperpanjang hingga Akhir 2022
apahabar.com

Pemkab Balangan

KPU Balangan Umumkan Hasil Kelulusan PPK
apahabar.com

Pemkab Balangan

Setelah Libur Lebaran, Pemkab Balangan Gelar Apel Bersama
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Siap Lawan Karhutla di Bumi Sanggam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com