Demonstrasi di DPRD Kalteng, Massa Protes Penertiban Tambang Emas Tradisional Tanpa Solusi Dugaan Penggelapan Mobil Rental, IRT Tabalong Terpaksa Diamankan Polisi Cuaca Kalsel Hari Ini: Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Ringan Teten Masduki Sebut Pengembangan Produk Kriya Perlu Libatkan Agregator IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk
agustus

Tepok Jidat! Warga Banjarmasin BAB di Kantong Plastik, Pemkot Turun Tangan

- Apahabar.com     Rabu, 29 Juni 2022 - 15:19 WITA

Tepok Jidat! Warga Banjarmasin BAB di Kantong Plastik, Pemkot Turun Tangan

Suasana rumah warga yang ketahuan membuang BAB di kantong plastik. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Di era modern seperti sekarang, ternyata masih ada masyarakat yang buang air besar (BAB) menggunakan kantong plastik.

Dia tinggal di kawasan Kelurahan Pasar Lama, Banjarmasin. Tak ada toilet di rumah warga tersebut. Bahkan, kondisi bangunannya sangat memprihatinkan.

“Kita langsung menangani rumah warga yang tidak memiliki WC. Kini masih kita proses pembangunannya meski ada kendala sedikit di lapangan,” ujar Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kota Banjarmasin, Emil Salim, saat meninjau rumah warga tersebut.

Persoalan sanitasi memang masih menjadi PR Pemkot Banjarmasin. Sebab, terkadang sistem sanitasi di permukiman warga Kota Seribu Sungai tidak kedap air, sehingga bakteri ecoli berpotensi mencemari lingkungan.

Pemkot Banjarmasin sebenarnya sudah menganggarkan Rp7 miliar untuk program sanitasi. Pembenahan rutin dilakukan. Apalagi jika ada masalah mendesak seperti yang terjadi di Pasar Lama.

“Persoalan sanitasi di Banjarmasin memang menjadi momok. Sebagai contoh di lapangan, meski WC warga telah memiliki tempat, namun tidak kedap air sehingga bakteri ecoli bisa saja mencemari,” ucapnya.

Lurah Pasar Lama, Yandi Gunawan, mengaku lega salah satu warganya yang kurang beruntung dalam hal kesehatan itu kini sudah dikunjungi Dinas PUPR.

“Warga rumah yang ditinggali tidak ada pembuangan kotoran, mau tidak mau kotoran pasti dibuang sembarangan,” pungkasnya.

Sementara warga yang kedapatan BAB di kantong plastik tak mau berkomentar. Dia tampak malu karena perilakunya ketahuan oleh para pegawai kelurahan dan Pemkot Banjarmasin.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ariel Noah

Hot Borneo

Liburland: Warga Marabahan Kecele Gagal Ajak Anak Nonton Ariel Noah!
Jamban

Hot Borneo

Sistem Sanitasi Warga Banjarmasin Tak Memadai, Ibnu Sina Sorot Jamban Pinggir Sungai
Food

Hot Borneo

Serius Bangun Food Estate di Banua, Dewan Kalsel Minta Bantuan Legislator Senayan

Hot Borneo

Hilal Belum Nongol, Kemenag Kalsel Tunggu Sidang Isbat

Hot Borneo

Malam Ini, Musisi Tanbu-Kotabaru Siap Jamming Bareng di Kedai Jomis Batulicin

Hot Borneo

Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Polres Tapin Imbau Pemudik Beristirahat
Suami aniaya istri

Hot Borneo

Aniaya Istri Siri, Pria di Mantewe Tanbu Diamankan Polisi
Polda Kalteng

Hot Borneo

Jelang Purnatugas, Personel Polda Kalteng Diberi Pelatihan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com