Kandas di Piala Presiden, Barito Putera Langsung Fokus ke Liga 1 Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu…

Wabup Banjar Tandatangani Integritas Layanan Kesehatan Primer

Pemkab Banjar turut ambil bagian dalam penandatanganan komitmen bersama, kick off Integritas Layanan Kesehatan Primer di Jakarta.
- Apahabar.com     Jumat, 10 Juni 2022 - 22:06 WITA

Wabup Banjar Tandatangani Integritas Layanan Kesehatan Primer

Penandatanganan komitmen bersama, kick off Integritas Layanan Kesehatan Primer 9 pemerintah kabupaten/kota. Foto-Istimewa. 

apahabar.com, MARTAPURA – Pemkab Banjar turut ambil bagian dalam penandatanganan komitmen bersama, kick off Integritas Layanan Kesehatan Primer 9 pemerintah kabupaten/kota, yang digelar di Auditorium kantor Kementerian Kesehatan RI Jakarta, Jumat (10/6).

Penandatanganan disaksikan Mendagri Tito Karnavian, Menko PMK Muhajir Effendi dan Menkes Budi Gunadi Sadikin. Dari Pemkab Banjar ditandatangani oleh Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada 6 pilar transformasi kesehatan, yaitu transformasi layanan primer, layanan sekunder, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

“Jadi program kick off hari ini merupakan program pilar transformasi yang pertama yaitu transformasi sistem kesehatan primer,” katanya.

Menurutnya, sistem kesehatan primer paling penting untuk menjaga masyarakat hidup sehat sebagai tindakan preventif, karena menjaga kesehatan secara biaya sangat efisien dan secara kualitas penduduk juga sangat baik.

“Yang dilakukan di program utama ini pertama mengkonsolidasikan kelembagaan Kemenkes dengan Kemendagri dan Kemenko PMK dengan memperkuat layanan rumah sakit, puskesmas, hingga posyandu,” ucap Budi Gunadi.

Yang kedua lanjut Budi, posyandu fokus pada kesehatan ibu dan anak, dengan layanan pada seluruh siklus hidup mulai bayi, anak, remaja, dewasa, dan lansia. Fokus layanan kesehatan pada sarana prasarana dan manusianya juga dilengkapi.

“Ketiga, digitalisasi secara masif dengan menggunakan scan handphon, bisa diukur by name by address sehingga mempermudah proses pelayanan dan pelaporan kesehatan,” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga disaksikan jajaran pejabat di Pemkab Banjar secara virtual di Command Center Manis.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Liana Penny

Pemkab Banjar

Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Masih Terkendala Jaringan Internet
Bupati Banjar

Pemkab Banjar

Bupati Banjar Minta Kepengurusan KONI Kolaborasi Tua-Muda
Bupati Banjar

Pemkab Banjar

Bupati Banjar Lantik 30 Pejabat Tinggi Pratama, Banyak Kepala Dinas Bergeser

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Sosialisasikan Permendagri Tentang Kerjasama dengan Daerah Lain
Wabup Banjar

Pemkab Banjar

Wabup Banjar Minta Pengadaan Barang Disusun Matang
Apel gelar pasukan

Pemkab Banjar

Ops Keselamatan Intan Dimulai, Bupati Banjar Imbau Warga Disiplin Prokes-Lalin
Bupati Banjar Saidi Mansyur

Pemkab Banjar

Bupati Banjar Minta Persiapan MTQ Nasional Dimaksimalkan 
Pelantikan ASN Kab Banjar

Pemkab Banjar

Lantik Ratusan ASN, Bupati Banjar Minta Integritas Tinggi Saat Bekerja
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com