Amuk Jago Merah di Balikpapan Hanguskan Rumah hingga Motor Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita
agustus

Waspada! Komplotan Curanmor Beraksi Malam Hari, Warga Diimbau Kunci Ganda Motor dan CCTV

- Apahabar.com     Selasa, 28 Juni 2022 - 14:46 WITA

Waspada! Komplotan Curanmor Beraksi Malam Hari, Warga Diimbau Kunci Ganda Motor dan CCTV

Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso (tengah) saat press conference pengungkapan kasus curanmor di Wilkum Banjar, di halaman Satreskrim Polres Banjar, Selasa (28/6). foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Masyarakat diminta waspada terhadap tindak pidana pencurian kendaraan bermotor. Komplotan ini sering beraksi di malam hari hingga menjelang subuh.

Ini disampaikan Kapolres Banjar, AKBP Doni Hadi Santoso, dalam press conference pengungkapan kasus curanmor di Wilkum Banjar, di halaman Satreskrim Polres Banjar, Selasa (28/6).

Total 26 sepeda motor hasil curian berbagai jenis yang diamankan berjejer rapi di depan kantor Satreskrim Banjar, didominasi motor matik dengan kondisi masih mulus. Semuanya dipasang police line.

Selain mengamankan puluhan motor, 5 tersangka yang satu di antaranya sebagai penadah juga diringkus polisi.

“Modus operandinya, pelaku melakukan operasinya pada malam hari sekitar jam 20.00 sampai 03.30 Wita,” ujar Kapolres Banjar didampingi Kabag Ops, Kompol Abdul Mufid dan Kasat Reskrim, Iptu Fransiskus Manaan.

Kapolres bilang, empat pelaku utama komplotan curanmor itu beraksi secara bergiliran. Kadang-kadang dua orang melakukan patroli melihat kendaraan-kendaraan yang bisa diambil.

“Dengan sasaran sepeda motor terparkir di halaman rumah atau teras, juga ada beberapa kendaraan yang memang dari pemiliknya lupa melepas kunci, tertinggal begitu saja sehingga memudahkan pelaku,” terang Doni.

Namun di beberapa kasus, juga ada kendaraan yang berhasil dibawa kabur pencuri padahal sudah dilakukan pengaman dengan baik oleh pemilik kendaraan.

Kapolres Banjar mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati memarkir kendaraan di mana pun. Upayakan menggunakan kunci ganda, sehingga minimal dapat memperlambat upaya pencurian kendaraan tersebut.

“Bila mampu, upayakan memasang CCTV di tempat parkir rumah masing-masing ataupun di tempat usaha yang banyak orang memarkir kendaraan, dan pasang imbauan agar dikunci ganda,” imbau Kapolres.

Doni juga berpesan kepada warga yang merasa kehilangan kendaraannya untuk mencek langsung ke Satreskrim Polres Banjar, siapa tahu ada motor miliknya.

“Nanti akan diumumkan juga kendaraan apa saja yang jadi barang bukti ini di media sosial Polres Banjar,” pungkas Kapolres Banjar.

4 pelaku pencurian dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara. Sedangkan si penadah dikenakan pasal 480 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Presiden Jokowi Sebut Pemindahan IKN untuk Pemerataan Pembangunan

Hot Borneo

Sempat Diguyur Hujan, Ribuan Jemaah di Tanbu Salat Id di Masjid Agung Al Falah
Guru SD Kapuas Hilir

Hot Borneo

Guru SD di Kapuas Hilir Dilatih Menganyam Rotan dan Purun
Kakek Banjarbaru

Hot Borneo

Hilang Sepekan, Kakek di Banjarbaru Tewas Tergantung di Akar Laban

Hot Borneo

Teror Perampasan Motor di Banjarmasin, Pelaku Ternyata Oknum Polisi!
Indomaret Stagen

Hot Borneo

Keluh Warga Stagen Kotabaru, Susahnya Dapat Minyak Goreng

Hot Borneo

Pembantai Sekeluarga di Tanah Bumbu Tak Dikenakan Pasal 340
Binomo

Hot Borneo

Rugikan Negara Rp1,1 untuk Bermain Binomo, Mantan Pegawai Bank di Banjarmasin Dituntut 6, 6 Tahun Penjara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com