Siap-Siap, Distribusi Air Bersih PT AM Bandarmasih Setop 6 Jam Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan Lanjutan Sidang ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin, Terdakwa Ngaku Jual Slot Fiktif Kebakaran di Tabalong, Satu Ruko dan Rumah Hangus Dilalap Api Siapa yang Bakal Mengisi Pasar Baru Batuah? Prototipe Era Presiden Jokowi, Tak Murni APBN

Tidak Cuma Satu, Tapin Langsung Miliki Tiga Rumah Restorative Justice

- Apahabar.com     Kamis, 9 Juni 2022 - 01:28 WITA

Tidak Cuma Satu, Tapin Langsung Miliki Tiga Rumah Restorative Justice

Kajati Kalsel, Mukri, bersama Bupati Tapin, HM Arifin Arpan, meresmikan rumah restorative justice, Rabu (8/6). Foto: apahabar.com/Sandy

apahabar.com, RANTAU – Tidak cuma satu, Tapin langsung memiliki tiga rumah restorative justice di Kecamatan Tapin Utara, Candi Laras Utara dan Binuang.

Ketiga rumah restorative justice yang dinamai Wadah Baparbaik itu diresmikan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan, Mukri, bersama Bupati Tapin, HM Arifin Arpan, Rabu (8/6).

Sesuai dengan arti Wadah Baparbaik, rumah restorative justice itu menjadi tempat mediasi permasalahan antar individual.

“Permasalahan itu tidak harus berlanjut ke proses hukum. Intinya ketika terjadi pelanggaran yang tidak berat, dipersilakan dimusyawarahkan di rumah restorative justice,” ungkap Mukri.

Sesuai dengan konsep yang diusung, restorative justice menangani penyelesaian perkara pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku/korban dan pihak lain.

Selanjutnya secara bersama-sama dicari penyelesaian yang adil dengan menekankan pemulihan kembali kepada keadaan semula, bukan sebuah pembalasan.

Namun demikian, tidak semua kasus bisa diselesaikan lewat restorative justice. Ini hanya berlaku untuk pidana dengan ancaman tidak lebih dari 5 tahun dan pelaku baru pertama kali melakukan permasalahan.

“Kemudian pelaku melakukan pengembalian kerugian, apabila dalam tindak pidana itu terdapat kerugian. Selanjutnya restorative justice dapat dilakukan setelah disepakati permusyawarahan antara pihak korban dan pelaku,” jelas Mukri.

Sementara Arifin Arpan mengapresiasi program Kejaksaan Agung tersebut, sekaligus berharap masyarakat dapat memanfaatkan Wadah Baparbaik dengan sebaik-baiknya.

“Kami menekankan jalinan keterpaduan kegiatan atau saling mengisi. Selain dari Kejari Tapin, Rumah Baparbaik juga dipakai Polres ataupun Kodim,” papar Arifin Arpan.

“Selain Wadah Baparbaik, kami juga akan bekerja sama dengan Kejari Tapin untuk menyediakan program rehabilitasi untuk pecandu narkoba,” tutupnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Atlet Tapin

Pemkab Tapin

Dilepas Bupati, Berikut Atlet Tapin Wakili Kalsel di PON Papua
Bupati Tapin

Pemkab Tapin

Tandatangani Perjanjian Kinerja SOPD, Bupati Tapin Akan Evaluasi Tiap 3 Bulan
Vaksin Dosis Ketiga

Pemkab Tapin

Bupati Tapin dan Istri Ajak Masyarakat Vaksin Dosis Ketiga

Pemkab Tapin

Punya Sederet Potensi Wisata, Bupati Arifin Arpan Undang Sandiaga Uno ke Tapin
Sekda Tapin

Pemkab Tapin

Sekda Tapin Pantau Proses Input Data Penunjang Nilai SAKIP, Bidik Target Penilaian Kemenpan RB
Reforma Agraria

Pemkab Tapin

Ekspose Laporan Akhir Kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria Tapin Bekal Evaluasi

Pemkab Tapin

Raih WTP Kedelapan Berturut-turut, Tapin Akan Terus Lakukan Perbaikan

Pemkab Tapin

Puluhan Warga Tapin Ikuti Seleksi Komcad, Simak Pesan Bupati Arfan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com